Ramuan Herbal: Cara Alami Turunkan Kolesterol dengan Daun Salam

2197
Cara Alami Turunkan Kolesterol dengan Daun Salam
Cara Alami Turunkan Kolesterol dengan Daun Salam

Bidhuan.id – Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara alami menurunkan kolesterol, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah apa yang dimaksud dengan kolesterol. Kolesterol adalah lemak didalam tubuh yang diproduksi oleh hati. Keberadaan kolesterol didalam tubuh sangatlah penting, seperti berfungsi dalam membangun membran sel, memproduksi hormone seks, serta memastikan bahwa neuron bekerja dengan baik.

Cara Alami Turunkan Kolesterol

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Cara Alami Turunkan Kolesterol. Terlebih dulu akan dibahas mengenai 2 jenis Kolesterol yang ada. Yap! Kolesterol dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Low Density Lipoprotein (LDL) merupakan jenis kolesterol jahat yang dapat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan. Pada dasarnya, LDL akan mengangkut kolesterol ke sel-sel tubuh untuk memperbaiki membran dan memproduksi hormon melalui sistem peredaran. Namun sayangnya, ia akan meninggalkan endapan kolesterol pada dinding pembuluh arteri, yang mana akan memicu terjadinya peradangan serta penyempitan dinding pembuluh darah sehingga membentuk gumpalan darah. Akibatnya, kadar kolesterol LDL akan semakin meningkat karena tidak dapat diproduki oleh hati.
  • High Density Lipoproterin (HDL) merupakan kolesterol baik yang bertugas melindungi pembuluh darah dari terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah atau yang biasa disebut dengan Aterosklerosis. Selain itu, HDL juga menjaga kebersihan arteri dan pembuluh darah dengan cara mengumpulkan kelebihan kolesterol jahat (LDL) di arteri dan mengembalikannya ke hati untuk didaur ulang sehingga darah dapat mengalir dengan lancar.

Tingginya kadar kolesterol LDL didalam darah dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit, seperti stroke, penyakit jantung, darah tinggi, dll. Oleh karena itu, kadar kolesterol LDL didalam darah harus dikendalikan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk “menurunkan kadar kolesterol” seperti menggunakan obat kolesterol konvensial atau herbal.

Baca juga: Fakta Ilmiah : Melinjo tidak menyebabkan kadar asam urat meningkat

Salah satu obat kolesterol alami untuk melawan kolesterol jahat yang patut Anda coba, ialah dengan menggunakan daun salam. Yup! Bumbu dapur ini dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Mengapa Daun Salam?

Karena Daun salam mengandung zat flavonoida yang berperan sebagai antioksidan dan zat tannin. Kombinasi zat – zat tersebut terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Lalu, bagaimana cara mengolah daun salam untuk dijadikan obat kolesterol? Dan bahan apa saja yang diperlukan? Berikut penjelasannya

Bahan – bahan yang diperlukan, yaitu:

  • Daun salam (7 lembar)
  • Daun cermai (30 gram)
  • Air (600 cc)

Nah, daun salam ini dapat kita buat menjadi minuman herbal yang nikmat. Berikut langkah – langkah cara membuatnya, yaitu:

  1. Pertama, didihkan air sebanyak 600 cc
  2. Kemudian, masukkan 7 lembar daun salam dan 30 gram daun cermai yang telah dicuci ke dalam air yang mendidih
  3. Lalu, rebuslah semua bahan tersebut hingga air tersisa sekitar 300 cc atau setengahnya
  4. Setelah itu, angkat dan tiriskan lalu minumlah

Namun, Anda perlu memerhatikan beberapa hal dalam mengonsumsi minuman herbal ini. Anda tidak dibolehkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat menyebabkan sembelit. Selain itu, dalam pemilihan daun salam, gunakanlah daun salam yang masih muda jangan yang sudah berwarna hijau tua.

Minuman herbal daun salam ini dapat Anda konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari. Manfaat daun salam untuk menurunkan kolesterol biasanya baru dapat dirasakan setelah 3 minggu jika Anda mengonsumsinya setiap hari secara teratur. Tetapi ada hal lain yang juga perlu diperhatikan saat mengkonsumsi Daun Salam ini. Yakni, Anda juga harus tetap mengecek kadar kolesterol dalam darah Anda. Jika kadar kolesterolnya sudah berkurang, disarankan untuk segera berhenti mengonsumsi minuman ini sebab kadar kolesterol yang terlalu rendah pun tidak akan memberikan dampak baik bagi tubuh.

Untuk mencegah kadar kolesterol Anda naik kembali. Ada beberapa hal yang harus dilakukan salah satunya yaitu menjaga pola makan. Hindarilah makan makanan seperti, lobster, hati, junk food, susu, daging, dan lainnya.  Bukan hanya itu, Anda juga harus melakukan perubahan gaya hidup seperti berolahraga secara teratur, tidak mengomsumsi minuman beralkohol, serta berhenti merokok. Namun, yang terpenting dari semua ini adalah kekonsistenan dan kedisiplinan dalam menjalaninya.

Nah, sekian artikel kali ini. Semoga Cara Alami Turunkan Kolesterol dengan Daun Salam ini bisa bermanfaat untuk anda semua.



Baca juga: Obat Simvastatin: Interaksi, Kontraindikasi dan Efek Sampingnya