Obat Batuk Bayi Tak Boleh dipilih Sembarangan

0
251
Obat Batuk Bayi
Obat Batuk Bayi

Bidhuan.id – Mengobati batuk pada bayi tak boleh sembarangan, berbeda dengan mengobati batuk pada orang dewasa. Anda harus berhati-hati memilih “Obat Batuk Bayi”. Apalagi jika menggunakan antibiotik, salah-salah justru dapat membahayakan jiwa bayi Anda.

Saat bayi terserang batuk, memang membuat Anda merasa kasihan padanya, karena bayi akan sering menangis dan menjadi sulit makan. Kenyamanan bayi tentu saja akan sangat terganggu karena kondisi batuk tersebut. Biasanya, batuk yang menyerang bayi ini dapat mereda sendirinya tanpa pengobatan sesudah masa 2 minggu berlalu. Mari baca selengkapnya.

Batuk bayi dapat mereda sendiri

Walaupun setelah 2 minggu bisa mereda sendiri, bukan berarti penyakit batuk tersebut dapat Anda remehkan. Anda tetap harus memperhatikan khususnya jika muncul gejala-gejala yang tak biasa, karena mungkin saja bayi mengalami yang namanya komplikasi penyakit. Anda harus mengetahui ini sebelum terlambat.

Meringankan batuk bayi

Obat alami untuk meringankan batuk yang diderita bayi adalah dengan menggunakan beberapa metode di bawah ini:

  1. Gunakan campuran madu dan air lemon, berikan untuk bayi dengan usia di atas 1 tahun, ramuan tradisional ini dapat meringankan gejala batuk yang diderita sang bayi
  2. Perbanyak waktu tidur dan istirahat
  3. Bayi bisa memanfaatkan uap panas pada ruangan dalam membantu melegakan saluran pernafasan mereka yang terganggu karena flu dan batuk. Anda harus memastikan bayi agar menghirup uap supaya tak terluka
  4. Berikan ASI, Air Susu Ibu, supaya tubuh bayi dapat melawan infeksi dengan lebih baik

 

Pengobatan menggunakan Powder Ma Pak Leung Yim Cher

Ini merupakan obat dengan racikan dari China. Obatnya bukan buatan Indonesia, melainkan diimport oleh PT. Intra Aries. Cukup banyak yang mencari obat ini, disebutkan bahwa obat ini memiliki salah satu fungsi untuk mengobati batuk pilek anak hingga bayi.

Dibuat menggunakan bahan yang berkualitas tinggi. Selain itu Ma Pak Leung Yim Cher ini juga diklaim bisa mengencerkan dahak, mengusir masuk angin, menurunkan panas demam, detoksifikasi, dan sering kaget.

Cara menggunakannya diminum memakai air hangat, jadi dilarutkan menggunakan sendok. Bentuk kemasannya berupa dus kecil, dan 1 dus kecil itu berisi enam botol dengan takaran 0,67 gram. Jika memang berniat membeli obat ini, belilah di toko terpercaya, karena ada banyak barang tiruan yang beredar.

Meminimalkan penyakit batuk pada bayi

Selain memberi obat, Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara untuk meminimalkan terjadinya batuk flu pada bayi Anda. Pola hidup bersih dan baik, khususnya pada lingkungan tempat tinggal, harus dijaga dengan benar. Debu harus dibersihkan tiap hari, terutama pada ranjang bayi, agar debu dan benda asing lainnya tak masuk tubuh bayi.

Begitu pula dengan boneka berbulu, di mana jika bayi Anda adalah bayi perempuan, maka kemungkinan besar Anda membelikan boneka berbulu untuk mereka. Jangan sampai boneka tersebut menjadi sumber penyakit bagi mereka. Boneka berbulu memang merupakan sarang debu jika jarang dibersihkan.

[Baca juga: Heboh! Gambar dan Video Bayi Akan Di Blender ]

Metode alami di atas cocok untuk bayi, dibandingkan memilih menggunakan obat yang dijual di apotik. Kecuali Anda telah pergi konsultasi ke dokter. Sebab penanganan penyakit pada Bayi tak boleh sembarangan konsumsi obat, karena untuk meminimalkan efek samping dari obat tersebut. Ingatlah bayi masih rentan, jadi sebaiknya konsultasi ke dokter jika bayi terserang batuk.