Leaflet Diare: Pengertian dan Tujuan Pemberian Leaflet Kesehatan

0
345
Leaflet Diare - Pengertian dan Tujuan Pemberian Leaflet Kesehatan
Leaflet Diare - Pengertian dan Tujuan Pemberian Leaflet Kesehatan

Bidhuan.id – Leaflet Diare itu apa? Meski jarang diperhatikan, leaflet diare sebenarnya justru sangat penting sebagai bentuk pencegahan diare. Masalahnya, banyak orang baru memburu leaflet baik itu leaflet diare pada anak maupun leaflet diare pada orang dewasa ini ketika sudah terserang diare. Alhasil pencarian pun menjadi tak berguna. Lantas apa sebenarnya yang membuat leaflet penting? Bagaimana leaflet bisa mencegah diare? Seperti apa juga contoh leaflet diare? Untuk mengetahuinya lebih jauh, silahkan baca informasinya dibawah ini.

Pengertian Leaflet

Sebelum membahas lebih jauh tentang leaflet diare, ada baiknya kita memahami dulu apa sebenarnya pengertian dari leaflet. Pada intinya leaflet adalah sebuah kertas kecil yang berisikan informasi agar mudah dan praktis untuk dibagikan. Tak jarang, leaflet dapat dilipat menjadi dua atau tiga bagian agar terlihat lebih praktis dan ringkas. Tujuan utamanya tentu untuk memudahkan penyebaran informasi. Salah satu informasi yang dimaksud adalah informasi tentang kesehatan.

Mengingat makin banyak dan makin seringnya penyakit yang menyerang, informasi tentang kesehatan menjadi begitu penting dewasa ini. Penyebaran informasi tentang kesehatan menggunakan leaflet menjadi hal yang bisa dilakukan demi tersampaikannya informasi secara tepat dan menyeluruh, mengingat proses penyampaiannya langsung dari tangan ke tangan. Cara tersebut diyakini lebih efektif daripada sekedar menempel poster maupun brosur.

  • Leaflet Kesehatan

Dari sekian macam leaflet, leaflet mengenai kesehatan menjadi leaflet yang makin sering dicetak akhir-akhir ini. Hal ini bisa dipahami mengingat makin mudahnya penyakit menyerang. Mencetak dan menyebarkan leaflet kesehatan diyakini mampu mengurangi atau paling tidak mengantisipasi banyaknya jumlah penduduk yang rentan akan penyakit. Dengan frekuensi yang tepat, masyarakat akan selalu mendapat akses informasi yang cukup berkaitan dengan kesehatan mereka.

Contoh leaflet kesehatan yang baik adalah leaflet yang berisikan tak hanya informasi namun juga dilengkapi dengan gambar agar penjelasannya lebih terinci dan jelas. Tak jarang, leaflet berisikan ajakan dan himbuan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu untuk mengupayakan kesehatan, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan. Jika perlu, bisa juga ditambahkan bukti nyata dari hasil ajakan pada leaflet itu sendiri, supaya mereka yang menerima leaflet lebih mudah tergerak dengan bukti tersebut dan mencoba saran yang diberikan.

Baca: Lodia Obat Diare – Obat Golongan Agonis Opioid Reseptor untuk Atasi Diare Akut dan Kronis

  • Leaflet Diare: Apa tujuannya?

Tak bisa dipungkiri, salah satu penyakit yang terbilang sering menyerang kita adalah diare. Karenanya, sering juga kita temui Satuan Acara Penyuluhan diare, atau yang lebih sering dikenal dengan SAP diare.

Tujuan dari seringnya diadakan penyuluhan tersebut tentu adalah untuk menghimbau dan mengajak masyarakat agar terhindar dari atau mencegah diare. Di penyuluhan tersebut, kita akan menemukan berbagai contoh leaflet diare untuk disebar-luaskan.

Meskipun ada banyak penyakit lain yang rentan menjangkit masyarakat, leaflet untuk penyakit yang satu ini nampaknya memang perlu mendapat perhatian lebih dari masyarakat secara umum.

  • Leaflet diare pada anak

Leaflet tersebut tak sembarangan dicetak lantaran sasaran informasi yang dituju juga berbada; anak-anak dan orang dewasa. Pembedaan gaya leaflet juga diyakini akan lebih mudah dan diresapi oleh target yang dituju. Leaflet diare pada anak tentu akan dibuat semenarik mungkin agar anak-anak mau dan dengan mudah memahami isi pesan di dalamnya.

  • Leaflet diare pada orang dewasa

Jika perlu, beri banyak gambar dan animasi agar anak-anak menjadi tertarik. Sementara itu, leaflet diare pada orang dewasa biasanya dibuat sederhana namun padat. Tak perlu banyak gambar, asalkan informasi tersampaikan dengan jelas.

Tak hanya diare, pencegahan terhadap berbagai penyakit memang perlu digalakkan untuk mengantisipasi banyaknya penduduk yang jatuh sakit. Namun dari berbagai macam penyakit, mencetak leaflet diare memang perlu dibuat lebih sering agar kita lebih mawas dan waspada terhadap penyakit yang selalu mengincar sistem kerja saluran pencernaan kita ini.



Baca: Penjelasan dan Prosedur Skrining Resep yang harus Apoteker Tahu