15 Cara Memperlancar Haid Datang Bulan atau Menstruasi yang Telat / Terlambat

1725
15 Cara Memperlancar Haid Datang Bulan atau Menstruasi yang Telat Terlambat
15 Cara Memperlancar Haid Datang Bulan atau Menstruasi yang Telat Terlambat

Bidhuan.id – Cara memperlancar Haid bagi para wanita yang sedang telat datang bulan, karena stres, pil KB, KB suntik ataupun karena faktor lain yang menyebabkan haid tidak terjadi pada tanggalnya memang sangat perlu untuk diketahui. Beberapa wanita yang belum menginginkan anak mungkin mulai cemas,  jika terjadi telat datang bulan karena dikhawatirkan akan terjadi kehamilan. Lalu bagaimana cara memperlancar haid datang bulan? Nah pada artikel kali ini akan dibahas Cara-cara memperlancar haid yang telat atau terlambat agar kekhawatiran terpecahkan.

15 Cara memperlancar Haid Datang Bulan secara Alami

Tidak semua permasalahan terlambat datang bulan atau haid merupakan tanda-tanda bahwa terjadi pembuahan di rahim kalian, jadi jangan terlalu panik. Sebenarnya terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hormon dalam tubuh, sehingga tidak terjadi haid secara teratur.

Nah kira-kira bagaimana yah cara memperlancar haid yang terlambat ? ini dia 15 cara alami yang dapat anda lakukan.

  • Minuman dari Daun Pepaya (minuman pelancar haid alami)

Daun Pepaya memang memiliki rasa yang pahit. Namun jangan salah, kandungan protease yang terdapat dalam daun pepaya mampu berfungsi menjadi minuman pelancar haid alami. Cara membuat minuman pelancar haid dari daun pepaya adalah dengan merebus beberapa helai daun pepaya muda yang telah dibersihkan, dengan perbandingan satu helai daun untuk satu gelas air. Setelah mendidih tambahkan asam dan garam sebagai penambah rasa.

  • Memperlancarkan haid yang sedikit dengan Mengonsumsi Beta Karoten

Beta karoten dipercaya mampu memperlancarkan haid yang sedikit maupun yang tidak teratur. Beta karoten banyak ditemukan pada buah pepaya, labu, dan wortel yang memang terbukti mampu memperlancar siklus haid.

  • Konsumsi Jamu Tradisional

Jamu tradisional  memang telah dikenal sejak dahulu kala sebagai obat mujarab untuk mengatasi permasalahan haid yang tidak teratur. Bahan jamu yang sering digunakan sebagai obat pelancar haid adalah kunyit. Sudah banyak jenis jamu berbahan dasar kunyit yang dijual dipasaran seperti halnya kunyit asam. Tak hanya dalam kemasan serbuk, dalam kemasan botol yang siap minum pun sudah banyak tersedia di toko-toko terdekat.

  • Makan Seledri Mentah

Seledri memiliki kandungan alami berupa  apiol yang berfungsi sebagai stimulus agar terjadi kontraksi pada rahim, sehingga memicu terjadinya haid atau menstruasi. Seledri ini dapat membantu anda menyelesaikan permasalahan terlambat datang bulan jika dimakan secara mentah-mentah agar kandungan apiol didalamnya tidak terdegradasi oleh panas saat diolah menjadi masakan.

  • Aspirin

Aspirin bisa digunakan sebagai obat untuk mendatangkan haid. Jika haid anda telat beberapa hari, tumbuk aspirin sebanyak 2 tablet, kemudian larutkan dalam setengah cangkir air dan tambahkan setengah sendok makan madu serta gula. Jika diminum maka haid akan segera datang.

  • Mengonsumsi Vitamin C dengan dosis tinggi

Vitamin C sangat berpengaruh terhadap produksi hormon estrogen dalam lapisan uterus. Sehingga jika vitamin c dikonsumsi dalam dosis tinggi akan mempengaruhi uterus untuk berkontraksi agar terjadi menstruasi atau haid. Sumber vitamin C dosis tinggi antara lain jus cranberry, suplemen vitamin C 3000 mg, dan teh hijau.

  • Minuman Jahe

Jahe berfungsi untuk meningkatkan denyar panas pada tubuh, sehingga sangat efektif untuk memicu terjadinya menstruasi.

  • Hangatkan bagian abdomen

Jika anda ingin agar haid datang tepat waktu, anda bisa memanaskan bagian abdomen dengan air panas untuk mengompres bagian abdomen bawah secara teratur. Atau anda juga bisa berendam di bathtube berisi air hangat selama setengah jam. Selain itu, minumlah air suam-suam kuku untuk menghangatkan tubuh agar haid cepat terjadi.

  • Olahraga Teratur dan ringan

Olahraga teratur dan ringan dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga haid pun dapan terjadi secara lancar. Namun tidak boleh berolahraga terlalu berat karena dapat menyebabkan telat datang bulan.

  • Penuhi kebutuhan Air pada Tubuh

Rehidrasi tubuh sangat penting karena 90% sel-sel tubuh adalah cairan, termasuk didalamnya sel-sel darah. Sehingga jika seseorang ingin siklus haidnya teratur, maka dia harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal 8 gelas per hari.

Baca: Kalium Diklofenak – Obat Anti Nyeri untuk Sakit Gigi hingga Kram saat Menstruasi

  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi tubuh

Kebutuhan Nutrisi tubuh jika tidak dipenuhi maka akan berdampak pada hormon estrogen. Dimana hormon tersebut berpengaruh terhadap siklus haid. Sehingga cara memperlancar haid yang paling mudah adalah dengan makan makanan bergizi.

  • Tidak boleh terlalu sibuk

Kurangnya istirahat karena teralu sibuk akan berdampak pada masa kesuburan seorang wanita. Jadi sebaiknya kurangi kesibukan yang tidak penting dan menyita waktu dan tenaga anda.

  • Minum Teh Herbal secara teratur

Teh herbal seperti halnya teh hijau dan teh perseley memiliki kandungan alami yang dapat merileksasi dinding rahim, sehingga cepat meluruhkan darah haid.

  • Konsumsi sayur Peterseli dan jahe

Sayuran Peterseli yang dikonsumsi bersama jahe mampu meningkatkan panas tubuh sehingga mempercepat peluruhan darah haid dan siklus haid pun jadi teratur. Haid sedikit dan lama tidak akan terjadi lagi.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis dipercaya dapat melancarkan haid yang terlambat. Kandungan alami dalam buah ini sangat berguna bagi tubuh. Caranya adalah dengan memeras jeruk nipis sebanyak 3 sendok makan, kemudian campur dengan madu dan larutkan dalam segelas air hangat. Minum 3x sehari.

15 Cara memperlancar haid datang bulan yang sebagian besar dapat dilakukan secara alami diatas dapat anda coba sekarang. Namun harus anda perhatikan bahwa melakukan cara diatas sesuai dengan kebutuhan saja, tidak boleh berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tidak baik. Selamat mencoba!



Baca: Efek Samping Kiranti Bisa Menggugurkan Kandungan dengan Cepat? HOAX/FAKTA