8 Gejala Ambeien dan 7 Penyebab Ambeien yang Harus Anda Ketahui dan Pahami Secara Lengkap!

197
8 Gejala Ambeien dan 7 Penyebab Ambeien yang Harus Anda Ketahui dan Pahami Secara Lengkap
8 Gejala Ambeien dan 7 Penyebab Ambeien yang Harus Anda Ketahui dan Pahami Secara Lengkap

Bidhuan.id – Gejala ambeien biasanya memang tidak dirasakan bila belum menjadi penyakit yang berkelanjutan. Namun ketika ambeien telah membesar, tentunya akan menganggu aktivitas anda. Sebagai bentuk pencegahan tersebut, anda harus mengetahui tentang gejala ambeien dan ciri-cirinya. Sehingga anda dapat langsung mengobatinya bila memang terjadi masalah dengan ambeien.

Secara medis, ambeien ini memiliki dua jenis, yaitu ambeien luar dan ambeien dalam. Namun untuk bahasan kali ini, akan dibahas secara umum baik ciri-ciri ambeien dalam dan luar. Sehingga anda dapat segera mengobatinya, jika anda merasakan gejalan-gejala tersebut. Untuk itu, simaklah informasi di bawah ini.

Beberapa Gejala Ambeien Secara Lengkap dan Detail

Di kesempatan kali ini, akan dijelaskan tentang beberapa gejala penyakit ambeien baik luar ataupun dalam. Serta akan dijelaskan pula gejala ambeien ringan ataupun sudah akut. Tujuannya, agar anda dapat menentukan kapan harus pergi ke dokter dan mengobati masalah tersebut.

  • Gejala Awal yang Dapat Menjadi Gejala Ambeien Akut: Rasa Sakit Pada Dubur
    • Banyak yang mengatakan bahwa ciri ini sering diremehkan dan dianggap sebagai hal yang biasa oleh banyak orang. Namun untuk anda yang mengetahuinya, sebaiknya perhatikan hal ini. Karena mungkin saja, hal ini adalah awal dari penyakit ambeien. Selain rasa sakit pada dubur, biasanya dubur juga akan merasakan gatal dan berdenyut.
  • Gejala Munculnya Ambeien Luar Kecil
    • Ciri berikutnya ditandai dengan munculnya rasa panas yang ada disekitar dubur. Tidak hanya itu, rasa panas ini juga biasanya dirasakan pada saat usai melakukan buang air besar. Anda dapat membuktikan apakah hal tersebut karena ambeien dengan menyentuhnya, apakah ada benjolan kecil disekitar dubur.
  • Ciri-Ciri Ambeien Ringan: Munculnya Darah Saat Buang Air Besar
    • Biasanya buang air besar berdarah ini terjadi pada ambeien dalam. Di mana terjadi infeksi pada benjolan ambeien tersebut. Sehingga akhirnya mengeluarkan darah. Untuk yang telah mengalami kendala ini, sebaiknya segera untuk menghubungi dokter. Agar segera mendapatkan pengobatan dan tindakan yang tepat.
  • Sulit Untuk Duduk
    • Masalah ini akan muncul, jika ambeien kambuh dan kembali muncul di bagian dubur. Munculnya ambeien akan membuat anda kesulitan dalam duduk. Tidak hanya itu, jika gejala ambeien akut, ketika berdiri pun anda merasakan ada sesuatu yang mengganjal. Jika sudah demikian, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Untuk menentukan langkah yang harus diambil selanjutnya.
  • Keluar Lendir Setelah Buang Air Besar: Gejala Ambeien Awal
    • Gejala awal dari munculnya ambeien lainnya adalah munculnya lendir setelah membuang air besar. Keluarnya lendir ini terjadi karena adanya pembengkakan pada jaringan didalam dubur. Namun jika anda telah menyadari hal ini sejak awal, tindakan pencegahan untuk mengatasi ambeien pun dapat diambil dengan cepat.
  • Gatal Pada Area Sekitar Dubur
    • Jaringan yang ada pada dubur memiliki bentuk seperi bantalan-bantalan. Tugas utama dari dubur adalah menahan feses untuk keluar. Jadi, jika gejala ambeien mulai kambuh, maka akan memunculkan rasa gatal pada sekitar bagian dubur tersebut.
  • Prolaps
    • Gejala yang satu ini adalah gejala yang paling sering terjadi. Bentuk dari gejala ini adalah adanya tonjolan yang keluar melewati liang dubur. Biasanya, penderitanya harus memasukkan kembali prolaps tersebut ke liang Dubur sebagai bentuk gejala ambeien parah. Namun untuk penderita yang masih ada dalam tahapan gejala awal, biasanya prolaps akan masuk kembali dengan sendirinya.
  • Munculnya Pembengkakan Di Area Sekitar dubru
    • Gejala lainnya yang mungkin dapat dijadikan sebagai referensi terjadinya masalah ambeien pada tubuh. Pembengkakan ini terjadi karena adanya gesekan dan iritasi yang terjadi pada jaringan prolaps. Jika anda merasakan hal-hal ganjil seperti itu, sebaiknya segera memeriksakan diri. Sehingga masalah dapat diselesaikan dengan cepat.

