Flek Paru-Paru: Penyebab, Cara Mencegah dan Gejala Penyakit Paru

165
Flek Paru-Paru - Penyebab Cara Mencegah dan Gejala Penyakit Paru
Flek Paru-Paru - Penyebab Cara Mencegah dan Gejala Penyakit Paru

Bidhuan.id – Flek paru-paru atau yang lebih dikenal dengan penyakit TBC, masih menjadi penyakit yang menakutkan bagi banyak orang. Karena, sedikit kesalahan dalam penanganan, akan menyebabkan orang yang mengidapnya meninggal atau tidak tertolong. Oleh karenanya, penting untung mengetahui informasi tentang flek paru-paru gejala dan penyebabnya. Untuk mengetahuinya, berikut informasinya.

Sejauh ini, masyarakat hanya mengetahui bahwa penyebab paru-paru hilang sebelah atau flek paru-paru ini adalah adanya bakteri. Namun sebenarnya banyak hal yang menjadi penyebab adanya penyakit ini didalam tubuh. Untuk mengetahuinya, secara lebih lanjut, simaklah informasi di bawah ini.

3 Penyebab Munculnya Flek Paru-Paru

Penyebab Munculnya Flek Paru-Paru
Penyebab Munculnya Flek Paru-Paru

Selain adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh pada bagian ini akan dijelaskan penyebab lain yang mengakibatkan munculnya flek paru-paru. Penjelasan lengkap tentang penyebab lain tersebut dapat disimak di bawah ini.

  • Penyebab Flek Paru-Paru Dewasa: Imun yang Lemah
      • Salah satu penyebab munculnya flek pada paru-paru adalah imun yang rendah. Imun yang rendah membuat bakteri dengan mudah masuk dan menginfeksi tubuh. Dan jika yang menyerang adalah bakteri bagian paru-paru. Hal inilah yang menyebabkan munculnya penyakit paru-paru.
  • Penyebab Paru-Paru Hilang Sebelah atau TBC
      • Penyebab lainnya adalah orang yang sering berpergian ataupun datang ke daerah yang memiliki potensi terkena penyakit ini. Beberapa negara yang harus diwaspadi adalah Rusia, Cina dan yang lainnya. Usahakan jika akan berpergian ke negara tersebut, untuk menjaga kesehatan anda.
  • Penyalahgunaan Obat
      • Bila terdapat orang disekitar anda yang menggunakan obat-obatan terlarang, sebaiknya ingatkan untuk menjauhinya. Karena obat-obatan ini, akan membuat daya imun tubuh mereka terganggu dan melemah. Dan hal inilah yang akan menjadi penyebab dari munculnya paru-paru putih sebelah atau yang lebih dikenal dengan flek pada paru-paru.
  • Kurangnya Perawatan Medis
    • Satu hal akhir yang dapat menjadi penyebab munculnya flek paru-paru adalah kurangnya perawatan medis. Hal ini biasanya terjadi karena adanya faktor kemiskinan. Sehingga hal ini menjadi penyebab munculnya flek paru-paru anak ataupun orang dewasa. Sedikit saran, jika sudah mulai merasakan masalah pada tubuh sebaiknya periksakan ke dokter denga pelayanan yang telah diberikan oleh pemerintah.

Baca: 15 Ciri-Ciri Paru-Paru Basah yang Berbahaya pada Anak dan Dewasa serta Gejalanya

Gejala Penyakit Flek Paru Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Gejala Penyakit Flek Paru Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak
Gejala Penyakit Flek Paru Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Sudah cukup memahami tentang beberapa penyebab sakit paru-paru? Saatnya untuk membahas dan mengetahui tentang ciri-ciri ataupun gejala yang dialami oleh penderita flek paru. Untuk mengetahuinya, berikut informasi lengkapnya.

