7 Makanan dan Minuman Penghilang Stress yang Harus Kamu Coba!

0
830
7 Makanan dan Minuman yang Dapat Menghilangkan Stress
7 Makanan dan Minuman yang Dapat Menghilangkan Stress

Bidhuan.id – Pernah merasakan stress yang berlebihan? Mungkin mencari berbagai tips penghilang stress pernah anda lakukan sebagai solusinya. Namun, pernahkan mencoba cara lain seperti dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menenangkan pikiran atau makanan pereda stress? Bahkan, ada pula minuman penghilang stress loh. Penasaran apa saja Makanan dan Minuman yang Dapat Menghilangkan Stress itu? Simak ulasannya dibawah ini.

Makanan dan minuman penghilang stress

Di zaman yang modern ini tingkatan seseorang untuk mengalami stress semakin meningkat. Tekanan hidup, kondisi sekitar, kesibukan, serta gaya hidup merupakan beberapa hal yang dapat memicu timbulnya stress. Jika terus dibiarkan stress dapat menganggu kondisi psikologis kita. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carneigh Mellon University menyebutkan bahwa stress dapat menurunkan sistem imun tubuh, yang mana akhirnya dapat menimbulkan penyakit. Sehingga aktivitas sehari-hari pun menjadi terganggu.

Para ahli dengan berbagai penelitian yang dilakukannya telah menemukan sebuah cara alami untuk memerangi stress yakni melalui makanan dan minuman, yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman penghilang stress yang banyak mengandung antioksidan, vitamin B, asam folat, omega 3, dan vitamin C.

Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat meredam stress, antara lain:

  1. Minum Jus Melon

Buah Melon bisa jadi salah satu jus buah untuk menghilangkan stress. Didalam buah melon terkandung enzim yang disebut superoxide dismutase, yang mana berfungsi untuk mencegah kerusakan jaringan pada tubuh serta dapat membantu mengurangi stress.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Nutrition BioMed Central pun telah memperkuat pernyataan tersebut. Dalam penelitian tersebut, relawan yang mengonsumsi kapsul yang mengandung ezim superoxide dismutase dilaporkan lebih sedikit mengalami gejala stress dan kelelahan yang berlebihan. Bukan hanya itu, enzim superoxide dismutase juga dapat meningkatkan konsentrasi, mengurangi perasaan lelah, dan mudah marah.

Baca juga: Kenali Beragam Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

  1. Konsumsi Cokelat

Makanan yang satu ini tidak saja merupakan makanan yang banyak digemari, tetapi juga merupakan makanan pereda stress. Yup!

Cokelat dapat menjadi makanan yang dapat menenangkan pikiran karena mengandung senyawa endorphins yang terbukti ampuh dalam meredam stress. Didalam tubuh, senyawa tersebut bereaksi guna meningkatkan kadar serotonin, yaitu sebuah hormon yang dapat membuat seseorang merasa senang dan nyaman.

  1. Karbohidrat Kompleks

Saat stress sedang melanda, cobalah untuk makan makanan yang berbasis karbohidrat.

Makanan pereda stress yang dimaksud dalam hal ini seperti sereal, roti gandum, pasta, ataupun oats. Sama halnya dengan cokelat, makanan yang berbasis karbohidrat juga dapat merangsang pelepasan hormone serotonin yang berguna dalam membantu kita untuk bersantai sehingga dapat meredam stress yang dialami.

  1. Makan Sayur Brokoli

Salah satu tips penghilang stress yang bisa dicoba ialah dengan menyantap makanan yang banyak mengandung antioksidan. Terbukti  mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan efektif dalam membantu meredakan stress, contohnya seperti brokoli.

Selain mengandung banyak antioksidan, didalam brokoli juga terkandung vitamin B, terutama asam folat (folic acid) yang memiliki beberapa manfaat, bukan hanya dapat mengurangi stress, melainkan juga gelisah, sindrom panik, bahkan depresi. Ditambah dengan kandungan serat alami yang terdapat didalamnya dapat membantu proses pencernaan tubuh Anda.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan Tubuh

  1. Teh sebagai minuman penghilang stress

Selain makanan terdapat pula beberapa jenis minuman yang dapat mengurangi stress. Salah satu minuman penghilang stress tersebut adalah teh.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University College London menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi teh akan lebih cepat pulih dari stress dan memiliki kadar hormon stress yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang minum-minuman plasebo.

Salah satu dari jenis teh yang ampuh dalam mengurangi stress adalah teh hitam. Selain bermanfaat dalam pemulihan stress, teh hitam juga berguna dalam merangsang energi.

Sama halnya dengan teh hitam. Teh hijau juga dapat mengurangi stress. Namun bukan hanya itu saja, kandungan catechin didalamnya dapat berfungsi untuk menyehatkan mata dan mencegah radikal bebas. Selain itu, terdapat pula asam amino thenine yang dapat merelaksasikan atau menenangkan otak.

  1. Minum Susu

Susu memang kebanyakan dikonsumsi oleh anak-anak, namun bukan berarti bahwa orang dewasa sudah tidak pantas untuk mengonsumsinya. Meminum segelas susu saat sebelum tidur terbukti dapat membantu meredam stress, membuat tubuh serta pikiran menjadi rileks dan bersantai sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Hal tersebut didasari oleh hasil penelitian seorang professor fisiologi, Mary Dallman, PhD yang menyatakan bahwa kalsium yang terkandung pada susu dapat menenangkan hati dan mengurangi kecemasan dikarenakan kalsium mampu mengurangi ketegangan pada otot dan menenangkan saraf. Namun, ada baiknya bagi orang dewasa untuk memilih susu yang berjenis low-fat agar lemak tidak menumpuk didalam tubuh.

  1. Makan Ice Cream

Bukan hanya cokelat yang banyak digemari, ice cream pun juga. Ice cream memang dikenal sebagai mood booster yang sangat manjur. Saat Anda sedang stress karena terlalu banyak pikiran atau tugas yang menumpuk, cobalah untuk memakan ice cream. Lezat dan dinginnya ice cream dinilai ampuh dalam mengurangi stress yang menimpa.

Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti dari University of Califronia yang menyatakan bahwa susu dan krim yang terkandung pada ice cream memiliki banyak asam amino tryptophan yang mampu merelaksasikan otak kita.

Nah, itu dia 7 Makanan dan Minuman yang Dapat Menghilangkan Stress yang bisa kamu coba Bidhuaners! Semoga bermanfaat ya.



Baca juga: Hindari Penyedap Masakan MSG Karena Termasuk Narkoba Perusak Bangsa