12 Penyebab Telat Datang Bulan (Haid) Wanita dan Cara Mengatasi

0
300
12 Penyebab Telat Datang Bulan (Haid) Wanita dan Cara Mengatasi
12 Penyebab Telat Datang Bulan (Haid) Wanita dan Cara Mengatasi

Bidhuan.id – Penyebab telat datang bulan itu ada dari berbagai faktor. Ada pengaruh dari luar dan bakan dari dalam diri anda sendiri. Untuk para wanita di harapkan untuk terus memantau siklus haid anda, karena sangat penting untuk kesehatan anda juga. Penting diketahui bawasannya tidak setiap penyebab datang bulan telat wanita merupakan tanda tanda bahwa anda hamil. Lalu apa saja penyebab telat haid sebulan? Bagaimana cara mengatasi telat haid? Simak beberapa uraian dibawah ini.

Efek Penyebab Telat Datang Bulan (Haid) dan Solusinya

Tak perlu merasa panik terlebih dahulu apabila anda mendapati telat haid/datang bulan yang telat dalam beberapa hari bahkan minggu. Kenali gejala dan ciri ciri nya. Yang pasti anda harus terus menjaga kesehatan anda, karena itu juga akan mempengaruhi hormon anda.

Berikut penyebab telat datang bulan pada remaja yang perlu anda pahami.

  • Penyebab telat ketika datang bulan karena Penurunan Berat Badan

Penyebab telat ketika datang bulan yang kerap kali dialami para wanita yang mengalami gangguan pada makan seperti bulimia dan anoreksia ini akan menyebabkan berat badan anda akan sedikit menurun. Alhasil tubuh anda akan kekurangan gizi dan menjadi penyebab turunnya hormon eksterogen anda. Apabila hormone eksterogen menurun maka frekuensi ovulasi jadi terhambat, ini mengakibatkan efek telat menstruasi 1 bulan.

  • Telat Datang Bulan karena Stress

Ini merupakan peringatan penting untuk wanita. Jangan sampai anda sering memikirkan banyak masalah sehingga anda mengalami stress. Apabila anda stress, maka hipotalamus akan ikut terganggu.

Hipotalamus itu adalah kelenjar yang ada di otak yang merupakan tempat bermacam macam hormone untuk mengatur periode haid anda. Bisa anda bayangkan apabila hipotamalus terganggu maka secara otomatis siklus menstruasi anda juga akan terganggu.

  • Aktivitas yang berlebihan bisa jadi penyebab telat haid 

Penyebab sering telat datang bulan yang selanjutnya adalah anda melakukan aktivitas yang padat, misalnya olahraga yang berlebihan. Berlebihan aktivitas akan mengakibatkan kelenjar hipotalamus kelelahan. Dan hal itu bisa mempengaruhi hormon hipofisis (LS dan FSH) lepas dan memicu untuk melakukan pelepasan sel telur. Aktivitas yang berlebihan juga bisa membuat hormon esterogen anda berkurang.

  • Insomnia jadi penyebab telat datang bulan pada remaja

Bagi anda yang sering mengalami insomnia pada hampir setiap malam, ini juga dapat berakibat telat haid sebulan. Karena apabila anda tidak tidur di malam hari, organ tubuh anda tidak dapat bekerja secara sempurna. Ketika anda tidak tidur semalaman juga pasti anda akan merasa lelah, dan kelelahan ini juga bisa memicu telatnya menstruasi anda.

Baca: Terlalu Sering Tidur jadi Tanda Timbulnya Masalah Mental

  • Gangguan Pada Kelenjar tiroid

Ternyata ada hubungannya antara kelenjar tidroid dengan datang bulan yang anda alami setiap bulannya. Kelenjar tiroid merupakan penyeimbang metabolisme di dalam tubuh anda. Apabila kelenjar tiroid anda terganggu, maka siklus menstruasi anda juga bisa jadi akan telat atau mundur beberapa hari. Maka dari itu anda juga harus menjaga kelenjar tiroid anda agar tetap sehat.

  • Sakit Kronis

Jika anda mengalami sakit kronis dalam waktu yang lama itu juga bisa menjadi penyebab telat datang bulan selama 2 bulan. Contoh sakit kronis yang bisa mempengaruhi siklus anda misalnya diabetes. Penyakit tersebut erat hubungannya dengan perubahan hormon. Namun biasanya setelah sembuh, anda akan mengalami menstruasi secara teratur lagi.

  • Mengonsumsi obat

Ketika anda sedang dalam kondisi mengonsumsi obat obatan resep dokter untuk mengobati sakit anda, biasanya haid anda juga akan terlambat. Karena obat-obat seperti obat antidepresan, obat sakit gigi, obat alergi, obat antipsokotik ini merupakan obat yang memiliki efek samping yang berkaitan dengan haid anda. Tapi biasanya ketika anda telah berhenti konsumsi obat-obat tersebut, maka haid akan lancar lagi.

  • Telat Haid Karena Penggunaan Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi seperti pil kb, suntik KB maupun IUD dapat menjadi penyebab telat haid juga. Pasalnya alat kontrasepsi ini mengandung hormone progestin dan esterogen yang memicu pencegahan pelepasan sel telur dari indung telur. Hal inilah mengapa bahwa penggunaan kontrasepsi harus diawasi oleh dokter.  

Baca: Pil KB Trinordiol-28 – Obat Kontrasepsi Oral untuk Mencegah Kehamilan

  • Ubah Gaya Hidup sebagai cara mengatasi telat haid

Tak perlu anda merasa khawatir dan membeli obat memperlacar menstruasi sebagai cara mengatasi telat haid yang anda alami. Sebaiknya anda lihat dulu bagaimana pola hidup anda. Sering mengonsumsi minuman keras dan merokok juga dapat menjadi penghalang menstruasi.

  • Telat Haid Karena Kegemukan

Untuk anda yang mengalami kegemukan akan mengakibatkan anda sering telat haid. Kegemukan menyebabkan bertambahnya hormone esterogen dan membuat tebal dinding rahim bahkan berhenti untuk berovulasi.

  • Usia Diatas 40 tahun

Untuk para wanita yang sudah mencapai umur 40 tahun dan sering telat haid, bisa jadi itu adalah ciri ciri anda mengalami menopause dini. Pada masa ini anda akan jarang haid karena telah berkurangnya pasokan telur atau bahkan telah berakhir.

  • Penyebab datang bulan telat karena Hamil

Untuk yang terakhir bisa jadi penyebab anda telat haid adalah anda positif hamil. Coba anda periksakan langsung ke dokter karena ini merupakan kabar gembira untuk anda dan suami.

Sebaiknya memang anda lebih memperhatikan sebenarnya apa penyebab telat datang bulan yang mungkin kerap kali anda alami. Uraian diatas akan sedikit membantu anda dalam memecahkan beberapa tanda tanya didalam pikiran anda.



Baca: Efek Samping Kiranti Bisa Menggugurkan Kandungan dengan Cepat? HOAX/FAKTA