15 Ciri-Ciri Paru-Paru Basah yang Berbahaya pada Anak dan Dewasa serta Gejalanya

1638
15 Ciri-Ciri Paru-Paru Basah yang Berbahaya pada Anak dan Dewasa serta Gejalanya
15 Ciri-Ciri Paru-Paru Basah yang Berbahaya pada Anak dan Dewasa serta Gejalanya

Bidhuan.id – Ciri-ciri paru-paru basah memang sangat beragam. Penyakit paru-paru basah ini merupakan penyakit yang menyerang organ yang bernama alveolus pada paru-paru anda. Ketika terjangkit paru-paru basah maka akan terjadi peradangan pada alveolus , sehingga alveoulus akan dipenuhi dengan cairan. Agar anda dapat mengetahui lebih dini tentang apa saja ciri-ciri paru-paru basah pada anak dan dewasa, anda bisa menyimak ulasan yang akan diberikan pada artikel kali ini yang akan membahas tentang 15 ciri-ciri menderita paru-paru basah yang berbahaya dan dapat menginfeksi manusia.

15 Ciri Paru-Paru Basah Pada Anak dan Dewasa

Jadi apa sajakah yang merupakan ciri-ciri paru-paru basah yang perlu anda ketahui ? Gejala paru-paru basah yang biasanya muncul apa saja?

Berikut inilah gejala dan ciri tentang paru-paru basah, yang diantaranya adalah :

  • Batuk Berdahak bahkan Berdarah bisa jadi Ciri Penyakit paru-paru basah

Batuk seringkali disepelekan sebagai penyakit biasa. Bila dalam pengobatannya anda tak kunjung sembuh, bisa jadi ini tanda jika anda terkena penyakit paru-paru basah. Apalagi jika batuk yang anda alami sampai terdapat darah, kemungkinan bahwa anda sudah dalam kondisi yang parah.

  • Muncul Keringat Dingin pada Penderita Paru-Paru Basah

Muncul keringat dingin seringkali di telapak tangan dan kaki, keringat dingin merupakan gejala yang sering ditemui. Keringat dingin terjadi karena adanya ketidaklancaran oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

  • Munculnya gejala paru-paru basah Sakit Kepala

Dalam gejala ini, Bila anda merasakan sakit kepala ringan berarti disebabkan pasokan oksigen ke orang mengalami kekurangan. Sakit kepala selalu menjadi tanda bahwa anda betul-betul mengalami gangguan kesehatan yang perlu dicek lebih lanjut. Bahkan tidak terkecuali untuk gejala paru-paru basah.

  • Ciri-ciri penyakit paru-paru basah yang sering disepelekan salah satunya Mudah Lelah

Ciri-ciri penyakit paru-paru basah berupa mudah lelah yaitu bukan lelah biasa. Akan tetapi rasa lelah yang terus-menerus walaupun anda tidak begitu banyak aktifitas. Lelah yang tak kunjung hilang diakibatkan penurunan oksigen ke seluruh tubuh.

  • Kurangnya Nafsu Makan

Nafsu makan memang seringkali naik turun, tetapi jangan anggap sebagai siklus saja jika kurangnya nafsu makan menyebabkan berat badan anda turun drastis. Hal ini bisa menandakan bahwa terdapat indeksi dibagian paru-paru anda.

  • Sesak Napas jadi Ciri Menderita Paru-paru basah

Napas yang pendek serta terengah-engah walau anda sedang istirahat, menjadi salah satu ciri-ciri menderita paru-paru basah. Hal ini disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh anda sehingga sulit bernafas.

  • Rasa Sakit di Bagian Dada merupakan salah satu Gejala Penyakit Paru-paru Basah

Sakit pada bagian dada bisa jadi karena virus atau bakteri yang menyebabkan pembengkakan. Jika dipegang ataupun tidak, sakit ini tetap terasa berarti karena memang terjadi pembengkakan paru-paru yang bersentuhan dengan tulang dada.

  • Detak Jantung Cepat

Jantung dan paru-paru saling berhubungan dengan erat. Bila terjadi gangguan paru-paru maka jantung pun juga kinerjanya terganggu. Cirinya yaitu detak jantung menjadi lebih cepat dan bisa menjadi semakin parah kalau anda menderita tekanan darah tinggi pula. Oleh karena itu jika anda merasakan sesuatu yang tidak enak terutama pada bagian jantung anda, segera konsultasikan ke dokter.

  • Rasa Nyeri di Bagian Persendian

Ciri selanjutnya yaitu anda merasakan nyeri dibagian persendian. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah tidak bekerja dengan optimal. Oleh karena itu, setiap organ tubuh yang membutuhkan peredaran oksigen tetapi terganggu, maka akan merasakan sakit.

  • Mual beserta Muntah jadi Gejala Paru-paru Basah

Ciri/Gejala dari penyakit paru-paru basah yang selanjutnya adalah mual dan juga muntah. Mual dan muntah disebabkan karena gangguan pada perut sehingga anda merasa mual kemudian muntah dalam rentang waktu yang relatif sering.

Baca: 4 Gejala dan Tanda Keracunan Makanan yang Wajib Diwaspadai

  • Bibir dan Kuku Pucat

Ciri menderita paru-paru basah terlihat dari warna bibir dan kuku yang kebiruan atau sekedar pucat saja. Hal ini menjadi salah satu pertanda yang efektif memastikan terkena paru-paru basah atau tidak.

  • Radang Tenggorokan

Laryngitis  atau peradangan di tenggorokan disebabkan karena paru-paru basah. Apalagi jika suara anda menjadi serak dan banyak lendir, itu menjadi salah satu ciri anda menderita paru-paru basah.

  • Gemetar

Apabila anda gemetar tanpa pemicu yang jelas, ini adalah ciri penyakit paru-paru basah. Biasanya gemetar ini tidak kunjung berhenti pada penderita paru-paru basah.

  • Demam

Demam merupakan respon dari tubuh karena adanya kekeliruan didalam tubuh terutama paru-paru. Demam yang dialami tidak begitu tinggi tapi sudah mengganggu aktifitas. Demam tidak dirasakan secara terus-menerus, melainkan secara berkala.

  • Gelisah

Ciri penyakit paru-paru basah biasanya juga menimbulkan rasa cemas atau gelisah pada penderitanya. Gelisah ini berupa tidur yang kurang nyenyak. Bila menimpa anak-anak ataupun bayi, maka ia akan menangis terus serta napasnya tersengal-sengal. Jika hal ini sudah sangat sering dialami, maka anda perlu membawa anda ataupun anak anda ke dokter kepercayaan anda sebelum penyakitnya bisa bertambah parah.

Sudah lebih paham bukan tentang ciri-ciri paru-paru basah yang dapat menyerang anda dan keluarga anda ? Penyakit ini memang sekilas terlihat remeh dan juga tidak berbahaya karena efeknya tidak langsung terlihat. Namun jangan salah, jika anda sudah terinfeksi dalam jangka waktu yang lama, penyakit paru-paru basah ini dapat mengambil nyawa anda. Jadi jika anda merasakan ciri diatas, lebih baik konsultasikan dengan dokter kepercayaan anda.

Baca: Kisah tragis ibu muda di Inggris yang meninggal sebelum tranplantasi paru-paru

ARTIKEL TERKAIT