4 Obat Gusi Bengkak Agar Tidak Akan Kambuh Lagi

1063
4 Obat Gusi Bengkak Agar Tidak Akan Kambuh Lagi
4 Obat Gusi Bengkak Agar Tidak Akan Kambuh Lagi

Bidhuan.id – Pernahkah anda mengkonsumsi obat gusi bengkak? Tidak sedikit orang yang meremehkan bagian gusi karena mereka telah berpikir bahwa cukup membersihkan bagian gigi saja, padahal jika gusi bengkak malah akan menyebabkan gigi juga mengalami masalah. Dan terlebih lagi hal tersebut akan menyebabkan pembengkakan yang akan terlihat jelas di area pipi.

Maka dari itu anda harus segera mengkonsumsi obat gusi bengkak yang memang sudah terbukti ampuh digunakan. Ada beberapa penyebab seseorang menderita gusi bengkak yang akan kita jelaskan di bawah ini:

Penyebab Gusi Bengkak

1. Kesalahan Saat Menggosok Gigi

Penyebab gusi bengkak yang pertama adalah karena orang tersebut melakukan kesalahan ketika menggosok gigi. Memang menggosok gigi merupakan cara yang kita lakukan untuk membuat gigi tampak selalu dalam kondisi sehat. Namun dalam menggosok gigi tentu anda harus memahami teknik menggosok gigi yang benar.

Jika anda salah dalam menggosok gigi, maka sikat gigi anda malah akan melukai gusi sehingga akan menyebabkan gusi anda berdarah. Dan parahnya lagi bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Baca: Cara menghitung berat badan ideal pria dan wanita

2. Kekurangan Vitamin C

Penyebab gusi bengkak juga bisa dikarenakan orang tersebut kekurangan vitamin C. Vitamin C memang sangat dibutuhkan oleh tubuh selain untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jaringan ikat pada bagian gusi.

3. Terkena Infeksi

Seseorang yang terkena infeksi bakteri bisa mengakibatkan ia mengalami gusi bengkak. Biasanya infeksi tersebut tanpa sadar terbawa bersama dengan makanan. Jika tidak segera ditangani, maka bakteri tersebut akan membuat gigi anda menjadi berdarah dan lama kelamaan akan mengakibatkan pembengkakan pada gusi.

Sebenarnya masih ada penyebab gusi bengkak lainnya seperti kebiasaan merokok dan juga masalah hormon. Namun yang terpenting adalah anda harus segera melakukan penanganan agar supaya gusi anda tidak sampai membengkak.

Obat Gusi Bengkak

1. Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang
Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Pengobatan gusi bengkak karena gigi berlubang bisa anda lakukan dengan cara berkumur menggunakan air garam. Memang kedua hal ini sering berhubungan dimana ketika seseorang mengalami gigi berlubang, maka kemungkinan besar orang tersebut akan menderita gigi bengkak.

Atau ketika ia mengalami gusi bengkak, maka kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh gigi berlubang. Maka dari itu, pengobatan dengan cara berkumur menggunakan air garam merupakan pengobatan yang tepat, selain itu memang pengobatan ini tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Baca: Teh celup bisa jadi racun akibat diseduh lama

Mengenai cara yang harus anda lakukan tentunya sangat mudah, anda hanya cukup melarutkan garam sebanyak 1/2 sampai 1 sendok teh ke dalam segelas air kemudian anda aduk sampai merata. Setelah itu anda tinggal berkumur menggunakan air garam tersebut secara rutin minimal 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Obat Gusi Bengkak Dengan Air Hangat

Obat Gusi Bengkak Dengan Air Hangat
Obat Gusi Bengkak Dengan Air Hangat

Pengobatan gusi bengkak juga bisa anda lakukan dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Sebenarnya cara ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu dimana seseorang yang menderita gusi bengkak yang disertai dengan nyeri, maka akan dilakukan pengobatan dengan cara mengompresnya dengan air hangat.

Cara ini biasanya merupakan cara yang ditempuh jika kondisi yang diderita tidak terlalu parah. Maka dari itu, penting bagi anda untuk melakukan penanganan segera jika dirasa anda mengalami gusi bengkak yang menjulur pada nyeri pada bagian gusi atau gigi.

3. Obat Gusi Bengkak Dengan Anti Nyeri

Pengobatan gusi bengkak selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi obat anti nyeri. Anda bisa dengan mudah memperoleh obat tersebut karena dijual secara bebas di toko di sekitar rumah anda atau anda juga bisa membeli obat tersebut dengan pergi ke apotek.

Beberapa obat yang biasa digunakan adalah obat yang di dalamnya mengandung paracetamol dimana obat tersebut memang berfungsi sebagai anti nyeri yang sangat ampuh untuk membantu menghilangkan rasa nyeri akibat gusi bengkak.

Selain itu, jika gusi bengkak yang anda alami dikarenakan karena adanya gigi berlubang, maka dokter kemungkinan besar tidak akan berani langsung melakukan tindakan pencabutan gigi selama gusi anda masih dalam kondisi bengkak. Oleh sebab itu dokter akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat – obatan yang mengandung paracetamol ataupun ibuprofen baru selanjutnya dokter akan melakukan tindakan tertentu.

4. Obat Gusi Bengkak Karena Tumbuh Gigi

Obat Gusi Bengkak Karena Tumbuh Gigi
Obat Gusi Bengkak Karena Tumbuh Gigi

Gusi bengkak bukan hanya disebabkan karena anda mengalami gigi berlubang, namun dalam beberapa kasus juga bisa disebabkan karena adanya gigi yang tumbuh atau dalam bahasa Jawa disebut sebagai “Gigi Gingsul”.

Kondisi ini tentunya akan membuat gusi anda terasa nyeri sehingga lama kelamaan akan mengakibatkan pembengkakan pada gusi. Maka dari itu anda harus segera melakukan pengobatan sehingga tidak sampai membuat gusi anda semakin membengkak.

Baca juga: Kasus baru 200 botol serum palsu disita polisi Pekanbaru

Salah satu pengobatan yang bisa anda lakukan adalah dengan mengompres menggunakan Es. Anda bisa melakukan cara tersebut selama kurang lebih 10 – 15 menit setiap harinya selama 2 kali dalam sehari. Jika anda sudah menggunakan es, maka anda sangat tidak dianjurkan untuk kemudian berpidah dengan mengompres menggunakan air panas.

Namun anda harus tahu bahwa tindakan tersebut biasanya hanya untuk kondisi yang tidak terlalu parah. Jika misalnya anda sudah terindikasi bahwa gusi bengkak anda sudah parah, maka tentu kami sarankan agar supaya anda segera berkonsultasi dengan dokter gigi agar supaya dokter tersebut segera melakukan diagnosa dan melakukan penanganan segera.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang obat gusi bengkak. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Terimakasih.

ARTIKEL TERKAIT