13 Gejala Leukimia (Kanker Darah) Yang Perlu Anda Waspadai

1039
13 Gejala Leukimia (Kanker Darah) Yang Perlu Anda Waspadai
13 Gejala Leukimia (Kanker Darah) Yang Perlu Anda Waspadai

Bidhuan.id – Gejala leukimia ini kerap kali terjadi secara serius, apabila anda sudah terserang penyakit leukemia stadium akhir. Pengertian leukemia ini adalah sejenis kanker darah. Menyerang serta mempengaruhi pada bagian sumsun tulang yang memproduksi sel darah merah, sehingga menghasilkan sel darah putih lebih banyak, serta bekerja diluar mekanisme yang seharusnya.

Yang lebih parah, gejala leumikia atau kanker darah ini biasanya diketahui pada saat leukemia stadium 3. Ketika keadaan sudah seperti ini, maka pasien akan mengalami resiko yang berujung pada kematian, karena harus menjalani terapi cuci darah rutin. Maka dari itu, kenali gejalanya agar anda tidak terlambat mengetahui adanya penyakit leukemia.

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai gejala tersebut. Simak uraian dibawah.

12 Gejala Leukimia Yang Perlu Anda Tahu

  • Mengalami Mimisan Merupakan Gejala Utama Leukimia

Sebenarnya mimisan bisa terjadi oleh siapapun dan berbeda beda penyebabnya. Mimisan mungkin terjadi karena mengalami suhu badan yang sedang tinggi, dan biasanya tidak berlangsung lama. Namun untuk orang yang sudah terserang leukemia maka mimisan tersebut akan terjadi lebih sering dan dibarengi dengan rasa pusing yang hebat. Darah mimisan tersebut tidak bisa berhenti dalam waktu yang lumayan lama. Darah biasanya berwarna merah muda.

  • Dampak Leukimia Adalah Mudah Merasa Lelah

Sangat bisa dibedakan, untuk orang yang dalam kondisi sehat dan orang yang sudah terserang leukemia. Dalam menjalani aktivitas, tubuh orang yang mengalami leukemia akan mudah merasa lelah. Gejala ini perlu anda amati dan jangan dianggap biasa.

  • Berat Badan Menurun Drastis Adalah Gejala Leukimia

Jika anda sudah terserang penyakit leukemia biasanya anda tidak napsu untuk makan. Hal ini menyebabkan berat badan anda akan turun dan menyusut secara drastis tanpa sebab dan alasan yang jelas. Anda patut waspada, bisa jadi ini adalah gejala anda sudah terkena kanker darah.

  • Darah Tidak Cepat Menggumpal Ketika Terluka

Anda juga bisa mengamati dari keadaan darah anda ketika sedang terluka. Dalam ukuran normal, ketika seseorang mengalami luka, dan keluar darah maka darah tersebut akan cepat berhenti karena menggumpal dan kemudian menjadi koreng. Namun jika darah anda keluar secara terus menerus tanpa henti, patut dipertanyakan. Bisa jadi ini adalah bahaya gejala leukemia.

  • Tubuh Akan Rentan Terserang Penyakit

Untuk anda yang terserang leukemia, mungkin kondisi tubuh anda akan menjadi semakin lemah. Sehingga tubuh akan rentan dan mudah terserang penyakit. Ini diakibatkan karena jumlah sel darah putih yang berlebihan didalam tubuh tidak mampu melindungi tubuh dari sejumlah serangan virus yang terjadi.

  • Muncul Gejala Sakit Pada Bagian Perut

Ini merupakan gejala penyakit leukemia stadium 4 yang dengan catatan sudah sangat sulit untuk disembuhkan. Gejala ini menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa pada perut, dan terjadi dikarenakan kanker sel darah putih sudah menyebar ke organ dalam perut seperti pada empedu, hati dan ginjal.

  • Mengeluarkan Keringat Yang berlebih Pada Malam Hari

Jika anda mengalami gejala ini, sebaiknya anda patut waspada. Bisa jadi anda terserang leukemia. Karena berkeringat dimalam hari adalah hal yang sangat tidak wajar padahal anda tidak melakukan aktivitas yang berat.

  • Tubuh Akan Kehilangan Keseimbangan

Salah satu tanda, anda sudah terjangkit kanker darah adalah anda akan mudah jatuh pada saat berdiri, berjalan maupun berlari. Ini diakibatkan karena kanker sel darah putih tersebut akan membuat anda kehilangan fokus, sehingga tidak bisa menjaga keseimbangan pada tubuh.

  • Akan Mengalami Sesak Napas

Adanya gangguan pada pernafasan ini menjadi tanda bahwa kanker darah tersebut sudah mulai menyebar keseluruh tubuh termasuk ke organ pernafasan. Dan sesak napas ini akan berlangsung dalam intensitas yang cukup sering. Maka apabila anda mengalami hal ini, bisa jadi anda sudah terserang leukemia stadium akhir.

Baca: Pilihan Obat Asma (Sesak Nafas) dan Batuk yang Ampuh dan Efektif

  • Gejala Nyeri Pada Persendian Dan Tulang Belakang

Jika anda mengalami hal ini, maka bisa jadi anda sudah terserang leukemia. Pasalnya kanker darah akan menyerang terutama ke daerah sumsum tulang belakang. Jadi pada bagian tersebut dan beberapa bagian persendian lainnya akan mengalami nyeri .

  • Terjadi Pendarahan Pada Gigi Dan Gusi

Pendarahan pada gigi dan gusi untuk orang yang normal dan sehat biasanya diakibatkan karena kekurangan vitamin c atau terkena benda tajam lainnya yang masuk ke mulut. Namun jika anda mengalami pendarahan pada gigi dan gusi secara tiba-tiba dengan alasan yang tidak jelas, serta berlangsung dengan intensitas yang cukup sering, bisa saja anda sudah terserang penyakit leukemia.

  • Demam, Serta Sakit Kepala Merupakan Gejala Awal Leukimia

Untuk anda yang mengalami demam kemudian menggigil serta dibarengi dengan rasa sakit pada kepala, itu merupakan salah satu tanda bahwa bisa jadi anda terserang leukemia.

  • Munculnya Bintik Merah Pada Kulit

Gejala ini biasa disebut dengan istilah petechiae, yang berarti muncul seperti bintik merah kecil di sekitar kulit. Dan biasanya semakin hari, bintik merah ini semakin banyak. Anda bisa langsung saja periksakan ke dokter, agar nantinya tidak terlambat menerima penanganan utama dari dokter.

Awasi dan pahami tentang bahaya gejala leukemia yang mungkin saja bisa terjadi pada anda. Jika sudah ditemukan gejala tersebut pada anda, maka langsung segera periksakan ke dokter, sebelum terlambat dan menyebabkan kematian.

Baca: Bedak Bayi Johnson & Johnson Sebabkan Kanker, Ini Tanggapan BPOM

ARTIKEL TERKAIT