Benarkah Aktivitas Olahraga Aman Bagi Penderita Penyakit Asma?

0
595
Benarkah Olahraga Aman Bagi Penderita Penyakit Asma?

Benarkah Aktivitas Olahraga Aman Bagi Penderita Penyakit Asma? Olahraga termasuk salah satu aktivitas yang sangat penting dilakukan untuk menjaga tubuh dan jantung tetap sehat.

Akan tetapi, ada pendapat bahwa penderita asma dilarang berolahraga karena aktivitas olahraga bisa menyebabkan penyakit asma mudah kambuh. Benarkah demikian?

Penderita penyakit asma memang tidak boleh melakukan aktivitas yang berat – berat. Bahkan aktivitas olahraga yang berat juga tidak disarankan untuk dilakukan penderita penyakit asma.

Namun bidhuaners harus tahu bahwa olahraga itu penting bagi siapapun, tidak terkecuali bagi penderita penyakit asma.

Lantas, olahraga seperti apa yang aman untuk dilakukan penderita penyakit asma?

Disini kami akan berikan tipsnya untuk bidhuaners. Kami akan berbagi tips aman menjalankan aktivitas olahraga bagi penderita penyakit asma. Yuk langsung saja simak uraian informasi di bawah ini!

Tips Olahraga Aman Bagi Penderita Penyakit Asma

Jika bidhuaners salah satu penderita penyakit asma, ada beberapa tips aman olahraga yang bisa bidhuaners lakukan. Informasi yang kami berikan ini seperti yang dilansir oleh webmd.com. Dan tips pertama yang bisa bidhuaners terapkan yaitu…

Sebelum Olahraga, Gunakan Obat Pra Olahraga

Pertama – tama konsultasikan dulu ke dokter bidhuaners, olahraga apa sajakah yang aman untuk bidhuaners mengingat tidak semua olahraga cocok dilakukan oleh penderita penyakit asma.

Setelah itu, sebelum bidhuaners benar – benar melakukan olahraga, upayakan untuk bidhuaners menggunakan dulu obat pra olahraga. Minta saran kepada dokter yang menangani bidhuaners obat pra olahraga apakah yang cocok bidhuaners konsumsi, semisal bronkodilator inhalasi, kromolin, atau nedocromil.

Dan tips kedua yaitu…

Lakukan Pemanasan Dan Pendinginan

Jika bidhuaners hendak melakukan olahraga lari – lari kecil, sebelum bidhuaners melakukannya upayakan melakukan pemanasan dulu supaya pernapasan dan otot tubuh bidhuaners tidak kaget. Lakukan pemanasan setidaknya 10 menit saja.

Kemudian setelah bidhuaners melakukan olahraga, lakukan pula pendinginan untuk memberikan rileksasi kepada organ tubuh bidhuaners secara keseluruhan.

Perhatikan Cuaca dan Lingkungan

Terkadang pengidap asma sensitif terhadap cuaca, ada yang sensitif terhadap panas maupun dingin. Terlebih bagi yang alergi debu, masker adalah solusi jitu untuk menghindari debu.

Solusi berolahraga di dalam ruangan bisa dilakukan untuk menghindari alergen.

Kenali Kemampuan Fisik Tubuh

Hanya diri bidhuaners yang mengetahui batas maksimal kemampuan tubuhnya. Berhentilah jika merasakan tingkat kelelahan sudah waktunya untuk berhenti.



Sangat mudah bukan menjalankan tips aman ini? Semoga informasi yang kami berikan kali ini mengenai Tips Olahraga Aman Bagi Penderita Penyakit Asma bermanfaat. Selamat menerapkan tips aman ini.

SHARE