Berat Badan Ideal Bayi: Cara Menghitung, Perkembangan dan Cara Membuat Berat Ideal

702
Berat Badan Ideal Bayi - Cara Menghitung Perkembangan dan Cara Membuat Berat Ideal
Berat Badan Ideal Bayi - Cara Menghitung Perkembangan dan Cara Membuat Berat Ideal

Bidhuan.id – Berat badan ideal bayi merupakan harapan untuk setiap orang tua. Masa tumbuh kembang anak pada dasarnya sangat pesat dimulai pada bayi usia 0 bulan. Anda harus tau, cara menghitung berat badan ideal bayi, dengan begitu anda bisa tau bahwa bayi anda berada dalam masa tumbuh kembang yang baik atau tidak.

Tumbuh kembang anak yang dimulai dari usia emas yaitu 0 bulan, adalah penentu perkembangan anak pada saat usia remaja nanti. Berat badan ideal bayi berdasarkan umur akan dibahas dalam artikel ini. Apabila berat badan bayi belum ideal, bagaimana cara menaikkan berat badan bayi ? Simak beberapa uraian dibawah ini.

Perkembangan Berat Badan Ideal Bayi Sesuai Dengan Usianya

  • Berat Badan Ideal Bayi Pada Usia 0-1 Bulan

Yang pertama, anda perlu tahu berat badan ideal pada bayi untuk usia 0 bulan atau bayi baru lahir sampai mencapai umur 1 bulan. Jangan panik atau merasa khawatir apabila ada penurunan berat badan pada bayi yang baru lahir. Hal ini wajar terjadi, yang nantinya akan naik kembali pada usia bayi sudah mencapai 10-12 hari.

Berat badan bayi ideal laki-laki pada usia ini normalnya mencapai 5,7 kg dengan panjang 56,8 cm. Untuk bayi perempuan berat badan normalnya mencapai 5,5 kg dengan panjang 57,6 cm.

  • Berat Badan Pada Bayi Usia 2 Bulan

Jika bayi sudah memasuki usia 2 bulan, maka ada kenaikan lagi pada berat badan, yaitu mencapai 6,9 kg untuk bayi laki-laki dengan panjang 62,6 cm, dan untuk bayi perempuan berat badan mencapai 6,7 kg dengan panjang 61,1 cm.

  • Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Pada usia ini, sang bayi sudah mulai bisa melakukan aktivias seperti memegang mainan sendiri, dan sudah mulai bisa mengangkat kepala pada saat di dudukkan. Perkembangan berat badan bayi pada usia ini juga akan meningkat sekita 1 kg dari berat badan usia 2 bulan. Pada usia ini si kecil juga harus mendapatkan asupan asi 2-3 jam sekali.

  • Berat Badan Normal Bayi Usia 4 Bulan

Untuk bayi yang sudah mencapai umur 4 bulan, berat badan idealnya kisaran 5,6 kg sampai 8,7 kg baik untuk laki-laki atau perempuan. Pada usia 4 bulan, bayi juga seharusnya sudah bisa melakukan telentang dan tengkurap sendiri tanpa bantuan. Namun dengan begitu bayi masih harus tetap dalam pengawasan orang tua.

  • Tumbuh Kembang Bayi Usia 5 Bulan

Dalam usia ini, ada peningkatan lagi dari sang bayi. Yaitu sudah mulai bisa mendengar bunyi-bunyian, sudah bisa menengokkan kepala kenanan dan kekiri. Apabila sudah menununjukkan perkembangan sampai ke tahap ini, maka tandanya bayi sudah siap menerima makanan padat. Dalam usia ini berat badan ideal bayi 5 bulan akan naik 3-5 ons tiap minggunya, dan panjangnya juga akan bertambah sepanjang 2-3 cm tiap bulan.

  • Berat Badan Ideal Bayi Usia 7 Sampai 9 Bulan

Jika sudah mencapai usia 7 sampai 9 bulan, maka seharusnya bayi sudah mendapatkan makanan pendamping asi (MPASI) seperti biskuit bayi dan jus buah buahan. Dan biasanya berat badan bayi akan mengalami penurunan lagi pada usia ini, dan akan kembali naik lagi apabila si kecil sudah terbiasa menerima makanan padat tersebut. Normalnya berat badan akan naik kisaran 2-6 kg pada setiap bulannya.

  • Berat Badan Bayi Pada Saat Memasuki Usia 10 Sampai 12 Bulan

Pada usia ini bayi akan semakin aktif dan bahkan sampai mengeluarkan beberapa kalori pada saat beraktivitas. Namun jangan khawatir karena dengan memberikan asi dan makanan padat pendamping asi yang cukup, bisa menjaga daya tahan tubuh si kecil serta membuat berat badan bayi akan terus ideal. Berat badan ideal bayi 1 tahun seharusnya mencapai 3 kali lipat berat tubuhnya pada saat baru lahir.

Baca: 15 Makanan Ibu Hamil agar Bayi Berkulit Putih Bersih

Cara Membuat Berat Badan Bayi Ideal

Jika buah hati anda berat badannya belum mencapai berat badan ideal atau masih terlalu kurus, maka anda bisa mencoba beberapa langkah dibawah ini.

  • Berikan ASI Eksklusif

Kekurangan asi pada bayi masih berusia 0-6 bulan, maka bisa mempengaruhi berat badan pada bayi. Karena pada usia tersebut, asi merupakan makanan satu-satunya untuk bayi. Jika tidak diberikan secara rutin dan maksimal maka berat badan bayi tidak akan mencapai timbangan yang normal atau ideal.

  • Menambahkan Minyak Dan Mentega

Jika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas yang sudah diperbolehkan menerima makanan pendamping asi, maka anda bisa menambahkan minyak dan mentega ke dalam makanan tersebut. Katakan saja anda membuat bubur dari sayuran dan daging, anda bisa menambahkan 1-2 sendok makan minyak dan mentega sebagai cara untuk menaikkan berat badan bayi.

  • Mengolah Alpukat Sebagai Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Buah alpukat kaya akan nutrisi serta lemak tidak jenuh, yang bisa menaikkan berat badan pada bayi secara normal dan alami. Anda bisa olah buah alpukat ini untuk dijadikan bubur atau jus, dengan catatan tidak perlu diberikan gula untuk pemanis.

Artikel mengenai berat badan ideal bayi sesuai dengan usia nya ini semoga bisa membantu anda dalam memantau tumbuh kembang anak. Jangan sampai si kecil kekurangan nutrisi dan menyebabkan berat badan jadi tidak ideal.



Baca: Amankah Minyak Zaitun untuk Pijat Bayi? Ternyata Tidak!