Olahraga Kardio: 15 Macam Gerakan Paling Efektif, Manfaat dan Fungsinya

954
Olahraga Kardio - 15 Macam Gerakan Paling Efektif Manfaat dan Fungsinya
Olahraga Kardio - 15 Macam Gerakan Paling Efektif Manfaat dan Fungsinya

Bidhuan.id – Olahraga kardio adalah jenis olahraga yang berfokus pada jantung. Untuk jenis-jenis olahraga kardio pun ada beberapa macam, dan semuanya sangat bermanfaat untuk menyehatkan serta menguatkan otot-otot, sehingga kesehatan jantungpun jadi terjaga. Sebenarnya apapun jenis olahraga, fungsinya pun sama, untuk membuat tubuh semakin sehat dan terhindar dari serangan berbagai penyakit.

Selain itu ada yang memanfaatkan latihan kardio untuk membakar lemak, karena memang ada beberapa gerakan dari olahraga ini yang membuat beberapa bagian tubuh menjadi kecil dam ramping. Cocok untuk orang yang sedang dalam proses memperkecil badan. Simak uraian dibawah.

15 Macam Gerakan Olahraga Kardio

  • Gerakan Arm Circle Untuk Latihan Awal Olahraga Kardio

Lakukan gerakan arm circle atau gerakan memutarkan lengan tangan sebagai pemanasan. Gerakan ini cukup mudah dilakukan, caranya anda bentangkan tangan ke samping kanan dan kiri, kemudia putar lengan anda seperti gerakan kicir angin. Gerakan yang satu ini bisa berfungsi untuk menghilangkan lemak yang bergelambir di lengan anda.

  • Lakukan Lompatan Sedang Sebagai Pemanasan Kardio

Setelah gerakan pertama tadi, anda perlu melakukan pemanasan selanjutnya dengan melakukan lompatan sedang. Caranya, anda lakukan lompatan kecil dulu selama beberapa menit, dan tambah kecepatan nya seiring berjalannya waktu dan sesuai denga kemampuan fisik anda. Gerakan ini bisa membakar lemak dalam tubuh secara efektif.

  • Gerakan Toe Touch Jack Untuk Untuk Mengecilkan Paha

Olahraga kardio untuk mengecilkan paha dan betis yaitu gerakan toe touch jack atau bisa disebut dengan gerakan menyentuh ibu jari pada kaki. Caranya, bentangkan kaki anda secukupnya, tangan acungkan ke atas. Mulailah dengan tangan anda menyentuh ibu jari kaki dengan gerakan menyilang dan lakukan sambil melompat kecil. Misalnya tangan kanan menyentuk ibu jari kaki kiri, dan begitu seterusnya.

  • Olahraga Kardio Dengan Gerakan High Knee Skip

Gerakan melompat sambil menarik lutut atau bisa anda sebut sebagai gerakan high knee skip ini bisa berfungsi untuk mengecilkan lemak serta menambah kekuatan pada paha dan betis. Caranya, sama seperti ketika anda melakukan gerakan lari, tetapi dilakukan ditempat, dan angkat paha dan lututmu setinggi mungkin.

  • Squat Punches Salah Satu Gerakan Olahraga Kardio

Caranya, bentangkan kaki anda selebar bahu, lalu turunkan badanmu hingga seperti setengah jongkok. Lakukan gerakan meninju silang, sambil menaikkan badanmu kembali keatas. Ulangi terus secara bergantian (tangan kanan kiri) persis seperti gerakan tinju, lakukan selama beberapa menit. Bisa melatih ketangkasan diri.

  • Lompat Tali Jenis Olahraga Kardio

Untuk lebih simple, anda bisa lakukan hanya dengan lompat tali saja. Gerakan lompatan ini juga sangat berpengaruh untuk memompa jantung supaya lebih sehat. Melakukan lompat tali selama 30 menit, itu sama saja membakar lemak sebanyak 330 kalori.

  • Olahraga Kardio dengan Renang

Lakukan olahraga kardio renang ini secara rutin minimal satu minggu 2 kali. Gerakan dalam renang ini juga bisa mengecilkan beberapa bagian tubuh anda, serta bisa membakr kalori sampai 297 kalori.

  • Gerakan Pillow Plank Jumps Untuk Olahraga Kardio

Caranya, letakkan bantal di lantai, dan posisikan kedua tanganmu pada bantal dengan kaki yang menjulur kebelakang membentuk planking. Selanjutnya angkat kaki anda, dan tarik lutut hingga menekuk dan menyentuh bagian perut, dengan menyilangkan lutut. Misalnya dorong lutut kanan menekuk ke arah kaki kiri. Lakukan gerakan ini secara bergantian selama beberapa menit. Bisa untuk mengecilkan perut dan paha.

  • Olahraga Kardio Bersepeda

Gerakan mengayuh sepeda juga bisa mempompa jantung supaya lebih sehat, dan melakukan olahraga bersepeda diluar ruangan selama 30 menit bisa membakar kalori sebanyak 270, dan bisa membuat anda lebih rileks.

  • Lakukan Olahraga Gerakan Cross Punch

Lakukan gerakan tinju silang ini dengan membuka lebar kedua kaki selebar bahu, jongkok sedikit, dan mulailah mengempaskan tangan seperti meninju silang ke arah bawah. Ulangi gerakan tersebut dengan menghempaskan tinju kea rah atas. Lakukan gerakan ini secara bergantikan tangan kanan kiri, dan ke atas bawah. Bisa memperindah tubuh bagian atas.

Baca: Cara Sedot Lemak – Manfaat, Prosedur, Efek Samping dan Bahayanya

  • Olahraga Zumba

Tarian zumba yang saat ini sedang trend juga termasuk dalam olahraga kardio. Pasalnya melakukan gerakan zumba dalam 30 menit, bisa membakar lemak hingga 300 kalori. Dan pastinya bagus untuk kesehatan jantung, dan bisa menghilangkan strees.

  • Melakukan Gerakan Jalan Cepat Untuk Olahraga

Jika anda malas melakukan beberapa gerakan dan jenis olahraga kardio diatas, namun anda ingin membuat jantung anda menjadi sehat? Cukup berjalan saja dengan ritme yang cepat, selama 30 menit. Bisa bakar 122 kalori.

  • Olahraga Kardio Berlari

Berlari ternyata juga bisa dijadikan untuk olahraga kardio. Pasalnya jantung juga bisa terpompa dan membuat lebih sehat hanya dengan berlari. Lari selama 10 menit bisa bakar 100 kalori.

  • Gerakan Squad Tap Untuk Olahraga

Gerakan squad tap ini adalah gerakan berdiri dan jongkok namun sambil menyentuh dasar lantai pada saat jongkok. Melakukan gerakan simple ini secara rutin, maka bisa mengecilkan perut dan paha.

  • Olahraga KickBoxing

Jenis olahraga yang satu ini juga bisa dikelompokkan kedalam latihan kardio untuk menurunkan berat badan. Melakukan kickboxing selama 30 menit, bisa membakar 298 kalori.

Nah beberapa jenis olahraga kardio diatas, mudah-mudahan bisa menjadi referensi gerakan olahraga untuk anda. Semoga bermanfaat.

Baca: Tensi Normal (Tekanan Darah) Berdasarkan Usia Anak & Dewasa

ARTIKEL TERKAIT