Tips dan Cara Menjadi Gemuk Dalam Waktu 1 Minggu

0
531
Tips dan Cara Menjadi Gemuk Dalam Waktu 1 Minggu
Tips dan Cara Menjadi Gemuk Dalam Waktu 1 Minggu

Bidhuan.id – Bagi sebagian kalangan mungkin cara menjadi gemuk merupakan cara yang terhitung sulit dilakukan. Ya, pasalnya memang tidak semua individu akan memiliki tipe tubuh yang mudah gemuk atau mudah bertambah berat tubuhnya. Sekalipun mereka banyak makan, namun biasanya berat tubuhnya tak kunjung bertambah.

Pada dasarnya, setiap orang tentu akan selalu menginginkan tubuh yang terlihat ideal dan proposional. Dan biasanya salah satu hal yang sulit dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah menambah bobot tubuh atau berat tubuh. Bagi mereka yang terlalu kurus, maka sudah tentu berat tubuh harus ditambah hingga mencapai batas ideal.

Menjadi gemuk dalam konteks yang “sehat” tentu saja bukan merupakan cara cepat gemukan badan dengan kadar lemak berlebihan di dalam tubuh. Melainkan gemuk dengan cara menambah massa otot dan bukan menambah lemak. Dengan begitu, tubuh pun akan tetap sehat walaupun dalam kondisi yang gemuk.

Penyebab Tubuh Sulit Menjadi Gemuk

Adapun beberapa faktor yang dapat diketahui mengapa tubuh sulit menjadi gemuk yakni :

  1. Faktor Genetik/Keturunan tidak ada yang mempunyai Badan Gemuk 

Jika orangtua dan hampir seluruh anggota keluarga lainnya memang memiliki tubuh yang kurus, maka bisa jadi hal tersebut menjadi salah satu penyebabnya. Kendati demikian, tentu saja bukan berarti Anda tidak dapat menjadi gemuk atau memiliki tubuh yang berisi.

  1. Gangguan Sistem Metabolisme Tubuh

Faktor kedua yang biasanya menyebabkan tubuh menjadi kurus adalah adanya gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Biasanya proses metabolisme tubuhnya akan berangsur lebih cepat dari individu pada umumnya. Sehingga walaupun makanan yang masuk cukup banyak, maka proses pembakaran pun akan ikut berangsur cepat. Dan untuk hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

  1. Tidak Pernah Melakukan Detoks

Banyaknya racun yang terdapat di dalam tubuh bisa saja menjadi salah satu penyebab sulitnya tubuh menjadi gemuk. Terlebih jika jarang berkeringat, maka berbagai racun pun dipastikan mengendap di dalam tubuh dan sulit keluar.


Cara Biar Cepat Gemuk 

cara biar cepat gemuk

Setelah mengetahui penyebabnya, kini barulah kita dapat menuju bagaimana cara menambah berat tubuh yang sehat agar menjadi ideal dan proposional. Cara menjadi gemuk yang sehat tentu saja dengan menggunakan langkah-langkah yang benar dan tidak bersifat instan.

Penasaran dengan cara tersebut? Inilah beberapa cara sehat untuk membuat tubuh menjadi lebih gemuk.

Makan Secara Teratur

Orang yang kurus biasanya diketahui jarang makan dan tidak memiliki pola makan yang benar. Untuk itulah saat ingin gemuk, maka mulailah menggunakan pola makan yang sehat dan juga benar setiap harinya.

[Baca juga: Alasan Pedoman Gizi Seimbang Gantikan 4 Sehat 5 Sempurna Menurut Kemenkes]

Yakni dengan membiasakan makan hingga 3 kali dalam sehari. Mulai dari sarapan/makan pagi, makan siang, dan makan malam. Usahakan jangan sampai terlambat makan, dengan begitu tubuh pun akan terbiasa dengan asupan nutrisi yang diperoleh setiap harinya secara teratur.

Porsi Makan Ditambah

Selain jarang makan, orang kurus juga biasanya memiliki porsi makan yang kecil. Jika ingin menjadi gemuk, maka sudah tentu salah satu caranya yakni dengan menambahkan porsi makanan yang dikonsumsi. Namun tetu saja bukan berarti langsung ditingkatkan berkali-kali lipat.

Jika menghitung kalori, pada umumnya wanita akan membutuhkan kalori sebesar 1900 kalori sedangkan pria akan membutuhkan 2200 kalori setiap harinya. Jika ingin memiliki tubuh yang gemuk maka sebaiknya menambah asupan kalori hingga 1000 kalori setiap harinya. Jika masih merasa bingung, maka Anda dapat menggunakan tabel kalori sebagai panduannya.

Konsumsi Susu

Selain pola makan dan porsi makan, tentu saja masih banyak hal lain yang harus diperhatikan saat ingin memiliki tubuh yang gemuk. Salah satunya yakni dengan mengkonsumsi susu secara rutin minimal hingga dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari.

Susu dikenal memiliki nutrisi dan prorein yang mampu membanggun massa otot dalam waktu yang relatif cepat. Tipe susu yang dipilih sebaiknya jenis susu full cream, selain itu konsumsi juga makanan olahan susu lainnya seperti keju, ice cream, dan yoghurt.

Tinggalkan Kebiasaan Merokok

Ya, poin lainnya yang biasanya sulit dihentikan adalah kebiasaan merokok. Padahal banyak yang sudah membuktikan saat mereka berhenti merokok, maka secara otomatis tubuh akan menjadi lebih sehat dan gemuk. Untuk itulah jika ingin menjadi gemuk, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah lepas dari kebiasaan buruk yang satu ini terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara menjadi gemuk yang lebih sehat dengan cara menambah massa otot dan bukan memperbanyak lemak. Akan lebih baik memang jika dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi saat ingin membuat tubuh menjadi gemuk. Biasakan juga berolahraga serta memenuhi kebutuhan waktu istirahat yang cukup setiap harinya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda semuanya.



[Baca juga: 4 Cara Bagi Apoteker Untuk Bantu Ibu Hamil yang Obesitas]

SHARE