15 Penyebab Haid Tidak Lancar / Tidak Teratur Setiap Bulan

1815
15 Penyebab Haid Tidak Lancar - Tidak Teratur Setiap Bulan
15 Penyebab Haid Tidak Lancar - Tidak Teratur Setiap Bulan

Bidhuan.id – Haid tidak lancar disebabkan oleh beberapa hal tertentu yang terkadang anda tidak ketahui. Beberapa hal ini sebenarnya sepele, tapi ternyata bisa mengganggu jadwal menstruasi setiap bulannya. Lantas apa saja penyebab haid tidak teratur setiap bulan ? Dalam artikel ini akan dibahas lengkap.

Menstruasi adalah leburnya dinding rahim menjadi darah, biasanya terjadi selama 3 sampai 7 hari. Penyebab menstruasi melambat bisa terjadi karena gaya hidup anda sendiri yang salah dan tidak sehat, atau bisa juga karena ada penyakit yang bersarang di tubuh anda. Maka dari itu perbanyak asupan makan yang bergizi dan rutin olahraga supaya haid teratur serta terhindar dari haid tidak lancar setiap bulan.

Apa Saja Penyebab Haid Tidak Lancar ?

  • Menarche Penyebab Haid Tidak Lancar

Yang pertama ini mungkin dialami untuk para remaja yang baru memasuki masa menstruasi pertama kali, hal ini biasa disebut dengan menarche. Menarche terjadi karena hormone sedang mencapai titik keseimbangan untuk mengontrol menstruasi.

  • Haid Tidak Lancar Karena Obesitas

Yang kedua, adalah kelebihan berat badan. Biasanya ketika wanita mengalami lonjakan berat badan yang signifikan, ini menandakan adanya penyakit hormonal. Bahkan bisa jadi ketika darah haid keluar sedikit sekali yang terjadi pada wanita obesitas, pertanda bahwa adanya gangguan kelenjar tiroid pada wanita terebut. Maka dari itu jaga pola makan, dan kenaikan tubuh anda.

  • Penurunan Berat Badan

Apabila obesitas menjadi penyebab haid tidak lancar, maka penurunan berat badan yang drastis juga bisa menyebabkan keluar menstruasi yang tidak lancar. Gangguan pada napsu makan tersebut akan menjadi penyebab berkurangnya pertumbuhan hormone haid karena kebutuhan lemak yang tidak terpenuhi.

  • Perimenopouse Periode Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Perimenopause adalah fase dimana wanita akan memasuki masa menopause (tidak mengalami haid lagi). Pada fase ini, menstruasi akan menjadi tidak lancar, dan biasanya dialami oleh wanita yang sudah memasuki usia 40 ke atas.

  • Stres Menjadi Faktor Haid Tidak Lancar

Hormone stress yang diproduksi tubuh ketika anda memikirkan banyak masalah yang membuat anda menjadi gelisah, bisa memicu hormone menstruasi. Alhasil haid keluar tidak teratur, dan bahkan bisa keluar pada saat belum fase nya.

  • Hamil Menyebabkan Haid Telat

Apabila anda mengalami haid tidak teratur setelah menikah , sebaiknya langsung saja tes menggunakan alat untuk mengetahui kehamilan atau tespack. Anda bisa langsung beli saja di apotik, karena bisa jadi penyebab telat haid itu karena faktor hamil.

Baca: 6 Harga Tespek Penguji Kehamilan (Digital dan Manual)

  • Melakukan Aktivitas Yang Berlebihan

Ketika anda melakukan aktivitas yang berat dan berlebihan dalam beberapa hari, ini akan mengganggu kelenjar hipotalamus dan berpengaruh juga ke hormone menstruasi. Pada akhirnya menstruasi menjadi tidak lancar dan tidak teratur.

  • Menstruasi Tidak Lancar Karena Kegagalan Ovarium Prematur

Ada beberapa wanita yang ditakdirkan untuk menjalani operasi bedah kemoterapi atau terapi radiasi. Apabila dengan semenjak menjalami kemoterapi tersebut menstruasi anda berhenti padahal usia masih dibawah 40 tahun, maka dipastikan anda sudah mengalami kegagalan ovarium.

  • Haid Tidak Lancar Tanda Munculnya Penyakit Atau Jamur

Ada beberapa yang bertanya kenapa darah haid berwarna coklat dan sedikit ? Gejala ini perlu dicari penyebabnya, karena bisa jadi hal tersebut terjadi karena munculnya jamur atau penyakit pada sekitar kelamin atau rahim.

  • Menstruasi Tidak Teratur Penyebab Gangguan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid ini sangat bermanfaat untuk mengatur metabolisme tubuh, apabila terjadi gangguan pada kelenjar tiroid ini maka bisa berpengaruh juga terhadap hormone menstruasi. Pada akhirnya nanti menstruasi menjadi tidak teratur.

  • Terjadi Gangguan Pada Organ Kandungan

Polip atau myoma uteri merupakan kelainan atau penyakit pada organ kandungan. Hal itu bisa menjadi faktor mengapa anda mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar. Apabila dibiarkan dan tidak diperiksakan ke dokter, maka bisa terjadi implikasi.

  • Penggunaan Kontrasepsi Hormonal Faktor Haid Keluar Sedikit

Jangan heran apabila anda sedang mengonsumsi pil KB, misalnya seperti Pil KB Andalan, Trinordiol-28, Yasmin dan Diane 35 atau suntik KB maupun KB hormonal, dan haid anda menjadi keluar sedikit dan tidak beraturan. Hal ini dikarenakan penggunaan kontrasepsi hormonal yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi.

  • Hormon Yang Tidak Seimbang

Bagaimana hormone yang tidak seimbang ? Hal itu terjadi apabila indung telur, kelenjar tiroid, kelenjar di otak dan otak tidak bekerja sama dengan baik. Biasanya hal ini terjadi karena anda kurang istirahat

  • Sedang Dalam Masa ASI Eksklusif Menyebabkan Menstruasi Tidak Teratur

Apabila anda sedang dalam masa memberikan asi eksklusif pada si kecil dan mengalami menstruasi yang tidak beraturan, maka hal itulah yang menjadi penyebab haid tidak teratur setiap bulan. Hal ini masih tergolong normal dalam dunia medis.

  • Pola Hidup Yang Tidak Sehat Penyebab Siklus Haid Tidak Beraturan

Apabila anda mengalami telat haid, atau haid yang keluar sedikit-sedikit dan tidak beraturan, bisa jadi karena anda mengusung pola hidup yang tidak sehat. Mulailah rajibolah raga minimal satu minggu sekali

Mungkin bisa anda amati sendiri penyebab haid tidak lancar diatas sebagai bahan perbandingan dan pertimbangan. Apabila mengalami sebab yang tidak wajar karena penyakit, maka segeralah periksakan ke dokter.

Baca: 15 Cara Memperlancar Haid Datang Bulan atau Menstruasi yang Telat / Terlambat

ARTIKEL TERKAIT