20 Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami Paling Ampuh

2623
20 Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami Paling Ampuh
20 Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami Paling Ampuh

Bidhuan.id – Cara mengatasi sesak nafas bisa anda lakukan ketika anda tiba-tiba mengalami gangguan pada pernafasan yang terasa sesak dan mengganggu. Penyebab sesak dada bisa juga terjadi karena beberapa hal. Seperti kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh, serta karena anda memiliki riwayat penyakit asma dan lain lain.

Jika anda mengalami tiba-tiba sesak nafas saat tidur, bagaimana cara mengatasinya ? Pada kenyataannya sesak nafas bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal umur. Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara mengatasi sesak nafas secara alami yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Beberapa Cara Mengatasi Sesak Nafas Yang Perlu Anda Ketahui

  • Mulai Melakukan Olahraga Secara Rutin Dan Teratur

Apakah anda masih sering melakukan olahraga atau tidak ? Jika tidak, maka seharusnya mulailah olahraga lagi secara rutin. Dengan berolahraga ringan seperti lari kecil, bersepeda, bisa melatih kerja paru-paru agar pernafasan lebih lancar.

  • Mengatasi Sesak Nafas Dengan Mengatur Posisi Duduk

Ada beberapa posisi duduk yang bisa mengatasi sesak nafas secara alami, yaitu  duduk lebih santai dengan posisi kaki rata dibagian lantai, atau dengan membusungkan dada sedikit kedepan, bisa juga meletakkan siku pada bagian lutut.

  • Mengunyah Makanan Dengan Perlahan

Cara ini bisa mengatasi sesak nafas, karena dengan mengunyah makanan dengan perlahan maka saluran pencernaan dengan otot perut dapat bekerja sama dengan baik.

  • Cara Mengatasi Rasa Sesak Nafas Dengan Menggunakan Masker

Orang yang sudah memiliki riwayat penyakit sesak nafas memang akan lebih sensitif

terhadap udara yang kotor. Menggunakan masker ketika hendak pergi dan beraktivitas diluar ruangan setidaknya bisa mengatasi dan mencegah anda dari sesak nafas.

  • Menggunakan Uap Minyak Essensial

Cara mengatasi sesak nafas tanpa minum obat adalah dengan menggunakan uap dari minyak essensial seperti minyak kayu putih atau daun mint. Masukkan air hangat kedalam sebuah baskom. Teteskan minyak essensial secukupnya. Hirup secara perlahan.

  • Melakukan Latihan Pernafasan Perut

Cara ini bisa dilakukan anak-anak maupun dewasa yaitu lakukan latihan pernafasan dengan posisi tidur terlentang. Letakkan jari anda tepat di bawah tulang dada, mulailah menghirup nafas perlahan dari mulut, dan dialirkan ke perut. Lakukan secara rutin.

  • Mulailah Melatih Dan Mengandalikan Tingkat Strees

Penyebab sesak nafas bisa jadi karena anda sedang mengalami tekanan atau strees pikiran berat. Buat pikiran anda menjadi lebih santai atau pergi rekreasi bersama keluarga mungkin bisa menurunkan tingkat strees anda.

Baca: Penelitian terbaru – Makan Buah dan Sayuran bisa Menghilangkan Stress

  • Berhenti Untuk Merokok

Jika anda salah satu orang yang kecanduan rokok dan sering mengalami sesak nafas, maka sebaiknya berhenti atau mencoba mengurangi intensitas rokok dalam sehari.

  • Menjaga Berat Badan Anda

Obesitas merupakan salah satu penyebab timbulnya sesak nafas karena banyaknya timbunan lemak dalam tubuh. Jaga berat badan anda supaya tetap ideal dan tidak naik secara signifikan.

  • Mengatasi Sesak Nafas Dengan Istirahat Yang Cukup

Kurang istirahat juga bisa memicu timbulnya sesak nafas secara tiba-tiba. Untuk jam tidur orang dewasa sebaiknya selama 8 jam. Istirahat siang hari juga perlu.

  • Konsumsi Buah Bit Secara Rutin

Kandungan yang ada dalam buah bit, mampu untuk melonggarkan saluran pernafasan dengan alami, serta dapat memproduksi sel darah merah yang membantu melancarkan oksigen yang masuk.

  • Konsumsi Minuman Jahe

Cara mengobati sesak nafas dengan jahe adalah dengan meminum air rebusan jahe. Dengan begitu bisa melonggarkan sistem pernafasan dan menjadi tidak sesak.

  • Mengendalikan Tingkat Emosi

Emosi bisa menjadi penyebab utama orang terserang sesak nafas secara tiba-tiba. Anda perlu mengatur tingkat emosi anda dengan mendengarkan musik, pergi solat atau merilekskan diri supaya emosi reda.

  • Mencoba Latihan Yoga Secara Rutin

Seperti yang sudah anda tahu yoga bisa membuat tenang pikiran dan tubuh dengan berbagai latihan pernafasan. Hal itu sangat berguna untuk anda yang sering mengalami sesak nafas.

Baca: Tensi Normal (Tekanan Darah) Berdasarkan Usia Anak & Dewasa

  • Cara Mengatasi Sesak Nafas Dengan Kipas Angin

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kipas angin bisa membantu meredakan penderita dari sesak nafas. Anda bisa coba ketika sedang terserang sesak nafas secara tiba-tiba.

  • Makan Lebih Sering Dalam Jumlah Porsi Yang Lebih Kecil

Porsi makan yang seperti ini bisa membantu anda menjaga berat badan, dan juga bisa membantu untuk mencegah terjadinya sesak nafas.

  • Lakukan Olahraga Renang

Mulailah melakukan olahraga berenang seminggu minimal 1 kali. Olahraga ini baik untuk melatih pernafasan sehingga bisa mengatasi serangan sesak nafas secara tiba-tiba.

  • Konsumsi Kopi Hitam

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan kadar kafein dalam kopi ternyata bisa mengatasi otot pernafasan yang lelah sehingga menimbulkan sesak nafas. Namun minum kopi ada efek sampingnya yaitu bisa meningkatkan denyut jantung dan lain-lain.

  • Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal

Cara ini bisa mengatasi sesak nafas karena salah satu penyebab terjadi sesak nafas diakibatkan terlalu sering menghirup debu. Anda perlu membersihkan tempat tinggal secara rutin.

  • Periksakan Ke Dokter

Cara terakhir untuk mengatasi sesak nafas yang terjadi terus menerus, langsung saja bawa ke dokter. Ditakutkan telah terjadi sesuatu yang serius pada paru-paru serta organ pernafasan lainnya.

Beberapa cara mengatasi sesak nafas diatas, bisa anda lakukan sendiri dirumah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Baca: Pilihan Obat Asma (Sesak Nafas) dan Batuk yang Ampuh dan Efektif

ARTIKEL TERKAIT