Telat Datang Bulan : 3 Penyebab dan Solusi untuk Mengatasinya

0
1106
Telat Datang Bulan - 3 Penyebab dan Solusi untuk Mengatasinya
Telat Datang Bulan - 3 Penyebab dan Solusi untuk Mengatasinya

Bidhuan.id – Telat datang bulan adalah masalah yang sering dihadapi oleh beberapa wanita. Masalah ini dapat membuat wanita memikirkannya sepanjang waktu bahkan terkadang dapat membuat stres. Berbagai cara mengatasi telat datang bulan menjadi hal yang sering dilakukan untuk mengatasi masalah ini namun terkadang masih belum berhasil. Bahkan tidak jarang beberapa wanita memilih untuk mencari alternatif obat terlambat haid yang dapat mengatasi masalah mereka. Beberapa cara yang dilakukan seharusnya lebih memperhatikan apa penyebab telat haid dan solusinya. Dengan memperhatikan hal ini maka besar kemungkinan telat datang bulan yang sering terjadi dapat teratasi dan membuat pikiran menjadi tenang dan dapat menjalankan aktivitas tanpa beban.

Mengalami siklus telat datang bulan adalah hal yang tidak menyenangkan. Berikut merupakan beberapa informasi dan cara mengatasi yang harus Anda ketahui.

Penyebab telat datang bulan

Faktor yang paling utama telatnya datang bulan adalah kondisi psikis dan fisik wanita tersebut. Entah itu akibat banyak fikiran atau memang kondisi tubuh yang sedang tidak baik. Dengan memperhatikan berbagai penyebab tersebut maka sebenarnya kita dapat mengambil kesimpulan solusi apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah ini. Dengan berbagai frekuensi rentang waktu telat datang bulan yang sering dialami oleh beberapa wanita, maka dibawah ini akan dibahas beberapa penyebab dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah telat datang bulan bagi seluruh wanita. Berikut pembahasannya.

  1. Telat Datang Bulan 1 Bulan

Rentang waktu antara datang bulan pertama dan selanjutnya berkisar antara 21 sampai 35 hari dengan durasi antara 3 sampai 7 hari. Melihat fakta tersebut, biasanya apabila seorang wanita sudah mengalami telat haid 1 bulan testpack negatif maka wanita tersebut akan sedikit merasa risau terlebih apabila seorang yang belum menikah dan tidak memusingkan mengenai kehamilan sehingga dengan telatnya datang bulan justru memicu pemikiran yang lebih rumit lagi. Bahkan kejadian ini cenderung akan membuat stres dan masalah lain yang dapat muncul misalnya tidak fokus dalam melakukan berbagai kegiatan.

Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita yang masih beranjak remaja sehingga siklus haidnya masih belum normal. Lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur, istirahat yang cukup serta olahraga yang teratur bisa menjadi solusi permasalahan ini. Mulailah dengan menjernihkan fikiran yang terlalu banyak berfikir dengan fikiran-fikiran positif yang dapat membangkitkan perasaan senang dan tenang dalam diri Anda.

  1. Penyebab telat datang bulan selama 2 bulan

Lebih lama dari 1 bulan, kali ini datang telat lebih lama lagi yaitu 2 bulan. Tidak jauh berbeda dengan penyebab poin pertama, penyebab datang bulan yang telat selama 2 bulan ini biasanya terjadi karena gangguan pikiran yang berat seperti stres. Hal ini sering terjadi pada remaja sekolah menengah yang tengah dipusingkan dengan berbagai ujian yang akan menanti mereka.

Tidak perlu khawatir dan cemas terkhusus untuk pelajar, hal ini sangatlah lumrah mengingat usia Anda yang masih sangat muda sehingga masalah ini menjadi biasa terjadi. Cara mengatasi telat datang bulan selama 2 bulan ini dapat dilakukan seperti poin pertama namun jangan lupa untuk mengontrol berat badan Anda, kemungkinan masalah kelebihan atau kekurangan berat badan lah yang menyebabkan Anda mengalami telat datang bulan.

Baca: Produk Pelangsing Thermolyte Plus Amankah untuk di Konsumsi?

  1. Penyebab telat datang bulan selama 3 bulan

Sama halnya dengan poin kedua bahwa penyebab umum telat datang bulan adalah faktor stres ataupun kondisi fisik yang sedang tidak baik. Namun, untuk kasus ini kemungkinan adanya penyebab lain seperti penggunaan kontrasepsi, olahraga yang terlalu berat, turunnya berat badan, gangguan kelenjar tiroid atau gangguan pola makan dapat menjadi penyebab terjadinya masalah ini. Konsultasikan dengan dokter apabila Anda merasa jauh lebih stres karena masalah ini, bahkan bila perlu mintalah resep obat yang memungkinan untuk membantu Anda dalam masalah ini.

Itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan telat datang bulan yang dialami oleh beberapa wanita, buatlah janji dengan dokter ahli apabila Anda merasa sangat dipusingkan dengan masalah yang satu ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.



Baca: Efek Samping Kiranti Bisa Menggugurkan Kandungan dengan Cepat? HOAX/FAKTA

SHARE