Tensi Normal (Tekanan Darah) Berdasarkan Usia Anak – Dewasa

320
Tensi Normal (Tekanan Darah) Berdasarkan Usia Anak - Dewasa
Tensi Normal (Tekanan Darah) Berdasarkan Usia Anak - Dewasa

Bidhuan.id – Tensi normal seseorang menunjukan kesehatan jantung seseorang. Tensi berasal dari kata tension dalam bahasa inggris yang artinya tekanan, dalam hal ini merujuk pada tekanan darah. Tensi normal orang dewasa memiliki rata-rata 120/80 hingga 100/60 ini masih bisa dianggap normal. Apakah anda ingin mengetahui berapa tensi normal berdasarkan usia ? atau anda ingin mengetahui bagaimana cara mempertahankan tensi normal? silahkan anda simak ulasan dibawah ini.

Sebelum kalian mengatahui berapa Tensi normal berdasarkan usia, perlu diketahui bahwa selain usia, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tekanan darah seseorang.

Faktor-faktor tersebut antara lain : aktivitas harian, aktivitas dalam waktu tertentu, umur, kesehatan jantung, psikologis, lemak dalam darah dan masih banyak lagi. Seperti yang diketahui bahwa setiap waktunya tekanan darah seseorang terus berubah seiring waktu bergantung kondisi fisik orang itu.

Hipertensi dan Hipotensi

Tekanan jantung normal pada manusia yang ditunjukan oleh tekanan sistol dan diastol akan menunjukan kesehatan jantung masing-masing orang. Jika menunjukan tekanan darah normal maka kesehatan jantung baik, namun lebih baik lagi jika tekanan darah rendah yang masih normal. Namun jangan juga terlalu rendah karena berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Tekanan darah orang dewasa jika masih berada dibawah 140/90 mm/Hg maka masih masuk dalam kategori sehat, jika sudah melewati batas tersebut maka dapat dikatakan terkena hipertensi atau penyakit darah tinggi.

  • Hipotensi

Kondisi seseorang terkena hipotensi jika kalian memiliki tekanan darah dibawah 90/60 mm/Hg. Penyakit tekanan darah rendah tergolong jinak, karena jika belum merasakan gejala seperti pusing, mual, kelelahan, kehausan, penglihatan kabur, pernafasan menjadi sesak, kurang konsentrasi dan depresi kemudian sampai pingsan maka hal ini perlu perhatian khusus. Meskipun tergolong tak berbahaya, tekanan darah terlalu rendah jika dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan jantung dan otak.

Faktor Pemicu Hipotensi antara lain mengalami dehidrasi, kehamilan, anemia, menderita alergi atau infeksi parah, konsumsi alkohol berlebihan, kehilangan banyak darah, ketidakseimbangan hormon, penggunaan obat-obatan tertentu yang berpengaruh langsung terhadap otot pembuluh darah dan gangguan jantung.

  • Hipertensi

Kondisi seseorang yang memiliki tekanan darah melebihi 120/80 mm/Hg disebut dengan kondisi prehipertensi, sedangkan dikatakan hipertensi jika tekanan darah anda melebihi 140/90 mm/Hg. Kondisi hipertensi terkadang tidak disadari oleh penderitanya, karena tidak menampakan gejala awal seperti hipotensi.

Hipertensi yang tidak menjaga asupan makanan dan pola hidupnya akan berakhir mengalami stroke, dan serangan jantung yang berakibat fatal seperti kelumpuhan dan kematian. Beberapa orang yang beresiko tinggi mengidap hipertensi adalah mereka yang kelebihan berat  badan, perokok aktif, usia diatas 55 tahun, alkoholik, suka mengonsumsi makanan asin dan jarang berolahraga, terlebih lagi yang palin beresiko hipertensi adalah faktor genetik atau keturunan.

Baca: Obat Adalat – Obat Golongan Anti-Hipertensi untuk Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Batas Tensi Normal Berdasarkan Usia

Untuk mengetahui batas tensi normal yang lebih tepat berdasarkan usia, silahkan lihat daftarnya dibawah ini.

Dibawah umur 2 tahun :

  • Batas Tensi Normal < 104 / 70 mmHg
  • Kategori Hipertensi > 112 / 74 mmHg

Umur 3-5 Tahun :

  • Batas Normal < 108 / 70 mmHg
  • Kategori Hipertensi > 116 / 76 mmHg

Umur 6-9 Tahun :

  • Batas Normal < 114 / 74 mmHg
  • Kategori Hipertensi > 122/ 78 mmHg

Umur 10-12 Tahun :

  • Batas Normal < 122 / 78 mmHg
  • Kategori Hipertensi > 126/ 82 mmHg

Umur 13-15 Tahun :

  • Batas Normal < 130 / 80 mmHg
  • Kategori Hipertensi > 136/ 86 mmHg

Umur 16-20 Tahun :

  • Batas Normal < 136 / 84 mmHg
  • Kategori Hipertensi > 140 / 90 mmHg

Umur 20-45 Tahun :

  • Batas Normal < 120 – 125 / 75 – 80 mmH
  • Kategori Hipertensi > 135 / 90 mmHg

Umur 45-60 Tahun :

  • Batas Normal < 135 – 140 / 85 mmHg
  • Kategori Hipertensi > 140-160 / 90-95 mmHg

Diatas umur 65 tahun :

  • Batas Normal < 150 / 85 mmHg
  • Kategori Hipertensi > 160 / 90 mmHg

Keterangan :

< (kurang dari)

>  (lebih dari)

 

Tips Agar Tensi Nomal Tubuh Stabil

Berikut inilah adalah tips-tips yang dapat anda coba lakukan agar tensi (tekanan darah) menjadi normal.

  1. Melakukan pemeriksaan secara teratur 3 bulan sekali, untuk mencegah terjadinya akibat buruk dari tekanan darah yang tidak normal. Lakukan pengobatan jika diperlukan untuk menormalkan kembali tekanan darah.
  2. Olahraga secara teratur adalah kunci hidup sehat yang akan berpengaruh terhadap keseluruhan aspek kesehatan termasuk tekanan darah. Karena olahraga secara teratur dapat memperkuat otot jantung yang berfungsi untuk memompa darah.
  3. Menjaga Berat Badan tetap ideal adalah keharusan untuk menjaga tensi normal sesuai usia. Kelebiahan berat badan terutama banyaknya lemak di aliran darah akan menghambat kerja jantung.
  4. Menjaga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh adalah suatu keharusan untuk menjaga jantung tetap dalam kondisi normal dan sehat. Sebaiknya hindari makanan yang berlemak, berminyak, makanan asin, penyedap rasa, pewarna dan pemanis yang berlebihan. Dan sebaiknya perbanyak makan makanan mengandung kalium, Vitamin C dan B1 seperti jeruk, kentang, brokoli, kubis, pisang, bayam, tomat dan kol.
  5. Jaga Pola Hidup seperti menghindari rokok dan alkohol, karena hal ini memang sangat mempengaruhi kesehatan dan menimbulkan banyak penyakit seperti hipertensi dan resiko stroke.

Beberapa informasi tentang tensi normal yang telah di ulas dalam artikel ini semoga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah para pembaca setia tetap sehat dan normal.



Baca: Obat Amlodipine – Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan Angin Duduk