Kapalan: Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

0
421
Kapalan Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya
Kapalan Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Bidhuan.id – Kapalan (Callus) rata-rata muncul pada bagian tumit, tangan, kaki, dan jari. Kapalan tentu saja akan membuat anda jadi merasakan rasa tak nyaman, selain itu juga muncul rasa nyeri ketika melakukan aktivitas. Terutama saat berjalan jika kapalan tersebut ada di telapak kaki. Lalu bagaimana “cara menyembuhkan kapalan” pada telapak kaki tersebut mulai dari Cara Tradisional, Operasi sampai menggunakan Obat kapalan di apotik? Langsung saja disimak ulasannya berikut ini

Perlu kita tahu kalau sebenarnya kapalan itu terjadi karena adanya reaksi alami oleh tubuh dalam usaha memproteksi bagian kulit Anda. Kapalan tidak berbahaya, sebab kapalan adalah kondisi pengerasan atau penebalan pada kulit yang disebabkan oleh gesekan dan tekanan berlebihan. Kulit yang terkena kapalan biasanya jadi berwarna kekuningan.

Rata-rata semua orang pernah mengalami kapalan, terutama kapalan di telapak tangan dan kapalan di kaki. Ya paling tidak minimal satu kali, sehingga membuat kapalan ini tentunya tidak asing lagi anda dengar bukan?

Efek kulit kapalan

Lalu seperti apa sih efek kapalan itu? Baik kapalan di kaki maupun di bagian telapak tangan maka akan menyebabkan bagian kulit yang terkena kapalan itu menjadi kurang sensitif pada sentuhan.

Pada umumnya kapalan seringkali muncul di telapak kaki, sebab saat Anda berjalan telapak kaki merupakan bagian yang akan menopang beban tubuh. Memilih model dan ukuran sepatu yang salah juga dapat menjadi faktor penyebab kaki mengalami kapalan.

Gejala Kapalan

Di bawah ini merupakan beberapa gejala dan tanda kulit yang mengalami kapalan, yaitu:

  • Muncul benjolan mengeras di kulit
  • Pada sebagian kulit terasa menebal dan kasar
  • Rasa sakit atau nyeri ketika bagian bawah kulit disentuh
  • Kulit yang berubah jadi pecah-pecah atau kering

Sebelumnya disebutkan kalau kapalan bisa menimbulkan rasa nyeri, namun sebenarnya hal itu jarang sekali terjadi. Untuk orang yang terserang penyakit kencing manis atau mengalami sirkulasi darah buruk, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, sebelum mengambil keputusan untuk mengobati kapalan sendiri. Terutama jika anda  mengalami kedua kondisi tersebut. Sebab, cedera kecil saja di kaki dapat mengakibatkan terjadinya infeksi. Sehingga penting untuk konsultasi ke dokter apabila pada kulit yang mengalami kapalan mulai terasa nyeri (peradangan).

Penyebab Kapalan

penyebab serta cara menghilangkan kapalan di tangan dan di kaki

Gesekan dan tekanan berlebih di telapak kaki dapat menjadikan area kulit tertentu menebal, dengan kata lain terjadi kapalan. Tetapi tidak langsung, kapalan terjadi apabila kondisi tersebut terjadi hingga berulang-ulang, dan di bagian kulit tertentu, tak berpindah-pindah. Untuk beberapa kasus memang kapalan dapat muncul bukan karena gesekan namun disebabkan oleh type kulit orang tersebut. Misalnya saja pada lansia, kapalan bisa terjadi karena jaringan lemak di kulit orang lansia itu telah berkurang. Kelainan bentuk tulang juga dapat menyebabkan kapalan.

Selain itu ada juga istilah bunion, di mana bunion ini merupakan sebuah kondisi muncul benjolan di sendi pangkal dari jempol kaki, yang terbentuk dari tulang. Kondisi bunion bisa memicu kulit kaki terjadi kapalan. Begitu pula dengan “Jari kaki palu”, sebuah kondisi cacat, sendi jari kaki seseorang membengkok ke arah bawah, layaknya cakar. Kondisi jari kaki palu dapat memicu kapalan, karena bagian jari kaki tersebut akan sering mengalami gesekan ketika Anda bergerak.

[Baca juga:Cara Merawat Kaki Agar Selalu Terlihat Indah Seperti Wajah Artis]

Obat kapalan

obat kapalan yang bagus di tangan dan di kaki
obat kapalan yang bagus di tangan dan di kaki

Meski bukan penyakit yang berbahaya, kapalan bisa membuat anda jadi tidak nyaman. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kapalan baik itu kapalan di kaki maupun kapalan di tangan.

Gunakan Batu Apung
Cara pertama sekaligus merupakan cara tradisional mengobati kapalan yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan batu apung. Ya, ternyata batu apung juga dapat membantu menghilangkan kapalan. Cara penggunaanya cukup dengan menggosokan batu apung tersebut pada bagian yang kapalan.

Potong Bagian Kapalan Yang Menebal
Jika memang kapalan sudah parah dan anda tidak tahan lagi dengan rasa nyeri yang ditimbulkan anda bisa mencoba cara ini (operasi). Yakni dengan memotong bagian kapalan yang menebal tersebut. Namun, jangan sembarangan melakukannya sendiri sebab bila proses pemotongan tersebut salah dan tidak dilakukan dengan alat yang benar bisa-bisa malah menimbulkan infeksi. Jika ingin mencoba cara yang satu ini, sebaiknya anda melakukannya di Dokter ahli bedah.  Setelah melakukan pemotongan bagian kulit yang menebal (kapalan) biasanya dokter akan memberikan salep antibiotik untuk mengurangi infeksi yang ada.

Obat Kapalan Callusol
Obat Callusol merupakan obat kapalan di apotik yang bisa anda beli tanpa perlu adanya resep dokter. Obat ini mempunyai kandungan asam silsilat sebesar 40%. Mengapa menggunakan Asam Silsilat? Sebab, asam silsilat mempunyai sifat keratolik yang dapat membuat protein (keratin) sebagai pembentuk kapalan jadi larut.

Jika ingin mencoba nya anda bisa mencari di Apotik atau Toko Obat dengan Merk Callusol, obat tersebut mempunyai kandungan Asam silsilat yang dapat membantu menghilangkan kapalan. Jangan lupa untuk membaca aturan pakainya ya.

Selain itu anda juga bisa menggunakan salep antibiotik dan Krim khusus untuk rehydrate kulit.



[Baca juga:Kisah Gadis Kecil Punya 1 Kaki Punya Rencana Ikut Lomba Lari 5 KM, Kok Bisa?]