Baca: 11 Gejala Ambeien atau Wasir dan Cara Mencegahnya

Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Penyakit Ambeien

Faktor Penyebab Munculnya Penyakit Ambeien
Faktor Penyebab Munculnya Penyakit Ambeien

Setelah memahami tentang beberapa  gejala dari penyakit ambeien, penting untuk anda mengetahui penyebab dari munculnya penyakit tersebut. Sejauh ini banyak hal yang dapat dikategorikan sebagai penyebab munculnya ambeien. Apa saja hal tersebut? berikut informasinya untuk anda.

  • Kekurangan Serat
    • Bagi anda yang merasa kekurangan serat, sebaiknya hati-hati dengan penyakit yang satu ini. Karena kurangnya serat dapat menyebabkan penyakit ini. Mengapa? Karena kurangnya serat akan membuat mengejan lebih keras. Dan hal ini melemahkan pembuluh darah disekitar dubur. Hal inilah yang menyebabkan munculnya ambeien. Untuk itu, mulailah perbanyakan makanan yang mengandung banyak serat.
  • Usia yang Menua
    • Usia yang telah menua, akan membuat otot-otot di tubuh menurun kemampuannya. Hal tersebut juga terjadi, pada otot-otot dan jaringan di sekitar dubur. Hal inilah yang akan menyebabkan munculnya ambeien. Untuk itu, sebaiknya anda menjaga kesehatan otot-otot tubuh anda, agar tidak terjadi masalah pada tubuh.
  • Obesitas
    • Untuk anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, harus menjaga diri dari berbagai macam penyakit. Salah satunya, obesitas. Ambeien dapat muncul karena adanya tekanan yang besar pada bagian pinggul dan rektum. Dan oleh karena hal inilah, masalah ambeien menjangkiti tubuh. Untuk pencegahannya, sebaiknya hentikan mengonsumsi makanan-makanan yang berlemak.
    • Baca juga: Bukan Hanya Konsumsi Manis Ternyata Garam Juga Picu Obesitas
  • Adanya Cedera Sum-Sum Tulang Belakang
    • Masalah ambeien juga dapat muncul jika pernah mengalami cedera sumsum belakang. Hal ini dapat berakibat bagi syaraf yang ada pada rektum pula. Dampaknya yang terbesar adalah tubuh tidak lagi bisa mendeteksi apakah isi dari usus besar telah penuh atau tidak. Jika masalah ini terus berkembang, perawatan wasir dengan cara yang tepat harus segera dilakukan.
  • Terlalu Sering Menahan Buang Air Besar
    • Bagi anda yang sering melakukan hal ini, sebaiknya hentikan hal tersebut. Karena hal ini menyebabkan adanya tekanan pada bagian dubur. Tekanan yang berlebihan tersebut menyebabkan munculnya ambeien pada dubur. Jika hal ini sudah terjadi, pengobatan ambeien haruslah segera dilakukan. Sehingga masalah ambeien dapat terselesaikan dengan cepat.
  • Terlalu Banyak Duduk atau Terlalu Lama Berdiri
    • Pekerjaan terkadang menuntut kita untuk melakukan aktivitas duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama. Di sinilah, anda harus pandai-pandai memanfaatkan waktu untuk beristirahat. Terlalu lama berdiri dan duduk, dapat menyebabkan peregangan otot-otot di sekitar dubur. Dan membuat pembuluh darah melebar. Hal inilah yang akan menyebabkan munculnya ambeien.
  • Riwayat Ambeien Dari Keluarga
    • Apakah anda memiliki ayah atau ibu yang memiliki riwayat ambeien? Banyak yang mengatakan bahwa ambeien juga disebabkan oleh adanya riwayat dari keluarga. Namun bukan karena masalah gen, namun lebih disebebkan oleh gaya hidup orang tua yang ditiru. Contohnya, pola makan dan gaya hidup. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ubahlah gaya hidup anda menjadi gaya hidup sehat.

Untuk anda yang tidak ingin terkena penyakit ini sebaiknya manfaat dengan sebaik-baiknya informasi di atas. Anda dapat menghindari hal-hal di atas sebagai bentuk pencegahan terkena ambeien. Namun jika sudah terlanjur menderita ambeien, sebaiknya kenali gejala ambeien di atas dengan baik. Dan lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter dengan segera. Agar, masalah anda dapat tertangani dan dapat disembuhkan dengan cepat.

Baca: 2 Merk Obat Sembelit Anak yang Aman untuk Mengatasi Sembelit

ARTIKEL TERKAIT