5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Seminggu Secara Alami

497
5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Seminggu Secara Alami
5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dalam Seminggu Secara Alami

Bidhuan.idApakah anda pernah membaca informasi tentang cara menurunkan kolesterol? Sebenarnya setiap orang memiliki kolesterol yang merupakan sebuah metabolit lemak sterol yang terdapat di dalam membran sel dan kemudian akan disirkulasikan di dalam plasma darah. Namun sekarang kolesterol identik dengan sebuah penyakit dimana kondisi ini ditandai dengan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh melebihi batas nomral.

Penyakit ini tentu merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan tidak sedikit orang yang meninggal diakibatkan penyakit kolesterol. Maka dari itu, anda harus tahu tentang seperti apa cara menurunkan kolestrol yang tepat sehingga anda tidak sampai mengalami penyakit yang lebih parah. Selain itu, anda juga harus melakukan kontrol atau cek secara teratur tentang kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh anda.

Jika seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka hal ini bisa berdampak pada tersumbatnya aliran darah yang disebabkan oleh banyaknya lemak jahat yang menumpuk. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan jantung mengalami kekurangan suplai darah.

Baca: Ramuan Herbal: Cara Alami Turunkan Kolesterol dengan Daun Salam

Cara Menurunkan Kolesterol

Di bawah ini akan kami berikan beberapa tips tentang bagaimana cara menurunkan kolesterol yang bisa anda lakukan sendiri dan tanpa menimbulkan efek samping. Namun anda harus ingat bahwa jika pengobatan yang anda lakukan tersebut tidak kunjung menunjukkan tanda – tanda kesembuhan, maka yang harus anda lakukan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat.

1. Menurunkan Kolesterol Dengan Air Jeruk Nipis

Menurunkan Kolesterol Dengan Air Jeruk Nipis
Menurunkan Kolesterol Dengan Air Jeruk Nipis

Cara menurunkan kolesterol dengan air jeruk nipis merupakan cara yang umum digunakan oleh seseorang yang terindikasi menderita kolesterol tinggi. Mungkin anda sudah tahu bahwa jeruk nipis mengandung banyak flavonoid. Zat tersebut nantinya akan berperan sebagai anti oksidan yang akan membantu melawan radikal bebas, terutama berfungsi untuk mengatasi molek yang tidak stabil yang menjadi penyebab kerusakan sel.

Minum air jeruk nipis secara rutin minimal sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Menurunkan Kolesterol Dengan Jus Anggur

Menurunkan Kolesterol Dengan Jus Anggur
Menurunkan Kolesterol Dengan Jus Anggur

Pengobatan yang kedua untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh adalah dengan meminum jus anggur. Selain memiliki rasa yang sangat nikmat, ternyata jus anggur memiliki banyak khasiat yaitu salah satunya membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Sama halnya dengan air jeruk nipis, jus anggur nantinya akan berfungsi sebagai antioksidan yang akan berperan dalam melawan radikal bebas penyebab anda menderita berbagai macam penyakit yang bisa mengancam kesehatan atau bahkan nyawa anda.

Maka dari itu, untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh anda maka yang harus anda lakukan adalah dengan membiasakan diri minum jus anggur minimal satu kali dalam sehari. Lakukan cara ini secara teratur dan disarankan di waktu yang sama untuk semakin meningkatkan khasiat dari jus anggur yang anda minunm.

Baca tentang: Obat Kolesterol Gemfibrozil: Obat Hiperkolesterolemia Dari Golongan Fibrat

3. Menurunkan Kolesterol Dengan Jus Jambu Merah

Menurunkan Kolesterol Dengan Jus Jambu Merah
Menurunkan Kolesterol Dengan Jus Jambu Merah

Ternyata banyak yang belum tahu bahwa jus jambu merah memiliki khasiat untuk membantu menurunkan kolesterol. Tentu hal ini dikarenakan jambu merah mengandung banyak sekali zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti misalnya vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan lain sebagainya.

Selain itu, di dalam jus jambu merah juga mengandung fitonutrein dan juga antioksidan yang akan berguna melawan serta membunuh radikal bebas. Tentu anda tidak akan kesulitan jika harus membiasakan diri meminum jus jamu merah setiap hari karena jus ini memiliki rasa yang nikmat dengan khasiat yang besar di dalam jus tersebut.

4. Menurunkan Kolesterol Dengan Kulit Manggis

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kulit manggis. Selain berfungsi untuk hal – hal yang berhubungan dengan kecantikan, ternyata kulit manggis juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Perlu anda tahu bahwasanya di dalam kulit manggis mengandung suatu zat atau senyawa yang disebut dengan xanthone yang mana zat tersebut merupakan sebuah bahan aktif yang digunakan untuk membantu melawan kanker.

Selain itu, xanthone juga akan berperan sebagai antioksidan yang memiliki fungsi yang sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ditambah lagi di dalam kulit manggis juga mengandung vitamin C dan juga vitamin E.

Biasanya orang akan memblender kulit manggis tersebut dan kemudian meminumnya secara langsung. Namun tidak sedikit mereka yang memilih untuk mengkonsumsi ekstrak kulit manggis yang sudah banyak beredar di masyarakat.

5. Menurunkan Kolesterol Dengan Bekatul

Apakah anda tahu bahwa bekatul merupakan salah satu pengobatan yang dilakukan untuk menurunkan kolesterol? Atau bahkan anda belum tahu apa itu bekatul? Bekatul adalah sisa penggilingan padi yang kedua.

Ketika padi digiling, maka padi akan terpisah dari kulitnya dan kulitnya inilah yang disebut sebagai bekatul. Ternyata bekatul memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Adapun kandungan bekatul yang berguna menurunkan kolesterol adalah tokotrienol yang mana nantinya akan menghambat kinerja enzim yang bisa membuat kolesterol anda semakin tinggi.

Untuk cara pembuatannya sangat mudah yaitu dengan mengukus bekatul selama kurang lebih 30 menit dan kemudian anda keringkan dan tinggal anda konsumsi. Cara lain adalah anda sangrai bekatul tanpa menggunakan minyak selama kurang lebhi 10 menit, dan kemudian anda hanya tinggal mengkonsumsi bekatul tersebut.

Baca juga: Awalnya kedutan ternyata ada cacing parasit di otak anak 10 tahun

Itulah informasi dari kami tentang cara menurnkan kolesterol tinggi dalam seminggu yang terbukti ampuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya.

ARTIKEL TERKAIT