18 Gejala Tifus Pada Anak-anak dan Orang Dewasa Beserta Penyebab

1474
18 Gejala Tifus Pada Anak-anak dan Orang Dewasa Beserta Penyebab
18 Gejala Tifus Pada Anak-anak dan Orang Dewasa Beserta Penyebab

Bidhuan.id – Gejala tifus yaitu tanda-tanda yang biasa dialami pasien jika sudah terjangkit penyakit tifus. Penyakit jenis ini disebabkan karena pasien sudah terinfeksi bakteri bernama salmonella thyps. Gejala tifus orang dewasa ini ternyata juga bisa menyerang pada anak-anak, untuk itu selalu berwaspada jika anda mengalamai gejala seperti dibawah ini.

Ciri-ciri tipes kambuh lebih parah, apabila pasien tidak segera diobati dan mendapat penanganan utama dari dokter. Tertular dari pasien yang sudah terkena tifus adalah faktor penyebab penyakit tifus yang paling utama. Maka dari itu jika sudah parah, pasien bisa mengalami komplikasi dan berujung pada kematian. Lantas, apa sajakah gejala tifus? Simak ulasannya sibawah ini

18 Gejala Tifus Yang Perlu Anda Sadari

  • Pasien Akan Mengalami Demam

Gejala yang paling awal dan paling mudah untuk diketahui adalah demam. Pasien akan mengalami demam tinggi di mingu pertama setiap pada malam hari. Dan demam tersebut sangat tinggi mencapai 400c.

  • Gejala Penyakit Tifus Awal Yaitu Sakit Kepala

Bukan sakit kepala biasa yang dialami, melainkan biasanya dibarengi dengan rasa pusing yang hebat. Pada kondisi seperti ini akan dialami pasien pada minggu pertama, dan membuat pasien tidak bisa beraktivitas seperti biasa.

  • Mengalami Penurunan Pada Napsu Makan

Gejala ini hampir dirasakan pada semua orang yang sedang sakit. Tetapi untuk pasien yang sudah terjangkit tifus, maka penurunan napsu makan ini akan terus memburuk seiring berjalannya waktu, dan membuat tubuh anda semakin lemah serta lemas.

  • Mengalami Gangguan Pada Pencernaan

Pasien juga akan menderita sakit pada perut yang diakibatkan karena adanya gangguan pada organ pencernaan. Hal ini biasanya akan menimbulkan sembelit sampai terjadi diare.

  • Batuk Kering Juga Merupakan Gejala Tifus

Pada minggu pertama setelah terinfeksi bakteri penyebab tifus, maka pasien juga akan mengalami batu kering. Batuk jenis ini tidak bisa disembuhkan dengan obat-obatan generik dan akan semakin parah sehingga membuat pasien terkadang sulit tidur.

  • Muncul Bintik Atau Bercak Merah Di Minggu Pertama

Munculnya bintik atau bercak merah pada kulit juga merupakan gejala tipes awal yang akan dijumpai pasien. Ini adalah tanda yang paling jelas jika anda telah terserang penyakit tifus. Segera periksakan ke dokter.

  • Mengalami Perubahan Demam

Jika mungkin di minggu pertama hanya merasakan demam, maka di minggu kedua muncul gejala baru lagi yaitu perubahan demam. Perubahan ini sangat signifikan. Pada malam hari demam tinggi, dan pada siang hari seolah sudah membaik. Dan akan terjadi demam lagi pada malam harinya.

  • Mengalami Penurunan Pada Berat Badan bisa jadi tanda gejala tifus

Berat badan pasien menurun drastis, ini adalah tanda gejala tifus. Kondisi seperti ini baru akan terlihat pada saat pasien sudah memasuki minggu kedua mengalami tifus.

  • Mimisan Adalah Gejala Tipes Ringan

Biasanya mimisan dialami pada saat pasien mengalami kelelahan atau cape, namun gejala ini akan muncul apabila anda sudah terjangkit bakteri penyebab tifus. Akan lebih parah jika tidak di proses lebih lanjut.

  • Mengeluarkan Tinja Berwarna Kehijauan

Ini akan terlihat di minggu kedua, yaitu pasien akan memunculkan gejala warna tinja yang tidak wajar, yaitu berwarna kehijauan. Ini biasanya pertanda juga bahwa sedang terjadi permasalahan pada pencernaan.

Baca: 4 Gejala dan Tanda Keracunan Makanan yang Wajib Diwaspadai

  • Terjadi Pembengkakan Pada Hati Dan Empedu

Pembengkakan ini akan terjadi semakin parah seiring berjalannya waktu. Dan akan membuat perut anda menjadi kembung dan terasa lebih keras.

  • Pasien Akan Mudah Merasa Lelah

Pada tahap minggu kedua ini, pasien sudah susah untuk beraktivitas karena tubuh akan cepat merasa lelah. Hasrat untuk terus istirahat atau tidur akan dirasakan pasien ketika beraktivitas sebentar.

  • Mengalami Mual Hingga Mutah

Pasien juga akan mengalami mual dan mutah. Ini adalah pertanda pasien sudah memasuki tifus pada fase yang parah, dan mulai menuju ke fase komplikasi. Dimana keadaan akan semakin bertambah parah jika tidak ditangani.

  • Terjadi Gangguan Halusinasi

Untuk gejala tifus yang sudah parah, pasien akan lebih sering mengalami halusinasi. Dan bisa terjadi pada perubahan sikap dan tingkah laku yang aneh. Bahkan pada saat tidur, pasien juga akan mengalami ngigau.

Baca: Waspada! Bahaya 8 Jenis Obat Bebas & OTC Jika Penggunaannya Salah

  • Terjadi Penurunan Pada Denyut Jantung

Pasien akan mengalami penurunan pada denyut jantung. Seiring berjalannya waktu jantung akan melemah serta tidak bisa menjalankan berproduksi seperti pada keadaan normal.

  • Mengalami Pendarahan Pada Usus

Pendarahan ini merupakan salah satu komplikasi yang mungkin akan dirasakan oleh pasien yang sudah mengidap tifus selama hampir 3 minggu. Pendarahan usus ini akan mengakibatkan tekanan darah anda akan terus menurun serta akan mengeluarkan tinja yang disertai dengan keluarnya darah.

  • Komplikasi Miokarditis

Gejala miokarditis adalah komplikasi pada peradangan bagian otot. Pada kondisi ini pasien akan mengalami kesulitan dalam bernafas dan merasa sesak. Kondisi ini harus ditangani secara intensif dan harus berfokus pada infeksi di bagian jantung.

  • Komplikasi Kompleks

Gejala yang akan dialami pasien antara lain, mengalami peradangan pada paru-paru, infeksi pada ginjal, sampai radang pada selaput otak. Jika tidak ditangani dengan serius, maka bisa berakibat fatal.

Beberapa gejala tifus diatas akan dialami pasien yang sudah terinfeksi bakteri penyebab tifus. Segera bawa ke dokter agar bisa ditangani dan diberi pengobatan secara intensif.

 Baca: Herpes Zoster Pengertian, Gejala, Risiko, Langkah Pengobatan dan Pencegahan

ARTIKEL TERKAIT