25 Ciri-ciri Gejala Demam Berdarah: Fase Awal, Tanda-tanda yang Muncul pada Penderita

1414
25 Ciri-ciri Gejala Demam Berdarah - Fase Awal Tanda-tanda yang Muncul pada Penderita
25 Ciri-ciri Gejala Demam Berdarah - Fase Awal Tanda-tanda yang Muncul pada Penderita

Bidhuan.id – Ciri ciri demam berdarah itu tidak cukup jika hanya diketahui, anda juga harus memahami gejalanya. Ciri ciri demam berdarah adalah gejala awal yang dialami pada seseorang setelah terkena gigitan nyamuk aedes aegypti yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit demam berdarah. Lalu apa saja gejala awal demam berdarah ?

Ciri Ciri Demam Berdarah Yang Perlu Anda Waspadai

Ada beberapa hal yang bisa anda cegah agar tidak terkena penyakit demam berdarah, salah satunya yaitu mengetahui gejala awalnya. Berikut akan dibahas secara lengkap mengenai ciri ciri demam berdarah. Baik itu ciri Deman Berdarah pada orang dewasa maupun anak-anak :

  • Demam yang tinggi (fase demam berdarah pertama)

Demam yang tinggi adalah fase demam berdarah yang pertama. Panas yang dialami bisa mencapai 400C.

  • Bintik merah setelah demam

Gelaja bintik merah setelah demam ini muncul di diseluruh tubuh anda yang disertai dengan demam yang tinggi.

  • Sakit Kepala Parah

Penderita juga pasti akan merasakan sakit kepala parah terutama di bagian dahi. Sakit kepala ini biasanya disertai dengan batuk pada penderita yang mengakibatkan tenggorokan yang sakit. Penderita juga akan merasakan nyeri dibagian bola mata dan sekitar pergerakan mata.

  • Nyeri Sekujur Tubuh

Ciri ciri penderita demam berdarah yang selanjutnya yaitu akan merasakan nyeri pada sekujur tubuh. Nyeri tersebut biasa nya disekitar otot atau tulang tulang.

  • Mual dan Mutah

Gejala ini yang membuat penderita akan semakin lemas karena tidak adanya asupan makan yang dicerna oleh tubuh. Dan untuk intensitasnya, mual dan mutah ini akan dialami cukup sering pada penderita demam berdarah.

  • Napsu Makan Menurun

Efek mual dan mutah tadi diatas, akan berdampak pada gejala demam berdarah lainnya yaitu napsu makan akan menurun. Gejala tersebut akan berlangsung berangsur angsur.

  • Ciri ciri gejala demam berdarah : kering di Bagian Mulut

ciri ciri gejala demam berdarah yang selanjutnya ada kering pada bagian mulut. Gejala ini disebabkan karena kurang nya asupan air yang masuk kedalam tubuh karena hilangnya napsu makan dan mual mutah yang dialami penderita. Penderita mengalami dehidrasi.

  • Pendarahan Dari Hidung

Pendarahan yang keluar dari hidung atau biasa disebut dengan mimisan ini merupakan gejala demam berdarah yang selanjutnya. Pendarahan ini terjadi karena adanya pembuluh darah yang pecah, sehingga menyebabkan terjadinya pendarahan. Pendarahan ini tidak hanya terjadi pada hidung tetapi juga pada gusi dan mulut.

  • Trombosit Menurun

Untuk anda yang telah positive terkena demam berdarah, trombosit anda akan jauh menurun sampai 100.000 mm3. Untuk ukuran normal, trombosit pada seseorang itu antara 200.000 mm3 sampai 300.000 mm3.

Baca: Normal Trombosit Serta Cara Menaikan Trombosit Turun?

  • Nyeri Dibagian Uluh Hati

Gejala demam berdarah pada orang dewasa juga akan mengalami sakit dibagian uluh hati sampai ke bagiaun usus. Anda harus tanggap mengenal gejala yang satu ini dan harus dapat membedakan mana sakit biasa dan mana yang merupakan gejala DBD.

  • Fases Berwarna Gelap

Anda dapat melihat gejala DBD ini dari fasses nya saja. Warna yang gelap ini menandakan bahwa ada yang tidak beres pada pencernaan anda. Jangan anggap remeh untuk gejala yang satu ini.

  • Batuk Yang Berkepanjangan.

Anda juga akan mengalami batuk ringan tetapi dalam jangka waktu yang lama. Meskipun anda telah menanggulanginya, batuk itu akan tetap ada dalam beberapa minggu kedepan. Ini salah satu yang menandakan anda terkena cirri cirri penyakit demam berdarah.

  • Sulit Tidur

Pada malam hari atau pada waktu waktu yang lain, anda juga akan mengalami rasa gelisah yang hebat, yang akan mengakibatkan anda sulit untuk tidur.

  • Mengalami Hematemesis

Selain sakit dibagian perut, bahkan anda juga akan mengalami hematemesis, yaitu mutah yang mengeluarkan cairan darah. Tidak hanya sekali dua kali dalam seminggu, biasa nya anda akan mengalami hematemesis hampir setiap hari.

  • Nyeri Dibagian Persendian.

Anda akan merasakan nyeri dibagian tulang anda. Biasanya pada bagian sendi persendian lutut, betis, tangan dan bagian punggung. Gejala yang satu ini masuk fase demam berdarah tahap 1

  • Dehidrasi

Pada umumnya mungkin orang yang sedang tidak sehat malas untuk minum air putih, namun untuk ciri ciri demam berdarah anda akan mengalami haus yang berlebih. Jangan sampai anda menyepelekan gejala dehidrasi ini.

  • Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan dalam beberapa waktu kedepan juga akan anda alami. Tenggorokan merupakan salah satu area yang cukup sensitive mengenal adanya tanda tanda penyakit demam berdarah

  • Sesak Nafas

Sesak nafas ini disebabkan adanya pembengkakan pada pembuluh darah anda yang menyebabkan aliran darah anda tidak bekerja normal. Akibatnya anda akan merasa sesak.

  • Pusing Berlebihan bisa jadi tanda tanda penyakit demam berdarah

Pusing yang anda rasakan tidak hanya sekedar pusing, namun pusing sampai anda bisa saja mutah.

  • Merasa Lemas

Anda juga akan merasa lemas ketika sedang dalam fase demam berdarah. Kondisi tubuh anda yang tak menentu membuat anda akan merasakan lemas di sekujur tubuh. Memang sangat dianjurkan untuk istirahat total.

Ada baiknya anda mengenal ciri ciri demam berdarah yang disebabkan nyamuk aedes aegypti sebelum penderita terlanjur parah. Pelajari juga beberapa cara penanggulangannya pada artikel selanjutnya.

Baca: Obat Demam Berdarah Pertama di Dunia Temuan UNAIR Siap Diedarkan

ARTIKEL TERKAIT