Masyarakat Wajib Tahu Alasan Minum Obat Sesudah atau Sebelum Makan

0
1275
Masyarakat Wajib Tahu Alasan Minum Obat Sesudah atau Sebelum Makan

Bidhuan.id – Masyarakat Wajib Tahu Alasan Minum Obat Sesudah atau Sebelum Makan. Pada umumnya konsumsi obat sesudah makan, tetapi beberapa jenis obat harus dikonsumsi sebelum makan. Hal yang mungkin dianggap kecil tetapi bakal membuat obat tidak bekerja dengan baik jika salah waktu mengkonsumsinya.

Melalui situs haloapoteker.id yang memiliki visi sebagai portal utama pelayanan informasi dan konsultasi obat menjelaskan dengan gamblang alasan minum obat sesudah atau sebelum makan.

  • Kapan sebaiknya kita minum obat? Sebelum atau sesudah makan?

Obat diserap melalui saluran pencernaan. Makanan dapat mempengaruhi penyerapan obat di dalam saluran pencernaan, baik itu mempercepat atau memperlambat penyerapan obat dalam saluran cerna. Sehingga obat diminum sebelum atau sesudah makan perlu dipertimbangkan dengan melihat sifat obatnya terlebih dahulu (secara fisikokimia dan farmakokinetika).

  • Kenapa ada obat yang perlu diminum bersamaan dengan makanan atau setelah makan?
  1. Obat menyebabkan mual dan muntah. Contohnya Alopurinol dan bromokriptin. Obat ini lebih baik diminum setelah makan untuk meminimalisasi efek tersebut.
  2. Obat dapat mengiritasi lambung, contohnya aspirin, obat NSAID (misal Na-diklofenak dan ibuprofen), dan steroid (prednisolon, hidrokortison, deksametason).
  3. Obat dengan tujuan mengobati sariawan, contohnya nistatin cair yang berupamouthwashes, diminum setelah maka. Jika diminum sebelum makan, obat kurang efektif karena obat akan terbawa makanan.
  4. Obat-obatan yang lebih baik absorpsinya dengan adanya makanan, contohnya obat HIV seperti ritonavir, saquinavir, dan nelfinavir.
  5. Obat anti-diabetes. Karena tujuannya untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah, keterkaitan obat-obatan ini dengan waktu makan sangat erat. Adapun obat antidiabetes yang diminum bersamaan dengan makanan contohnya metformin, akarbosa, dan miglitol.
  • Bagaimana cara meminum obat setelah makan?

Obat yang harus diminum setelah makan sebaiknya dikonsumsi 1 (satu) jam setelah makan.

  • Bagaimana cara meminum obat bersamaan dengan makan?

Obat yang harus diminum bersamaan dengan makanan sebaiknya dikonsumsi ditengah-tengah saat makan atau 30 menit setelah makan.

  • Kenapa obat perlu diminum sebelum makan?

Obat yang diminum sebelum makan bertujuan untuk mendapatkan obat yang efektif karena proses penyerapan obat dalam saluran cerna meningkat, sifat obat tersebut baik penyerapannnya bila saluran cerna belum dipenuhi oleh makanan.

  • Bagaimana cara meminum obat sebelum makan?

Obat yang harus diminum sebelum makan sebaiknya dikonsumsi 1 (satu) jam sebelum makan.

  • Apa saja contoh obat yang perlu diminum sebelum makan?

Antibiotik seperti oksitetrasiklin, flukloksasilin, eritromisin, ciprofloksasin, ampisilin. Obat TBC seperti isoniazid. Obat maag seperti Antasida, Ranitidine, Omeprazole. Obat antihipertensi seperti kaptopril dan enalapril.

Jadi jangan lupa ketika mendapatkan obat dari apotek, segera tanyakan kepada apoteker mengenai aturan penggunaan obatnya. Kapan waktu obatnya harus dikonsumsi.

[Baca juga:Cara Bijak Hindari Overdosis Parasetamol Pada Obat Batuk Pilek Anak]



SHARE