5 Cara Melancarkan Haid yang Telat, Terlambat dan Sedikit

0
214
5 Cara Melancarkan Haid yang Telat Terlambat dan Sedikit
5 Cara Melancarkan Haid yang Telat Terlambat dan Sedikit

Bidhuan.id – Cara melancarkan haid bagi wanita yang mengalami masalah ini adalah hal yang paling dicari. Apakah Anda juga sedang mengalaminya? Semua wanita dari mulai remaja hingga dewasa pasti mengalami fase haid. Fase yang biasanya terjadi selama kurang lebih seminggu ini normalnya berlangsung sebulan sekali. Namun, ada saja beberapa wanita yang mengalami masalah dimana siklus haidnya tidak teratur. Dalam beberapa kasus, terdapat wanita yang mengalami masa haid yang sering terlambat dan mereka menanyakan kepada teman atau dokter tentang cara melancarkan haid yang telat tersebut dan dilain kasus juga tidak sedikit wanita yang mengalami kasus haid yang sedikit sehingga bingung bagaimana cara melancarkan haid yang sedikit ini.

Jika Anda adalah wanita dan mengalami masalah haid, inilah beberapa cara melancarkan haid yang bisa Anda coba sendiri. Baca terus artikel ini sampai habis.

Penyebab Haid yang Telat

Beberapa wanita yang mengalami keterlambatan haid akan merasa cemas dan gelisah karena takut terjadi sesuatu yang tidak baik pada kondisi kesehatannya. Namun, sebenarnya hal ini bukanlah hal yang terlalu besar apabila masih dalam batas wajar. Banyak sekali kasus dimana seorang wanita merasa telat fase haid dan mencari cara melancarkan haid dengan cepat, dan biasanya mereka berkonsultasi kepada dokter ahli.

Jawabannya adalah seputar kondisi fisik dan psikologi yang dalam beberapa waktu terakhir terjadi pada wanita tersebut. Namun, terkadang banyak wanita yang sudah tidak sabar dan mencari cara melancarkan haid  mereka yang tidak teratur. Mari kita bahas satu persatu permasalahan tersebut.

Cara Melancarkan Haid Yang Terlambat 2 Bulan

Setelah mengetahui bahwa keterlambatan atau ketidakteraturan masa haid dipengaruhi oleh kondisi fisik dan psikologi maka dapat disimpulkan bahwa cara melancarkan haid yang paling manjur pun dapat dilakukan dengan mengembalikan fungsi fisik dan psikologi tubuh yang terganggu.

Berikut beberapa cara melancarkan haid yang dapat dicoba dirumah.

  1. Cara melancarkan haid yang telat dengan rutin konsumsi air putih

Manfaat mengkonsumsi air putih sudah tidak diragukan lagi, dalam kaitannya dengan melancarkan haid adalah bagaimana air putih dapat memperlancar metabolisme dan detoksifikasi dalam tubuh sehingga tubuh akan merasa lebih sehat dan rileks. Pada kasus dimana fase haid telat lebih dari seminggu, Anda dapat mempersering konsumsi air putih salah satu cara melancarkan haid yang telat 10 hari.

  1.  Reschedule kegiatan harian Anda

Salah satu cara untuk melancarkan haid dengan cepat adalah dengan melakukan penjadwalan ulang pada kegiatan harian Anda yang sangat padat. Kegiatan yang sangat banyak dan kurang teratur akan membuat kondisi tubuh Anda merasa berat dan hal itu akan membuat respon dari dalam tubuh menjadi kurang baik dan menjadi salah satu penyebab fase haid Anda terganggu.

  1. Kurangi konsumsi makanan berlemak

Banyak anggapan bahwa dengan kondisi tubuh yang memiliki lemak tinggi akan menghambat fase haid Anda. Hal ini diasumsikan bahwa lemak yang menumpuk pada daerah sekitar rahim dan perut mengakibatkan hal ini terjadi.

Namun, terlepas dari alasan tersebut alangkah baiknya kita untuk selalu menghindari makanan berlemak jika memungkinkan karena mengingat kolesterol ataupun kalori yang akan tersimpan dalam tubuh.

  1. Melancarkan Haid dengan Perbanyak Konsumsi Serat

Mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran secara teratur juga dapat menjadi alternatif cara melancarkan haid yang sedikit. Kandungan serat yang terdapat pada buah dan sayuran akan membuat metabolisme tubuh membaik dan memungkinkan sikulus haid Anda kembali teratur.

  1. Berolahraga secara teratur

Sistem dalam tubuh Anda membutuhkan latihan yang dapat membuat kinerjanya baik. Terlalu sering memberikan asupan makanan pada tubuh tanpa mengimbanginya dengan porsi olahraga yang teratur adalah hal yang tidak baik. Dengan berolahraga secara teratur akan membuat metabolisme tubuh menjadi baik dan siklus haid semakin lancar.

Jika Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk jogging disekitar rumah, Anda dapat memanfaatkan fasilitas penyedia berbagi video salah satunya Youtube yang banyak memiliki koleksi olahraga ringan seperti pilates dan yoga.



Beberapa cara melancarkan haid diatas dapat Anda lakukan sesegera mungkin tanpa harus repot untuk menyiapkan banyak hal. Mulailah dengan mengatur kegiatan Anda yang sibuk dengan sedikit memperhatikan waktu istirahat Anda. Semoga bermanfaat.

SHARE