12 Gejala Leukimia Secara Umum dan 4 Cara Pencegahan Penyakit Leukimia

816
12 Gejala Leukimia Secara Umum dan 4 Cara Pencegahan Penyakit Leukimia
12 Gejala Leukimia Secara Umum dan 4 Cara Pencegahan Penyakit Leukimia

Bidhuan.id – Gejala leukimia pada dasarnya sangat sulit untuk diketahui. Karena penyakit Leukimia ini tidak memiliki ciri yang khas. Penyakit yang biasanya menyerang anak-anak dan remaja  ini, akan mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi. Walaupun tidak memiliki ciri yang khas, tentunya terdapat gejala leukimia secara umum. Dan untuk mengetahuinya, anda dapat membaca informasi dibawah ini.

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa Leukimia sering kali menyerang anak-anak dan remaja. Namun, tidak hanya itu, karena leukimia juga dapat menyerang orang dewasa. Atau dapat dikatakan leukimia dapat menyerang setiap kalangan umum. Oleh karenanya penting untuk mengetahui gejala leukimia pada orang dewasa maupun pada anak. Berikut ini informasi lengkapnya.

12 Gejala Leukimia Secara Umum

12 Macam Gejala Leukimia Secara Umum
12 Macam Gejala Leukimia Secara Umum

Ciri-ciri penyakit leukimia yang terjadi atau gejala leukimia biasanya akan ditunjukkan oleh tingkatan leukimia tersebut. Oleh karenanya, pada kesempatan ini, akan dijelaskan secara detail tentang gejala dari yang paling awal hingga terakhir. Berikut ulasannya,

  • Cepat Lelah dan Lemas: Gejala Kanker Darah
    • Hal pertama yang harus diantisipasi adalah ketika anda mulai merasa cepat lelah. Walaupun dapat diatasi dengan tidur, namun bila berkepanjangan anda harus mencurigainya. Penderita akan merasakan cepat lelah karena adanya masalah pada tubuh yang kesulitan menyalurkan udara keseluruh tubuh.
  • Luka yang Mengeluarkan Warna Darah Berbeda
    • Jika anda mengalami luka dan berdarah, tentunya pendarahan akan berhenti dengan cepat. Namun gejala leukimia pada anak ini memberikan hal yang berbeda. Perbedaannya adalah sulitnya darah untuk membeku. Dan darah yang dikeluarkan adalah darah yang berwarna merah muda.
  • Nyeri Tulang yang Hebat
    • Jika masalah telah berlanjut dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka ciri dari kanker darah stadium darah akan muncul. Hal tersebut adalah munculnya nyeri tulang yang hebat. Hal ini terjadi karena sel darah putih yang masuk pada tulang dalam jumlah yang sangat besar.
  • Gejala Leukimia Pada Orang Dewasa: Pernapasan Tidak Normal
    • Tanda berikutnya yang harus diwaspadai adalah munculnya pernapasan yang tidak normal atau asma. Asma yang dialami oleh penderita leukimia, berbeda dengan yang dialami oleh penderita asma biasa. Di mana waktu asma penderita leukimia lebih panjang dibandingkan asma biasa.
  • Rentan Terkena Penyakit Menular
    • Bagi penderita penyakit leukimia, sebaiknya mulai mencegah diri terpapar oleh penyakit-penyakit menular seperti flu. Hal ini biasanya terjadi pada stadium leukimia lanjut. Karena sel darah putih yang tidak normal, tidak dapat berfungsi dengan normal untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus.
  • Gejala Khas Leukimia: Nyeri Pada Tulang Belakang
    • Rasa nyeri ini berbeda dengan rasa nyeri karena lelah ataupun duduk terlalu lama. Karena rasa nyeri ini ada pada bagian persendian di tulang belakang. Hal ini terjadi karena sel-sel kanker telah menyebar ke daerah tulang. Dan terkadang, masalah persendian ini akan menyebabkan penderita mengalami demam tinggi.
  • Ciri-Ciri Penyakit Leukimia Stadium 2, Adanya Nyeri Perut
    • Gejala yang sudah mulai menyebar dan mulai dirasakan oleh penderita adalah nyeri perut. Nyeri ini terjadi karena sel-sel kanker darah putih sudah mulai menumpuk di bagian perut. Contohnya di ginjal, empedu dan hati. Jika hal ini sudah terjadi, biasanya penderita tidak akan memiliki nafsu untuk makan.