  • Batuk Berdahak
      • Tanda pertama dari kemungkinan seseorang terkena penyakit flek paru adalah adanya batuk berdahak. Batuk berdahak muncul karena adanya iritasi pada bronkus. Namun asumsi batuk berdahak adalah gejala flek paru-paru masih sangat tidak berdasar. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui gejala lainnya dari penyakit ini.
  • Batuk Yang Berlangsung Lama
      • Setelah mengetahu bahwa gejala awal dari flek paru adalah batuk, muncul pertanyaan apakah batuk biasa atau batuk yang seperti apa? Gejala munculnya bercak-bercak di paru-paru adalah adanya batuk yang berlangsung lama. Batuk ini terjadi sampai dengan waktu dua minggu. Dan tidak akan sembuh dengan obat batuk biasa.
  • Batuk Flek Darah atau Batuk Berdarah
      • Gejala ini akan terjadi jika, masalah paru-paru yang dialami sudah cukup parah. Hal ini terjadi karena telah terjadi pendarahan dalam paru-paru. Oleh karenanya, biasanya batuk darah ini keluar bersamaan dengan dahak. Namun untuk memastikan apakah ini karena flek paru atau tidak. Sebaiknya periksakan diri ke dokter.
  • Ciri-Ciri Flek Paru-Paru Pada Anak: Turunnya Nafsu Makan
    • Anak khususnya bayi, biasanya tidak akan mengerti untuk menunjukkan rasa sakit yang di derita. Oleh karenanya, sebagai orang tua anda harus pandai-pandai mengetahui tingkah laku anak. Salah satunya, turunnya nafsu makan yang terjadi tiba-tiba. Jika hal ini berlangsung lama, mungkin saja ini terjadi karena anak mengalami masalah pada tubuhnya.
  • Berat Badan Menurun
    • Masalah turunnya nafsu makan rupanya tidak hanya terjadi pada anak-anak. Namun dapat pula menjadi petunjuk munculnya penyakit flek paru pada orang dewasa. Menurunnya nafsu makan, biasanya juga disertai dengan turunnya berat badan secara drastis. Jika hal ini terjadi, sebaiknya konsultasikan diri ke dokter. Karena mungkin saja terkena penyakit paru atau masalah kesehatan lainnya.
  • Berkeringat di Malam Hari
    • Apakah anda pernah atau sering kali mengalami berkeringat di malam hari tanpa alasan yang jelas? jika iya, mungkin saja hal ini adalah gejala flek paru-paru. Bila masalah ini berlangsung lama, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Sehingga anda segera mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Sakit Pada Dada
    • Ketika batuk terus menerus terjadi pada tubuh, lama kelamaan dada akan terasa sakit. Hal ini terjadi karena adanya peradangan yang terjadi pada bagian pleura atau pembungkus paru-paru. Untuk mengatasi tidak terjadinya batuk yang terus menerus, disarankan untuk banyak meminum air hangat.

Baca: Penyakit Paru-paru Basah – Pengertian, Cara Mencegah dan Metode Penyembuhan

Bentuk Pencegahan Terjadinya Masalah Penyakit Paru

Bentuk Pencegahan Terjadinya Masalah Penyakit Paru
Bentuk Pencegahan Terjadinya Masalah Penyakit Paru

Penyebab dan gejala dari sakit paru telah dijelaskan pada bagian atas. Selanjutnya pada bagian akhir ini akan dijelaskan tentang beberapa bentuk pencegahan yang dapat dilakukan. Apa saja bentuk pencegahan tersebut? berikut informasinya.

  • Vaksinasi
    • Untuk melakukan pencegahan flek paru-paru anak sebaiknya anda memberikan vaksinasi pada anak. Biasanya vaksinasi akan dilakukan beberapa bulan setelah anak lahir. Oleh karenanya, jangan lewatkan fase-fase vaksin yang telah disediakan dan diwajibkan pemerintah sebagai bentuk pencegahan sakit paru. Baca juga: Kenali Perbedaan Vaksin dan Serum
  • Makan Makanan Bergizi
    • Jika, sudah pernah melakukan vaksinasi, sebaiknya lanjutkan dengan menjaga pola makan. Usahakan dalam setiap kesempatan makan, makanlah makanan yang bergizi. Contohnya, memakan buah-buahan atau sayur-sayuran. Hal ini adalah bentuk pencegahan dari flek paru-paru anak dewasa. Jika tidak ingin makan sayuran dan buah-buahan sebaiknya konsumsi jus buah ataupun sayuran.
  • Olahraga Secara Rutin
    • Bentuk pencegahan lain yang dapat dilakukan untuk menghindari terkena flek pada paru-paru adalah olahraga secara rutin. Hal ini akan menjadi pencegahan paru-paru putih sebelah, karena imun tubuh telah meningkat. Sehingga bakteri dan virus tidak akan masuk ke tubuh karena telah imun tubuh yang tinggi.
  • Cegah Bercak-bercak di Paru-Paru dengan Menghindari Penderita
    • Salah satu bentuk pencegah berikutnya adalah dengan menghindari penderita. Namun yang dimaksudkan bukan untuk menjauhi, melainkan untuk menghindari kemungkinan munculnya paparan virus. Contohnya, dengan menggunakan masker saat berbicara dengan penderita.
  • Minum Vitamin atau Madu
    • Bentuk terakhir yang dapat dilaukukan untuk pencegahan batuk flek darah adalah meminum madu atau vitamin. Hal ini penting untuk orang yang terlalu sibuk bekerja dan tidak mengonsumsi makanan-makanan sehat. Karena dengan mengonsumsi vitamin dan madu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Serta, membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Bentuk pencegahan, gejala, serta penyebab terjadinya flek paru di atas kiranya dapat menjadi pengetahuan tambahan untuk anda. Sehingga, anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan terhindari dari penyakit flek paru-paru. Namun jika sudah merasakan munculnya gejala, ada baiknya segera mengunjungi dokter. Agar, anda dapat segera mendapatkan penanganan dengan tepat.

Baca: 20 Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami Paling Ampuh

ARTIKEL TERKAIT