Penyakit Sinusitis: Gejala, Penyebab, Akibat, Bahaya dan Pengobatannya

0
481
Penyakit Sinusitis - Gejala Penyebab Akibat Bahaya dan Pengobatannya
Penyakit Sinusitis - Gejala Penyebab Akibat Bahaya dan Pengobatannya

Bidhuan.idPenyakit Sinusitis itu apa? Banyak orang selalu melakukan olahraga rutin, mengkonsumsi makanan segar agar tetap sehat. Akan tetapi, penyakit tidak dapat dihindari. Bukan hanya penyakit berat, penyakit ringan justru lebih mudah hinggap karena banyak faktor, seperti penyakit sinusitis. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai sinusitis, mulai dari penyebab, gejala sinusitis, akibat penyakit Sinusitis, cara pencegahan hingga pengobatan dan bahaya sinusitis ini. Selain itu juga terdapat jawaban apakah Sinusitis Menular. Untuk informasi lebih lengkap, silakan simak ulasan kami berikut ini.

Apa itu Penyakit Sinusitis?

Sinusitis merupakan radang sinus, sinus sendiri biasanya diketahui masyarakat awam sebagai rongga kecil yang terletak di antara pipi dan dahi. Akibat penyakit Sinusitis biasanya akan menghambat proses pernafasan penderitanya. Tingkatannya pun ada beberapa macam, yaitu akut, sub-akut, kronis dan kambuhan. Masing-masing tingkatan memiliki penyebab, gejala, pencegahan dan pengobatan yang berbeda pula.

Apa Penyebab Sinusitis?

Penyakit sinusitis biasanya disebabkan oleh virus yang tidak jauh berbeda dengan flu dan pilek. Ketika seorang dewasa terkena pilek, virus yang ada mungkin saja masih bersarang di dalam rongga pernafasan terutama hidung. Selain itu, kemungkinan gaya hidup juga dapat menjadi penyebab datangnya penyakit sinusitis. Gaya hidup meminum alkohol, merokok hingga tidak rajin membersihkan gigi setelah selesai beraktivitas dapat menjadi penyebab bersarangnya virus penyakit ini.

  • Berbahayakah Penyakit sinusitis?

Bahaya penyakit sinusitis biasanya tidak terlalu besar akan tetapi mungkin akan mengganggu aktivitas Anda. Namun selama berada di tingkat terendah, bahaya sinusitis tidak akan terlalu menganggu Anda.

  • Apa Saja Gejala Sinusitis?

Penyakit ini menyerang rongga pernapasan terutama di bagian dekat hidung dan kepala, sehingga gejala penyakit sinusitis ini biasanya tidak akan jauh-jauh dari:

Hidung tersumbat biasanya oleh lender (hampir sama seperti gejala flu) dan biasanya lender yang keluar berwarna kuning kehijauan

  • Sakit kepala di berbagai bagian
  • Demam tinggi
  • Sakit atau nyeri di beberapa bagian wajah ketika ditekan
  • Tidak dapat mencium bau dengan baik
  • Napas menjadi bau

Gejala sinusitis pada orang dewasa biasanya tidak jauh berbeda dengan gejala sinusitis pada anak.

  • Bagaimana Kita Tahu Bahwa Kita Terkena Situsitis?

Anda dapat melakukan pengecekan sederhana dengan melihat apakah lendir yang keluar saat flu berwarna kuning kehijauan. Biasanya, flu dan pilek memiliki gejala serupa, jadi jangan sampai Anda langsung mendiagnosa bahwa Anda terkena sinusitis atau sebaliknya, jangan sampai Anda membiarkan gejala tersebut berlangsung padahal bukan sekadar flu biasa.

Cara yang paling tepat adalah dengan mengobati gejala flu dan pilek tersebut, jika tidak kunjung sembuh, maka Anda dapat melakukan CT Scan di klinik kesehatan terdekat.

  • Apakah Sinusitis Menular ?

Berbeda dengan penyakit flu, penyakit sinusitis tidak menular. 

  • Bagaimana Pengobatan Sinusitis?

Jika Anda telah terdiagnosa Sinusitis, maka hal yang dapat Anda lakukan adalah meminum obat flu dan pilek biasa serta mengkonsumsi makanan sehat plus air hangat secara rutin. Seperti yang kita ketahui, penyakit ini memiliki beberapa tingkatan, dan jika Anda terkena tingkat terendah atau setidaknya kedua terendah, maka virus yang bersarang dalam sinus Anda akan hilang dengan sendirinya.

Namun, jika Anda sudah mengidap penyakit ini dalam kurun waktu yang cukup lama dan berada di (setidaknya) tingkat ke tiga, maka Anda butuh penanganan yang lebih serius dari dokter spesialis hidung dan telinga dan mengkonsumsi obat penyakit sinusitis.

Baca: Obat Anaton – Obat Generik untuk Flu (Pilek) disertai Batuk

Pencegahan Sinusitis

Tidak ada hal sulit yang perlu Anda lakukan untuk menjaga diri Anda dari segala penyakit, termasuk Sinusitis. Hal paling utama yang dapat Anda lakukan adalah selalu menjaga kebersihan rongga hidung dan telinga serta mulut Anda. Biasakan selalu membersihkan mulut sebelum dan sesudah beraktivitas.

Bukan hanya menyikat gigi dan menggunakan obat kumur, akan tetapi bersihkan juga bagian lidah dan gusi Anda. Bersihkan juga daerah mulut setelah Anda mengkonsumsi makanan pada malam hari. Hindari kebiasaan meminum alkohol dan merokok. Selalu konsumsi makanan yang segar dan sehat, perbanyak buah-buahan dan air putih. Ketika gejala sinusitis sudah mulai terasa, segera tangani dengan meminum air putih dalam jumlah yang banyak.

Demikian informasi mengenai penyakit sinusitis mulai dari gejala hingga pencegahan dan pengobatannya. Selalu terapkan pola hidup sehat pada diri Anda agar terhindar dari berbagai penyakit.



Baca: Obat Flu Demacolin – Komposisi, Dosis, Efek Samping dan Harga