Buang Air Besar Berdarah : 5 Penyebab dan Solusi Mengatasinya

0
229
Buang Air Besar Berdarah : 5 Penyebab dan Solusi Mengatasinya
Buang Air Besar Berdarah : 5 Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Bidhuan.id – Buang air besar berdarah adalah hal yang akan membuat Anda panik. Karena rutinitas yang selalu dilakukan setiap hari salah satunya adalah buang air besar. Setidaknya sekali dalam sehari akan pergi ke kamar mandi untuk melakukan kegiatan ini. Ketika hal ini terjadi pasti Anda akan segera mencari tahu penyebab buang air besar berdarah dan solusinya ini. Namun, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah pergi ke dokter dan menanyakan apa yang harus Anda lakukan dan obat bab berdarah di apotik apa yang akan direkomendasikan oleh dokter Anda. Mari kita bahas topik ini lebih dalam untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika hal ini terjadi.

Jika Anda mengalami masalah buang air besar berdarah dan bingung apa penyebabnya, segeralah ke dokter. Ikutilah artikel berikut yang akan membahas hal ini.

Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Ketika suatu hal terjadi, maka ada penyebab yang mendasari hal tersebut dapat terjadi. Tidak terkecuali dengan penyakit ini, apalagi jika buang air besar berdarah pada anak yang terjadi. Tentunya hal itu menjadi sangat penting untuk segera dicarikan solusinya.

Berikut merupakan beberapa penyebab buang air besar berdarah yang harus Anda tahu.

  1. Penyakit Wasir

Salah satu gejala yang terjadi jika mengalami penyakit wasir yaitu bab berdarah menetes berwarna merah terang setelah feses keluar. Dalam beberapa kasus dijumpai juga tonjolan dari dalam anus yang keluar saat BAB dan masuk kembali setelah selesai BAB.

Penyakit ini cukup sering dijumpai di masyarakat. Gejala lain yang timbul jika terjadi wasir adalah terjadinya bab keras dan berdarah. Oleh karena itu, sering-seringlah untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran serta lakukan olahraga secara teratur guna mengurangi kemungkinan terjadinya wasir.

Baca: Obat Sembelit Dulcolax 

  1. A-n a l  fissure

BAB berdarah segar yang terjadi juga kemungkinan karena terjadi retakan pecah-pecah pada area yang melapisi anus sehingga terjadi pendarahan. Ini dapat terjadi karena BAB keras dan sakit yang terjadi sebelumnya sehingga menyebabkan robekan pada area tersebut.

Konsumsilah buah-buahan yang mengandung banyak air seperti pepaya yang bagus untuk proses ekskresi yaitu BAB. Tingkatkan intensitas olahraga-olahraga ringan seperti jogging, yoga, ataupun berjalan santai dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit ini dan semakin mempercepat proses penyembuhan.

  1. Kolitis

Penyakit radang usus besar atau kolitis dapat menyebabkan bab keluar darah dan lendir. Penyakit ini belum pasti penyebabnya namun faktor usia dan keturunan yang menderita penyakit sama akan memperbesar kemungkinan terjadinya penyakit ini.

Mengkonsumsi makanan rendah lemak, mengkonsumsi suplemen yang baik untuk tubuh, memperbanyak asupan cairan dan serat, serta membatasi konsumsi produk susu menjadi cara yang baik untuk mencegah kambuhnya atau memburuknya penyakit ini. Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit Kolitis serta olahraga secara teratur.

Baca: Obat Beser, Sering buang Air Kecil

  1. Angiodisplasia

Penyakit ini terjadi saat pembuluh darah rapuh dan abnormal sehingga menyebabkan terjadinya bab berdarah tanpa rasa sakit. Anda harus segera menemui dokter dan berkonsultasi mengenai kondisi yang sedang Anda derita karena kemungkinan yang terjadi serta pengobatan yang akan dilakukan baru akan dapat diketahui setelah Anda melakukan pemeriksaan kepada dokter.

Sebaiknya konsultasikan secepatnya tanpa menunda-nunda guna menghindari kondisi lain yang akan terjadi setelahnya. Rajinlah berolahraga serta konsumsi makanan tinggi serat untuk mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit Angiodisplasia.

  1. Penyakit Divertikular

Rasa nyeri, kram pada bagian perut, sensitif, demam menggigil, diare atau sembelit, mual kadang muntah, sensasi kembung, dan kehilangan nafsu makan merupakan beberapa gejala yang terjadi jika terjadi penyakit divertikular pada tubuh seseorang.

Bakteri yang berkembang pada dinding usus halus dapat memicu peradangan serta terkadang membuat buang air besar berdarah. Faktor genetik yaitu terdapat sanak keluarga yang mengidap penyakit ini, usia yang semakin tua, penggunaan obat-obatan aspirin, obesitas, rokok, diet rendah serat, serta kurangnya olahraga membuat kemungkinan terjadinya penyakit ini lebih besar.

Beberapa penyakit buang air besar berdarah diatas merupakan penyakit yang sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan olahraga ringan yang rutin seperti jogging pada pagi dan sore hari serta perbesar intensitas berjalan santai menuju tempat kerja Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.



Baca: 4 Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga dengan Cepat dan Aman