8 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan secara Mudah, Alami, Tanpa Efek Samping

930
8 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan secara Mudah Alami Tanpa Efek Samping
8 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan secara Mudah Alami Tanpa Efek Samping

Bidhuan.id – Cara mengatasi telat datang bulan yang efektif tentunya dicari-cari oleh semua orang yang sedang mengalami masalah ini. Apakah Anda salah satunya? Bagi wanita yang mengalami telat datang bulan pasti akan merasa risau dan bingung. Oleh karena itu, apakah terdapat cara mempercepat datang bulan tersebut? Tentunya untuk semua masalah ada solusinya, termasuk masalah telat datang bulan ini. Dan mungkin sebagian dari Anda penasaran apakah ada obat telat datang bulan di apotik yang dapat dibeli sendiri. Mari simak informasinya berikut ini.

Penyebab Telat Datang Bulan

Umumnya penyebab datang bulan mengalami keterlambatan dikarenakan faktor psikologis dan fisik seorang wanita. Namun, untuk kasus mengatasi telat datang bulan agar tidak hamil dapat dikonsultasikan dengan tenaga medis.

Berikut cara mengatasi telat datang bulan yang dapat Anda coba sendiri.

  1. Perhatikan pola istirahat Anda

Apabila akhir-akhir ini Anda harus bekerja lembur sehingga waktu istirahat berkurang maka inilah hal pertama yang harus diperhatikan. Dengan kualitas serta kuantitas tidur yang kurang akan membuat tubuh Anda merasa stres dan menghasilkan respon negatif salah satunya yaitu telatnya datang bulan bagi wanita. Memberikan tubuh Anda waktu istirahat yang cukup menjadi salah satu cara mengatasi telat datang bulan 10 hari yang sering dialami oleh beberapa wanita.

  1. Olahraga secara teratur

Dengan memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk menyegarkan jiwa dan raga dengan berolahraga menjadi cara mengatasi telat datang bulan 1 minggu yang efektif. Biasanya kondisi badan yang kurang olahraga cenderung lebih terasa berat dan stres meskipun Anda merasa bahwa Anda biasa saja.

Perasaan biasa saja tersebut berbanding terbalik dengan respon tubuh yaitu telatnya datang bulan. Oleh karena itu, setidaknya sisihkan waktu pagi dan sore Anda untuk sekedar lari-lari kecil di sekitar perumahan tempat Anda tinggal.

  1. Ingat kembali pola makan Anda

Cobalah mengingat pola makan Anda 2 minggu terakhir, apakah asupan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda telah terpenuhi dengan maksimal atau belum. Pola makan yang berantakan serta tidak memenuhi gizi seimbang akan membuat respon tubuh menjadi kurang baik sehingga menimbulkan telatnya datang bulan pada beberapa wanita. Pada beberapa wanita bahkan dapat mengalami telat datang bulan 2 minggu karena konsumsi makanan harian yang tidak baik.

  1. Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Konsumsi Wedang Jahe

Semua orang pasti telah mengetahui kandungan jahe yang sangat baik untuk tubuh. Cara mengatasi telat datang bulan selama 2 bulan dapat diatasi dengan meminum wedang jahe setiap hari sebanyak 2-3 gelas.

Kandungan zat zingerone pada jahe juga dapat meredakan rasa sakit atau kram saat datang bulan menyambangi hari Anda. Selain itu, kandungan yang ada dalam jahe dapat membantu merangsang darah pada uterus untuk keluar sehingga hal ini sangat bagus untuk mempercepat datang bulan.

  1. Konsumsi Pare

Si hijau yang memiliki rasa pahit ini menyimpan kandungan yang sangat luar biasa. Seluruh kandungan yang dimiliki oleh pare dapat membantu siklus datang bulan menjadi lebih teratur setiap bulannya. Bagi Anda yang tidak menyukai rasa pahit dalam pare, sebaiknya konsultasikan kepada beberapa pakar memasak yang mampu membuat kadar kepahitan yang ada pada pare berkurang.

Atau Anda dapat menggabungkan pare dengan beberapa bumbu seperti bumbu kacang pada gado-gado ataupun dapat menumisnya sehingga rasa pahit yang terkandung di dalamnya dapat berkurang sedikit demi sedikit. Konsumsi pare ini juga sebagai cara mengatasi telat datang bulan karena hamil yang mungkin Anda alami.

Baca: 15 Makanan Penghilang Mual saat Hamil Praktis, Efektif tanpa Bahan Kimia

  1. Konsumsi Pepaya Muda

Anda mungkin teringat akan hari raya lebaran jika berbicara mengenai buah pepaya muda. Ternyata, kandungan yang ada dalam pepaya muda dapat membantu memperlancarcar siklus haid pada wanita.

  1. Kompres Air Hangat

Cara sederhana ini dapat Anda lakukan dengan tujuan untuk memberikan suhu yang hangat atau tinggi pada bagian perut sekitar rahim. Ketika suhu di sekitar meningkat maka aliran darah dapat menjadi lebih lancar sehingga memungkinkan fase datang bulan Anda menjadi lebih teratur.

  1. Konsultasikan dengan dokter

Dengan berbagai cara alami yang telah diakukan apabila pada sbuahaat prosesnya Anda  merasa bahwa cara tersebut tidak berhasil maka segeralah berkonsultasi pada dokter kepercayaan Anda untuk mengetahui mengenai masalah yang sedang dialami.

Beberapa cara mengatasi telat datang bulan diatas dapat Anda coba di rumah. Silahkan melakukan konsultasi khusus dengan dokter apabila Anda merasa masalah ini belum teratasi. Semoga bermanfaat.



Baca: Bolehkah Ibu Hamil Kerokan, Pijat, Urut? Apa Bahaya Kerokan saat Hamil?