Tips dan Cara Menghilangkan Capek Saat Beraktivitas

0
314
cara menghilangkan capek, lelah, letih, lesu
cara menghilangkan capek, lelah, letih, lesu

Bidhuan.id – Tiap individu mungkin akan selalu memiliki beragam cara menghilangkan capek yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah dalam “menghilangkan rasa capek yang berlebihan” menggunakan cara yang dilakukan kebanyakan orang? Sebenarnya, menghilangkan rasa capek, lelah, letih dan lesu yang paling tepat adalah menggunakan cara yang sehat. Bagaimana proses dan caranya? Mari ikuti terus ulasan dibawah ini.

Merasa lelah, letih, lesu atau capek memang merupakan hal yang wajar bagi setiap manusia, terlebih jika sudah melakukan beragam aktivitas yang terhitung berat. Akan tetapi, di era modern seperti sekarang ini kondisi tersebut hanya akan menjadi gangguan dalam pekerjaan. Karena dewasa ini tidak sedikit standar pekerjaan yang menuntut tingkat produktifitas yang tinggi.

Penyebab Tubuh Mudah Lelah, Letih dan Lesu (Capek)

cara menghilangkan rasa capek dan ngantuk yang berlebihan
cara menghilangkan rasa capek dan ngantuk yang berlebihan

Rasa lelah atau capek tersebut diketahui disebabkan oleh beragam faktor. Biasanya, beberapa faktor pemicu tersebut jarang disadari oleh banyak orang pada umumnya. Lalu, apa sajakah faktor yang memicu tubuh menjadi mudah lelah atau capek? Inilah beberapa penyebab yang dapat kita ketahui bersama.

  1. Kurang Tidur dan Istirahat – Saat tubuh menjadi mudah lelah hingga “Capek dan Ngantuk” biasanya diketahui karena faktor kurang tidur atau kurang istirahat. Pada umumnya, waktu istirahat yang dibutuhkan adalah hingga 8 jam sehari namun dengan tidur yang berkualitas. Jika tidak memenuhi waktu tersebut, maka tubuh akan mudah lelah serta tingkat konsentrasipun akan cenderung menurun.
  2. Kekurangan Energi – Aktivitas yang tinggi tentunya harus diimbangi dengan asupan nutrisi setiap harinya. Jika asupan nutrisi melalui makanan terhitung minimum, maka jangan heran jika tubuh akan mudah lelah atau capek.
  3. Depresi dan Stress – Faktor psikologis seperti depresi atau stress juga diketahui dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah. Kendati merupakan gangguan emosi, namun hal tersebut diketahui sangat mempengaruhi kondisi fisik seseorang.
  4. Dehidrasi – Penyebab umum lainnya yang membuat tubuh menjadi mudah lelah yakni karena faktor dehidrasi. Kekurangan cairan di tubuh memiliki pengaruh yang sangat besar bagi stamina seseorang, pasalnya sebagian besar tubuh manusia memang diisi oleh kadar mineral.

Selain empat faktor tersebut, diketahui masih terdapat faktor lainnya seperti memiliki penyakit anemia, diabetes, hingga penyakit jantung.

[Baca juga: Duduk Dalam Posisi Sama Berjam – Jam Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung]

Lalu, bagaimana cara mengatasi kondisi kelelahan atau capek tersebut? Inilah beberapa cara menghilangkan capek atau lelah dengan cara yang lebih sehat.

Cara Menghilangkan Rasa Capek ( Tips obat capek paling ampuh)

tips obat capek paling ampuh pada kaki, punggung
tips obat capek paling ampuh pada kaki, punggung

Minum Air Putih

Langkah paling mudah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan capek atau rasa lelah adalah dengan mengkonsumsi air mineral. Pasalnya kebanyakan orang ketika merasa capek atau kelelahan biasanya karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka dari itulah membuat kondisi tubuh tetap terhidrasi dengan baik merupakan salah satu langkah yang paling tepat dan mudah.

Makan

Kekurangan energi juga disinyalir merupakan salah satu penyebab umum tubuh merasa mudah lelah atau capek. Maka dari itulah saat tubuh merasa lelah atau capek, cobalah untuk memenuhi asupan energi melalui beragam makanan yang dikonsumsi. Selain itu, utamakan kualitas makanan yang dikonsumsi dibandingkan dengan kuantitasnya agar lebih cepat dan mudah memulihkan stamina tubuh.

Peregangan Otot

Jika rasa lelah atau capek yang dirasakan bukan karena aktifitas berat, maka dapat diartikan bahwa rasa lelah tersebut akibat tubuh yang kurang bergerak. Terlalu sering duduk bekerja atau di depan komputer maka akan membuat tubuh menjadi mudah lelah. Untuk mengatasinya, lakukan peregangan otot walaupun hanya beberapa saat. Hal tersebut membantu membuat otot dan syaraf menjadi lebih rileks sehingga rasa lelah pun akan sedikit berkurang.

Mencuci Muka

Tidak berbeda jauh dengan poin di atas, selain melakukan peregangan otot maka Anda juga dapat mencuci muka agar kondisi menjadi lebih fresh dan segar. Terlebih jika Anda bekerja di depan komputer dalam waktu yang relatif lama. Maka hanya dengan sekedar mencuci muka pun rasa lelah akan berkurang sedikit demi sedikit.

Jalan-Jalan Sesaat

Setelah melakukan beberapa aktifitas di atas, maka ada baiknya jika Anda tidak segera kembali ke meja kerja atau aktivitas Anda. Namun sempatkanlah untuk berjalan-jalan terlebih dahulu sebagai langkah untuk menuntaskan rasa lelah dan capek di tubuh Anda. Dengan begitu, tubuh Anda pun dapat lebih segar walaupun harus berativitas hingga seharian.

Demikian di atas tadi adalah beberapa cara menghilangkan capek dan lelah menggunakan cara yang lebih sehat. Semoga informasi panduan kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu serta bermanfaat untuk Anda semua.

[Baca juga:Muncul Rekaman dan Meme Setya Novanto Hampir Jatuh Tertidur di Munaslub Golkar]