4 Jenis Lensa Kacamata Terbaik yang Perlu Anda Ketahui

0
12000
jenis lensa kacamata terbaik
jenis lensa kacamata terbaik

Bidhuan.id – Sebagian dari Anda mungkin masih merasa bingung dengan berbagai macam “jenis lensa kacamata” yang ada di pasaran saat ini. Terutama ketika akan mencari sebuah kacamata yang tidak hanya tepat dan cocok namun juga sesuai dengan fungsinya untuk digunakan. Jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai jenis-jenis lensa kacamata serta menentukan kacamata dengan lensa seperti apa yang tepat untuk anda? Mungkin jawabannya dapat Anda temukan pada ulasan berikut ini.

Kacamata terdiri dari dua bagian atau rangkaian yang berbeda, yakni bagian frame atau rangka kacamata dan juga lensa kacamata. Keduanya memang merupakan bagian penting, namun yang menentukan fungsi dari kacamata tersebut adalah lensa yang digunakan. Jenis lensa kacamata yang digunakan pada kacamata biasanya ditentukan melalui keluhan yang dimiliki.

Untuk itu, agar dapat menentukan jenis lensa kacamata terbaik yang harus digunakan, terlebih dahulu anda harus mengetahui jenis keluhan mata mana yang anda derita.

Beberapa Jenis Keluhan Penglihatan Pada Mata

Kacamata sendiri biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki keluhan atau gangguan pada mata. Pada dasarnya, terdapat tiga penyakit mata yang membutuhkan alat bantu seperti kacamata untuk mengoptimalkan fungsi penglihatan seseorang. Beberapa jenis penyakit tersebut antara lain adalah :

  1. Miopi atau yang lebih dikenal dengan rabun jauh
  2. Hipermetropi atau yang lebih dikenal dengan rabun dekat
  3. Presbiopi atau yang lebih dikenal dengan kombinasi antara rabun jauh dan rabun dekat.

Ketiga keluhan pada mata tersebut diketahui membutuhkan alat bantu seperti kacamata jika ingin penglihatan kembali menjadi normal. Dan yang membedakan jenis kacamata menurut keluhan tersebut adalah penggunaan macam-macam lensanya.

[Baca juga: Penyebab serta Ciri Mata Silinder (Astigmatisme) Rendah dan Tinggi ]

Bagi anda yang ingin mengetahui macam-macam lensa tersebut, maka inilah jenis lensa kacamata yang ada hingga saat ini.

Jenis Lensa Kacamata dan Fungsinya

jenis lensa kacamata bahan lensa kacamata dan fungsinya
jenis lensa kacamata, bahan lensa kacamata dan fungsinya
  • Single Vision Lens atau Lensa Tunggal

Lensa single vision atau lensa tunggal ini merupakan lensa kacamata yang memiliki satu titik fokus dengan satu ukuran. Dikatakan sebagai lensa single vision karena daya fungsinya yang memang hanya untuk satu ukuran.

Biasanya, lensa jenis ini digunakan oleh penderita penyakit mata dengan keluhan mata seperti rabun jauh atau minus (myopia), rabun dekat atau plus (hipermetropia), hingga keluhan mata seperti penglihatan yang berbayang atau Silinder (astigmatisma).

  • Bifocal Lens atau Lensa Bifokal

Berbeda dengan lensa sebelumnya, lensa bifokal ini memiliki dua titik fokus yang berfungsi untuk membantu penglihatan jarak jauh dan dekat dalam satu lensa. Titik fokus tersebut terdapat pada bagian atas dan juga bagian bawah lensa.

Titik fokus lensa bawah biasanya digunakan untuk penglihatan jarak dekat seperti membaca. Sedangkan titik fokus bagian atas biasanya digunakan untuk membantu penglihatan jarak jauh. Dan lensa bifokal ini akan digunakan pada keluhan mata seperti mata tua atau presbiopia.

  • Progressive Lens atau Lensa Progresif

Sebenarnya lensa progresif ini tidak berbeda jauh dengan lensa bifokal yang juga memiliki dua titik fokus, yakni titik fokus untuk jarak dekat dan juga untuk jarak jauh. Sedangkan perbedaannya terletak pada pembatas kedua titik fokus tersebut.

Dimana pada lensa progresif tidak memiliki garis pembatas seperti pada lensa bifokal. Dengan kombinasi tersebut keuntungan yang diperoleh adalah sudut pandang dengan jarak yang sedang. Sehingga lensa ini lebih memberikan kenyamanan pada penggunanya.

Untuk harga lensa progresif ini ada di kisaran harga Rp 200.000 – 600.000

  • Transitions Lens atau Lensa Transisi (Lensa kacamata berubah warna)

Berbeda dari lensa-lensa sebelumnya, lensa kacamata yang satu ini merupakan lensa kacamata yang dapat berubah warna. Perubahan tersebut terjadi biasanya saat lensa terkena cahaya sinar matahari, dimana lensa akan berubah menjadi lebih gelap.

lensa kacamata berubah warna
lensa kacamata berubah warna

Sedangkan ketika dalam ruangan yang minim akan cahaya, maka lensa akan berubah menjadi bening seperti lensa kacamata untuk baca. Dan keuntungan menggunakan lensa ini adalah akan melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet.

Setelah mengetahui beberapa jenis lensa kacamata di atas tadi, harusnya saat ini Anda sudah tidak bingung lagi dalam menentukan lensa yang tepat untuk kacamata yang akan anda gunakan. Pilihlah lensa yang sesuai dengan mata Anda, agar keluhan pada mata tidak menjadi semakin parah. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi yang membantu sekaligus bermanfaat.



[Baca juga: Meme Illuminati Tanda Mata Dajjal Ini Bisa Membuat Ngakak Juga]

SHARE