Cara Bijak Hindari Overdosis Parasetamol Pada Obat Batuk Pilek Anak

0
2723
apoteker

Bidhuan.id – Cara Bijak Hindari Overdosis Parasetamol Pada Obat Batuk Pilek Anak. Obat OTC (Over The Counter) atau obat jenis obat bebas dan obat bebas terbatas juga dapat memiliki efek samping yang serius pada anak-anak jika tidak menggunakannya sesuai aturan.

Obat OTC ini tersedia baik di Apotek maupun minimarket dan tidak memerlukan resep. Beberapa obat OTC yang paling umum digunakan untuk anak-anak adalah obat batuk dan pilek, yang seringkali mengandung acetaminophen atau parasetamol.

Pemberian berlebih dari parasetamol dapat mengakibatkan gejala keracunan obat. Dalam jangka panjang, penyalahgunaan parasetamo dapat berakibat pada kerusakan permanen dari organ hati dan kematian

Oleh karenanya orang tua harus berhati-hati untuk membaca label obat dan mengikuti petunjuk.

Penyebab paling umum dari overdosis parasetamol pada anak-anak berasal dari ketidaktahuan tentang berapa banyak dosis obat yang digunakan yang sebenarnya dapat dengan mudah diketahui melalui label atau etiket yang tertera pada obatnya.

Dikutip dari pharmacythimes.com, orang tua dapat mengambil tindakan tertentu untuk menjaga anak-anak mereka aman saat mereka mengambil obat OTC. Dosis yang tidak akurat menimbulkan salah satu risiko terbesar untuk anak-anak.

1. Gunakan sendok obat yang telah tertakar

Penggunaan sendok obat yang telah tertakar dan biasanya terdapat dalam sediaan sirupnya sangat diutamakan dibanding dengan menggunakan sendok makan atau teh dirumah.

Menggunakan sendok di rumah bisa menimbulkan dosis terlalu tinggi atau rendah.

2. Memilih sediaan atau formulasi obat khusus untuk anak

Memilih formulasi anak-anak dari obat OTC juga dapat mengurangi bahaya yang terkait dengan dosis yang tidak akurat. Banyak obat OTC datang dalam berbagai rasa dan bentuk sediaan, seperti tablet kunyah, cairan dan suspensi, disintegrasi dan tablet larut, dan strip tipis.

3. Perhatikan interaksi obat dan efek samping obat

Di luar dosis, risiko utama lainnya untuk anak-anak, interaksi obat, dan efek samping yang serius seperti efek sedatif atau tidur.

Apoteker di Apotek tentunya dapat memainkan peran kunci dalam membantu orang tua memahami OTC obat anak-anak mereka. Apoteker memiliki pengetahuan yang luas mengenai efek terapi obat dan interaksi obat serta dapat menentukan dan memilih alternatif obat OTC lainnya jika dapat berinteraksi dengan obat resep anak lainnya. Itulah salah satu kelebihan membeli obat di apotek selain terjamin keaslian obatnya.



[Baca juga:Efek Kandungan Dekstrometorfan pada Obat Batuk, mulai dari Halusinasi sampai Kematian]