Begini Cara Belajar Menelan Obat yang Benar Berdasarkan Fakta Ilmiah

0
1172

Bidhuan.id – Begini Cara Belajar Menelan Obat yang Benar Berdasarkan Fakta Ilmiah. Baik anak atau orang dewasa pada akhirnya akan dihadapkan dengan obat dalam bentuk pil, tablet, ataupun kapsul yang harus dikonsumsi ketika sakit.

Saat ini beredar beberapa informasi yang dinilai kurang tepat terlebih dengan cara berbarengan dengan makanan atau minuman lainnya yang mungkin bisa terjadi interaksi yang tidak diinginkan dengan obat yang dikonsumsinya.

Situs pharmacytimes.com memberikan beberapa tips yang didasari atas pengalaman para Apoteker di Inggris. Dalam analisisnya ditekankan bagaimana caranya pada akhirnya bisa menelan obat dengan normal menggunakan air minum.

1. Teknik menelan dengan mengatur posisi kepala

Sebuah studi yang diterbitkan di Annals of Family Medicine menguji keampuhan 2 metode untuk 151 pasien dengan dan tanpa mengalami kesulitan menelan pil. Para pasien diberikan 16 plasebo berbentuk berbeda yang didasarkan pada tingkat kemudahan menelan.

Metode pertama, pasien diminta menempatkan pil di lidah dan sedikit menutup bibir dan diminta kepala mendongakkan kebelakang (45 derajat) sambil melakukan gerakan mengisap air minum atau menelan air dan pil.

Teknik kedua, menempatkan pil di lidah mereka dan meminum seteguk air tetapi menahan diri dari menelan. Mereka kemudian diberitahu menekuk kepala mereka ke depan, memiringkan dagu mereka ke arah dada mereka dan kemudian menelan pil dan air dengan kepala mereka membungkuk ke depan.

Para peneliti menemukan bahwa kedua teknik terbukti “sangat efektif” baik untuk pasien yang memiliki kesulitan menelan pil dan mereka yang tidak melaporkan kesulitan.

[Baca juga:Berapa Lama Jangka Waktu Obat Dapat Dikonsumsi Setelah Segel Terbuka?]

Metode pertama meningkatkan keterampilan pil-menelan 59,7% dari mereka yang mencoba (169/283), sedangkan metode bersandar ke depan membantu 31 dari 35 pasien yang menggunakan teknik itu.

2. Menggunakan alat bantu

Ada 2 cara yang sering dilakukan orang tua di Luar Negeri, mungkin bidhuaners bisa membelinya melalui toko online. Menggunkan gelas khusus untuk meminum pil dan jug adengan sprayer pelincir lidah.

Botol gelas didesain agar pasien tidak melihat obat untuk menghindari ketakutan dalam menkonsumsi obat.

3. Pendekatan gambar secara persuasif

Adanya gambar dapat membantu anak-anak mengatasi ketakutan dalam mengkonsumsi obat, menurut Kathleen Bradford, MD, profesor pediatri di University of North Carolina di Chapel Hill, seperti dikutip dari The New York Times.

minum obat
Presepsi yang salah pada anak, karena dianggap akan nyangkut di tenggorokan (pic:well.blogs.nytimes.com)

Dr. Bradford mengatakan bahwa itu bisa berguna untuk anak-anak untuk menggambarkan lidah mereka sebagai perosotan dan pil sebagai pengendara turun lewat perosotan ke kolam, dan sampai ke lambung mereka.

4. Beritahu pasien untuk mengambil napas dalam-dalam.

Dalam studi Harris Interactive, 13% dari 679 orang dewasa yang disurvei mengatakan bahwa dengan mengambil napas dalam-dalam sebelum mengkonsumsi obat akan membantu meminimalkan refleks muntah mereka.

Tersedak adalah masalah paling umum ketiga untuk pasien dalam penelitian ini, menyusul kekhawatiran konsumsi pil akan bersarang di tenggorokan atau mengalami rasa pahit yang buruk setelahnya.

5. Berlatih dengan konsumsi permen

Beberapa pasien merasa terbantu untuk belajar menelan pil dengan berlatih dengan potongan-potongan pil berukuran kecil atau permen.

The Cincinnati Children’s Hospital Medical Center menunjukkan bahwa pasien pada akhirnya dapat menelan obat dengan sebelumnya menelan permen dan meningkatkan ukuran permennya. Pusat ini juga menyarankan pasien untuk mencoba dengan kapsul gel kosong dari apoteker mereka untuk belajar menelannya.

Bagi tenaga kesehatan terutama Apoteker, saatnya menyarankan pasiennya seperti langkah-langkah diatas yang pada akhirnya untuk membiasakan konsumsi obat tanpa alat bantu dan tambahan makanan ataupun minuman.



[Baca juga:Obat Tidak Akan Efektif Sembuhkan Penyakit Karena 4 Hal Ini]

SHARE