Baca: Tensi Normal (Tekanan Darah) Berdasarkan Usia Anak & Dewasa

  • Turunnya Berat Badan Secara Drastis
    • Untuk gejala yang satu ini, telah dipahami sebagai gejala leukimia stadium lanjut. Padahal anda sedang tidak menjalani diet ketat ataupun menjaga pola makan. Namun berat badan tetap menurun secara dratis. Jika hal ini terjadi maka patut diwaspadai, mungkin saja tubuh telah menderita leukimia. Namun tidak hanya leukimia, penurunan berat badan dengan drastis juga dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya.
  • Gejala Leukimia Secara Umum: Sering Berkeringat Di Malam Hari
    • Sering mengalami masalah dengan keringat dimalam hari? Hal ini perlu diperhatikan, terlebih lagi jika keringat yang dikeluarkan sangat berlebihan. Karena, mungkin saja hal ini disebabkan oleh munculnya penyakit leukimia. Namun jika keringat yang dikeluarkan masih dalam batas normal, anda tidak perlu khawatir akan terjadinya masalah pada tubuh.
  • Pendarahan Pada Gigi dan Gusi
    • Ada dua hal yang dapat menjadi penyebab munculnya pendarahan pada gigi dan gusi. Pertama, kekurangan vitamin C atau terkena tusukan dari benda yang tajam. Dan kedua, terjadi karena adanya masalah tubuh, yaitu leukimia. Pendarahan terjadi begitu saja pada gigi dan gusi, serta hal ini sering kali terjadi. Jika pendarahan biasanya terjadi dalam waktu yang sebentar, pendarahan karena leukimia membutuhkan waktu yang lama untuk pembekuan darah.
  • Munculnya Mimisan dan Pendarahan Dari Hidung
    • Untuk anda yang mengalami mimisan atau pendarahan dari hidung, maka pencegahan leukimia sudah tidak dapat dilakukan. Pendarahan ini terjadi dengan begitu saja dan akan membutuhkan waktu yang panjang untuk membekukan darah tersebut. Dan biasanya, hal ini terjadi dengan disertai adanya pusing yang teramat sangat.
  • Gejala Leukimia Pada Anak: Kurangnya Keseimbangan
    • Hal ini akan sering terjadi pada anak-anak. Di mana, anak-anak akan mudah terjatuh pada saat berdiri ataupun berlari. Hal ini bisa disebabkan oleh dua hal, adanya penyakit syaraf yang menyerang tubuh. Atau, karena adanya masalah atau gangguan pada tubuh karena masalah leukimia.

Baca: Penyebab Leukemia – Pengertian, Jenis Penyakit dan Faktor Penyebab Utama

4 Bentuk Cara Pencegahan Munculnya Penyakit Leukimia

Cara Pencegahan Munculnya Penyakit Leukimia
Cara Pencegahan Munculnya Penyakit Leukimia

Setelah mengetahui tentang beberapa gejala dari leukimia. Penting untuk anda mengetahui apa yang menjadi bentuk pencegahan agar tidak terkena penyakit ini. Untuk mengetahuinya, simaklah informasi di bawah ini.

  • Menjalankan Olahraga yang Teratur
    • Bentuk pencegahan yang satu ini sangatlah ampuh untuk mencegah berbagai bentuk kanker dan penyakit yang lainnya. Karena dengan menjalankan olahraga akan meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, tubuh akan kebal dan dapat melawan bakteri atau virus yang mungkin menyerang.
  • Pendektesian Dini Penyakit Leukimia
    • Cara terbaik lainnya untuk melakukan pencegahan adalah dengan mendeteksi secara dini. Pendeteksian dini dapat dilakukan dengan pengecekan kesehatan secara berkala. Lakukanlah medical check up setahun sekali, sehingga setiap penyakit yang di alami dapat terdeteksi sebelum menjadi lebih parah.
  • Hindari Rokok dan Alkohol agar Terhindar dari Penyakit Leukimia
    • Selain kedua hal di atas, anda harus melakukan pencegahan dengan menghindari rokok dan alkohol. Hal ini penting, karena keduanya merupakan bahan yang berbahaya untuk tubuh. Keduanya, juga dapat menimbulkan penyakit lain selain leukimia. Penyakit tersebut adalah kanker paru-paru ataupun penyakit yang lainnya.
  • Menghindari Penyakit Leukimia dengan Pola Makan yang Baik
    • Masalah atau penyakit leukimia juga dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk. Oleh karenanya, untuk menjauhi penyakit ini, usahakan untuk melakukan pola makan yang baik dan teratur. Perbanyaklah untuk memakan makanan yang kaya anti oksidan, seperti buah-buahan dan sayur.

Gejala dan pencegahan leukimia ini kiranya dapat memberikan informasi tambahan untuk anda. Sehingga anda dapat lebih mengenal gejala leukimia secara spesifik dan juga memahami bentuk pencegahannya. Tujuannya, agar anda tidak terkena penyakit ini. Serta, dapat segera melakukan pengobatan jika mengalami gejala-gejala seperti di atas.

Baca: 13 Gejala Leukimia (Kanker Darah) Yang Perlu Anda Waspadai

ARTIKEL TERKAIT