Kuping Berdenging, Ini 20 Faktor Penyebab dan Artinya

1211
Kuping Berdenging - Ini 20 Faktor Penyebab dan Artinya
Kuping Berdenging - Ini 20 Faktor Penyebab dan Artinya

Bidhuan.id – Kuping berdenging bisa menyerang siapa saja, tanpa mengenal umur dan jenis kelamin. Mungkin hal ini biasa dan umum terjadi, namun apabila kuping berdenging artinya ada sesuatu yang terjadi di dalam telinga yang tidak anda ketahui. Gejala kuping berdenging terus-menerus bisa menganggu aktivitas dan mengusik ketentraman istirahat anda. Ingin tahu apa saja penyebab telinga berdenging? Simak ulasannya di bawah ini.

20 Penyebab Kuping Berdenging

Gejala kuping yang berdenging yang berkepanjangan ini biasa disebut dengan tinnitus . Anda bisa atasi dengan menggunakan obat tetes telinga berdengung yang mudah anda temukan di apotik. Kenali beberapa penyebab yang bisa membuat kuping anda berdenging terus-menerus dalam uraian dibawah.

  • Mendengar Suara Keras adalah Efek Kuping Berdenging

Untuk anda yang bekerja di tempat yang full music, atau mengharuskan anda mendengarkan suara keras dalam seharian, bisa jadi nantinya anda akan mengalami kuping yang berdenging yang berkepanjangan. Ini diakibatkan karena adanya kerusakan permanen pada sel klokea yang merupakan salah satu bagian telinga dalam.

  • Telinga kiri berdenging terus-menerus Karena Infeksi Saluran Telinga

Apabila telinga kiri berdenging terus-menerus maka bisa jadi adanya infeksi saluran telinga di bagian dalam yang tidak anda ketahui. Infeksi ini bisa disebut dengan penyumbatan, sehingga fungsi saluran telinga tidak bekerja maksimal sehingga menghasilkan bunyi seperti berdenging didalam telinga.

  • Penyebab Faktor Usia

Untuk anda baik laki-laki ataupun perempuan yang tiba-tiba merasakan kuping seperti berdenging, dan usia anda sudah mencapai usia 60 tahun, maka hal itu bisa dikatakan wajar. Karena seiring bertambahnya usia, maka ada penurunan pada daya pendengaran yang dialami.

  • Kuping Berdenging Akibat Cedera

Kecelakaan yang mengakibatkan cedera pada daerah sekitar telinga atau kepala, juga bisa mengakibatkan kuping serasa berdenging, dan merusak kinerja pendengaran untuk sementara waktu.

  • Karena Tekanan Darah Tinggi

Pada saat kondisi tubuh sedang dalam tekanan darah yang tinggi, maka hal itu juga bisa mengakibatkan telinga anda berdenging secara teus-menerus. Namun bunyi denging tersebut akan hilang dengan sendirinya.

  • Insomnia Menyebabkan Tinnitus Semakin Parah

Jaga pola tidur anda, jangan sampai mengalami insomnia jika tidak ingin suara berdenging tersebut tidak bertambah parah.

  • Akibat Efek Samping Penggunaan Obat

Terkadang ada beberapa obat seperti antibiotic, aspirin dan jenis obat lainnya yang memiliki efek samping menyebabkan pasien mengalami gangguan pendengaran. Telinga berdengung normal dan hanya terjadi sementara waktu jika diakibatkan karena mengonsumsi obat.

  • Vertigo Juga Bisa Menjadi Penyebab Bunyi Denging Di Kuping

Vertigo atau sakit kepala sebelah ini ternyata juga bisa memicu telinga berdenging secara terus-menerus. Apabila vertigo ini tidak segera diatasi, maka pasien bisa mengalami tuli yang permanen

  • Pasca Menjalani Operasi Disekitar Leher Atau Kepala

Jika anda telah melakukan beberapa operasi didaerah leher seperti operasi tonsil atau operasi di bagian kepala, kemungkinan besar anda mengalami gangguan pendengaran seperti kuping yang berdering bahkan akan terjadi tuli untuk sementara waktu.

  • Anda Terserang Penyakit Lyme

Penyakit lyme disebabkan karena adanya infeksi akibat gigitan kutu, dan membuat kuping anda berdering serta merasa tidak nyaman. Periksakan ke dokter atau anda bisa mengobati telinga berdengung secara alami.

  • Akibat Telinga Kotor

Terjadi penumpukan kotoran pada telinga juga bisa menyebabkan kuping anda berdenging secara tiba-tiba. Tidak hanya itu, kotoran telinga tersebut bisa membuat kuping anda menjadi gatal dan tidak enak.

  • Kuping Berdenging Akibat Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah keadaan dimana adanya penumpukan kolesterol dalam tubuh dan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Pada keadaan seperti ini, pembuluh darah kehilangan elastisitasnya dan menyebabkan dengingan dalam kuping.

  • Tumbuhnya Tumor Di Leher Atau Bagian kepala

Adanya tumor yang menyerang pada bagian leher atau kepala akan membuat tekanan pada pembuluh darah, sehingga mengakibatkan kuping berdenging secara terus-menerus.

  • Diabetes Menjadi Penyebab Kuping Berdenging Dan Sakit

Jika anda mengalami penyakit diabetes atau kenaikan kadar gula darah, maka hal itu juga menjadi faktor pemicu bunyi denging pada kuping atau tinnitus.

  • Mengalami Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis adalah keadaan dimana meilin atau pelindung sumsum tulang belakang dan saraf otak mengalami kerusakan, sehingga pesan akan sulit tersampaikan ke saraf seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan bunyi denging pada kuping.

Baca: 4 Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga dengan Cepat dan Aman

  • Rasa Cemas Atau Strees Memicu Denging Di Kuping

Jangan biarkan anda memikirkan hal yang berat sehingga mengalami strees. Hormone yang dikeluarkan ini memicu tinnitus atau bunyi dengin di kuping.

  • Kurangnya Asupan Zat Besi Dalam Tubuh

Apabila tubuh kekurangan zat besi, maka hal tersebut bisa mengganggu daya pendengaran dan menyebabkan kuping mendengar bunyi denging dalam beberapa saat.

  • Mengalami Gangguan Pada Sendi Rahang

TMD atau temporomandibular disorder atau yang biasa disebut dengan gangguan sendi rahang juga memicu timbulnya bunyi denging di kuping, dikarenakan terjadi serangan saraf di saluran kuping

  • Cedera Yang Diakibatkan Pukulan

Bagian kepala sangat sensitive, apabila terjadi benturan yang diakibatkan oleh pukulan, bisa berakibat pada gangguan pendengaran atau kuping yang berdenging.

  • Menggunakan Eraphone Terlalu Lama Penyebab Kuping Berdenging

Menyetel music menggunakan earphone dengan volume lebih dari 60% juga bisa membuat kuping merasa kelelahan dan mendengar bunyi seperti denging.

Kenali beberapa penyebab kuping berdenging dengan beberapa paparan diatas. Jaga kesehatan kuping, agar tidak mengalami tuli berkepanjangan.

Baca: Gadis SMA Alami Kebutaan Karena Apoteker Berikan Obat Tetes Telinga

ARTIKEL TERKAIT