Penyakit Gondongan: Penyebab, Ciri-ciri, Cara Mencegah hingga Obat Gondongan Ampuh

0
302
Penyakit Gondongan - Penyebab Ciri-ciri Cara Mencegah hingga Obat Gondongan Ampuh
Penyakit Gondongan - Penyebab Ciri-ciri Cara Mencegah hingga Obat Gondongan Ampuh

Bidhuan.idPenyakit Gondongan, penyakit apa ini? Ketika ada orang yang mengidap penyakit gondongan, maka kita akan langsung dapat mengenalinya karena adanya benjolan di sekitar rahang, baik di sebelah kanan maupun kiri. Penyakit gondongan dapat menyerang siapa saja, tidak peduli berapapun usia manusia. Mulai dari pada wanita dewasa, pria bahkan anak-anak sekalipun. Untuk itu, kami akan memberikan informasi mengenai penyakit ini mulai dari ciri ciri penyakit gondongan, penyebab gondongan, diagnose umum hingga pencegahan dan obat gondongan ampuh agar Anda dapat mengantisipasi datangnya bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit ini menjalar di tubuh Anda. Untuk informasi yang lebih lengkap, silakan simak ulasan kami berikut.

Penyebab Penyakit Gondongan

Gondongan adalah penyakit yang ditimbulkan akibat infeksi virus dan virus tersebut menyebabkan kelenjar yang memproduksi air liur terinfeksi. Kelenjar tersebut berada di dekat telinga, sehingga saat gondongan, orang orang biasanya akan memiliki benjolan di bawah telinga dan sekitar rahangnya, baik sisi kanan maupun kiri. Bila sudah terkena infeksi, Anda dapat pergi ke dokter atau membeli obat gondongan apotik.

Apa saja ciri ciri Gondongan?

Gondongan biasanya muncul bila terdapat tanda tanda sebagai berikut:

  • Nyeri sendi, biasanya Anda akan merasakan pegal pegal terutama di bagian leher dan kepala
  • Mulut terasa kering
  • Sakit perut
  • Demam
  • Nafsu makan berkurang atau bahkan hilang
  • Sakit kepala

Tanda yang lainnya ialah, biasanya penderita penyakit gondongan akan merasakan sulit menelan makanan atau dapat menelan makanan namun terasa nyeri. Kemudian, penderita gondongan akan merasa sakit saat rahangnya disentuh.

  • Apakah Penyakit Gondongan dapat menular?

Penyakit ini dapat menular dan dapat menyerang siapa saja termasuk anak anak. Pada umumnya, gondongan memang sering menyerang anak anak karena anak-anak cenderung lebih aktif dan tidak sadar telah melakukan aktivitas penularan virus atau penyakit.

Seperti contohnya, ketika seorang anak menderita gondongan lalu menyentuh mulut dan hidungnya tanpa cuci tangan setelahnya, dan anak tersebut menggenggam gelas, maka orang lain yang ikut menggenggam gelas setelah anak tersebut beresiko untuk terinfeksi gondongan.

  • Bagaimana cara mendiagnosa bila kita mengalami gejala gondongan?

Anda dapat melakukan tes sederhana dengan menekan tulang rahang Anda. Jika terasa nyeri, ada kemungkinan Anda terinfeksi gondongan. Anda juga dapat menunggu jika rasa nyeri tersebut berlanjut pada pembengkakan daerah sekitar tulang rahang dan telinga.

Jika Anda mengalami gejala di luar gejala umum gondongan, ada baiknya Anda segera menghubungi dokter untuk diagnose lebih lanjut, karena gondongan bisa saja merupakan awal dari penyakit lain (seperti amandel) yang lebih sering menyerang anak anak.

  • Obat Gondongan Ampuh

Meskipun tergolong penyakit ringan, Anda tidak dapat menyepelekan penyakit ini. Cara termudah untuk mengobati gondongan adalah dengan rajin mengkonsumsi air putih hangat dan mengkompress bagian wajah yang bengkak. Hindari mengkonsumsi jus buah. Konsumsi makanan lunak seperti bubur dan kue agar tidak menimbulkan rasa sakit.

Bila memungkinkan, minumlah obat seperti parasetamol sesuai dengan anjuran dokter, atau jika Anda mengkonsultasikan keluhan ini ke dokter, biasanya dokter akan memberikan resep tertentu untuk mengobati gondongan yang Anda derita. Untuk pengobatan tradisional, Anda dapat menggunakan blau obat gondongan atau mengikuti cara mengobati gondongan dengan belimbing wuluh yang alami.

  • Jika terinfeksi sakit gondongan berapa hari bisa sembuh?

Tergantung, biasanya satu minggu pengobatan sudah cukup mengusir virus gondongan.

Baca: Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya Lengkap dengan Nama Obat nya

Cara mencegah gondongan

Gondongan dapat dicegah terutama pada anak anak dengan pemberian imunisasi sejak usia 12 bulan. Vaksin yang diberikan dapat diulang sekali lagi saat anak Anda berusia 6 tahun, sehingga anak Anda akan bebas dari gondongan.

Penyakit gondongan pada wanita dewasa atau pria dewasa dapat dicegah dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat dan air putih diiringi dengan olahraga teratur. Penyakit gondongan muncul karena adanya infeksi virus, sehingga Anda harus membiasakan hidup bersih dan sehat sebelum penyakit lain bermunculan. Selalu gunakan masker dan tisu untuk menjaga higienitas Anda.

Penyakit gondongan, meskipun bukan penyakit yang serius, tetap harus Anda perhatikan gejalanya agar tidak menyerang tubuh Anda. Semoga informasi mengenai penyakit ini dapat Anda manfaatkan dan dapat Anda gunakan sebagai antisipasi untuk mencegah datangnya virus penyebab gondongan.



Baca: Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya Lengkap dengan Nama Obat nya