Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 7 Bulan Dan Cara Mengatasinya

554
Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 7 Bulan Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 7 Bulan Dan Cara Mengatasinya

Bidhuan.id Masalah kaki bengkak saat hamil memang merupakan sebuah masalah umum yang sering dialami, terlebih jika usia kehamilannya sudah menginjak 28 pekan dimana kebanyakan wanita hamil tersebut sudah mulai mengalami pembengkakan pada kaki.

Menurut survey terpercaya, bahwa presentasi kaki bengkak saat hamil bisa mencapai 75% dan kondisi ini juga sering disebut dengan edema. Edema sendiri merupakan sebuah kondisi dimana seseorang yang menderitanya akan mengalami penimbunan cairan. Perlu anda tahu bahwa edema bukan hanya menyerang kaki, melainkan juga bisa menyerang bagian tubuh yang lainnya. Meskipun memang untuk kasus pembengkakan yang paling sering yakni menyerang bagian kaki.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 7 Bulan Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 7 Bulan Dan Cara Mengatasinya

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda berkaitan tentang penyebab serta bagaimana cara yang harus dilakukan untuk membantu mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa anda coba.

Baca: 25 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil: Hamil Muda dan Tua, Serta Kesehatan Janin

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

1. Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Karena Terlalu Banyak Diam

Penyebab kaki bengkak saat hamil yang paling umum adalah karena anda terlalu diam dan minim bergerak. Jika anda terlalu banyak diam seperti misalnya duduk, maka hal tersebut akan mengakibatkan terganggunya peredaran pembuluh darah balik sehingga akan meningkatkan terjadinya tekanan pada kedua kaki anda, ditambah lagi berat badan anda yang semakin meningkat.

Gangguan ini merupakan sebab dari rahim yang terus melakukan penekanan terhadap pembuluh darah yang berada pada area panggul pada saat anda sedang duduk maupun juga berdiri. Serta uterus atau rahim tersebut kemudian akan melakukan penekanan pada pembuluh darah pada saat posisi meringkut terlentang.

2. Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Karena Peredaran Darah Tidak Lancar

Selain dikarenakan adanya kelebihan cairan pada seseorang yang sedang hamil, ditambah lagi kurangnya aktivitas atau kesibukan maka hal tersebut akan mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar.

Ketika sudah seperti ini maka dikhawatirkan dapat menyebabkan aliran darah menuju jantung juga terhambat yang bisa mengakibatkan anda mengalami penyakit atau masalah fatal yang tidak diinginkan. Selain itu, ukuran rahim yang semakin lama semakin membesar bisa berdampak juga pada terhambatnya aliran darah menuju kaki.

Baca benarkah permen jari mengandung narkoba? BPOM lakukan uji lab

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Setelah kita telah membahas tentang apa saja hal – hal yang menyebabkan pembengkakan pada ibu hamil. Maka selanjutnya penting bagi anda untuk mengetahui tentang bagiamana cara yang harus anda lakukan untuk mengatasi pembengkakan pada kaki ketika hamil.

1. Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Dengan Jangan Kerap Berdiri

Perlu anda tahu bahwa seseorang yang sering berdiri ketika ia sedang hamil, maka akan menyebabkan pembengkakan pada kaki atau menyebabkan pembengkakan yang terjadi semakin bertambah parah.

Hal ini dikarenakan ketika anda sedang berdiri, maka kaki akan menopang berat badan anda dimana berat badan ibu hamil akan semakin lama semakin bertambah sehingga akan membuat kaki juga semakin berat menopangnya.

Dengan kata lain, semakin lama anda berdiri maka akan menyebabkan kaki anda semakin berat menopang berat badan anda yang kemudian akan berdampak pada pembengkakan yang semakin parah.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Dengan Banyak Gerak

Mungkin anda sudah sering mendengar nasehat bahwa ibu yang sedang hamil harus banyak bergerak. Memang saran ini bukan hanya omongan semata, karena menurut beberapa ahli kesehatan bahwa disarankan bagi ibu hamil untuk membiasakan diri bergerak ketika pagi hari, seperti dengan jalan – jalan di sekitar rumah anda.

Selain itu, dengan banyak bergerak juga akan bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan atau melahirkan. Dengan membiasakan diri untuk banyak bergerak seperti jalan – jalan di pagi hari, maka anda bisa terhindar dari kaki bengkak karena peredaran darah anda akan lancar sehingga tidak mengalami bebagai gangguan.

3. Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Dengan Meninggikan Posisi Kaki

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil juga bisa anda lakukan dengan cara meninggikan posisi kaki anda. Untuk mengatasi kaki bengkak memang juga diperlukan posisi kaki yang baik ketika tidur, salah satunya yaitu dengan meninggikannya.

Oleh karena itu, ketika anda sedang tidur maka disarankan untuk mengangkat kakinya dan menyandarkan kaki anda pada tembok. Cara ini memang terbukti sangat efektif untuk membantu melancarkan peredaran darah yang terdapat pada kaki.

4. Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Dengan Banyak Minum Air Putih

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih memang sudah tidak perlu diragukan khasiatnya karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, salah satunya yakni membantu mengatasi kaki bengkak.

Beberapa ahli kesehatan juga telah memaparkan bahwa ketika seorang wanita sedang hamil, maka ia disarankan untuk memperbanyak meminum air putih. Hal ini berguna untuk memperlancar cairan yang beredar pada area kaki sehingga akan menghindarkan anda dari terkena edema atau pembengkakan pada kaki.

Baca: Susu Ibu Hamil: Antara Susu Prenagen, Lactamil dan Anmun Mana Yang Enak dan Bagus?

Disarankan untuk membiasakan diri meminum air putih minimal 8 gelas sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sehingga anda tidak sampai mengalami kondisi yang tidak diinginkan.

5. Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Dengan Hindari Mengkonsumsi Garam Berlebih

Cara yang terakhir yang harus anda terapkan adalah anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mana di dalamnya mengandung kadar garam yang berlebih. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan anda dari terkena pembengkakan pada kaki.

Diketahui bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung garam berlebih maka akan menyebabkan cairan yang ada pada kaki menjadi lebih banyak. Maka dari itu, hindari makanan yang mengandung garam yang berlebih agar supaya anda terhindar dari kondisi tersebut.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang penyebab serta bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terimakasih.

 

ARTIKEL TERKAIT