6 Cara Menghilangkan Ketombe yang Parah dan Membandel

369
6 Cara Menghilangkan Ketombe yang Parah dan Membandel
6 Cara Menghilangkan Ketombe yang Parah dan Membandel

Bidhuan.idKetombe merupakan kulit kepala yang telah mati kemudian mengering dan terkelupas. Ketombe bisa terjadi pada siapa saja dan bisa jadi sangat mengganggu penampilan karena ada salju yang terus menerus turun mengotori baju. Berbagai cara dan produk khusus anti ketombe telah ditempuh untuk mengatasi ketombe, namun bukannya hilang melainkan bertambah parah atau bahkan ketombe hilang dan kembali lagi.

PENYEBAB KETOMBE

Selain karena kulit kepala yang kering, penggunaan produk shampoo yang tidak sesuai dengan kulit kepala dapat menyebabkan ketombe. Beberapa penyebab ketombe lainnya adalah :

  1. Jarang keramas ataupun mencuci rambut dapat membuat kulit kepala yang mati dan kering menjadi menumpuk, kemudian memunculkan ketombe
  2. Terlalu sering keramas juga dapat membuat rambut tidak mempunyai waktu untuk mereproduksi minyak alami rambut, agar kulit kepala tidak kering dan berketombe
  3. Kulit kering pada kulit kepala turun berpotensi menimbulkan ketombe
  4. Produk shampoo dan conditioner yang tidak cocok dengan kondisi kulit kepala
  5. Infeksi jamur malassezia yang biasa hidup di kulit kepala. Jamur ini tidak berakibat fatal pada kulit kepala, namun apabila jumlah jamurnya banyak dapat menyebabkan iritasi kulit kepala bahkan terjadi ketombe

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE

Perawatan mengatasi ketombe pada rambut berbeda dengan perawatan mengatasi rambut kering ataupun menumbuhkan rambut. Apabila Anda telah mencoba berbagai macam produk shampoo anti ketombe, namun tidak juga efektif menghilangkan ketombe dari kulit kepala sebaiknya pergunakan cara alami dari bahan bahan alami. Beberapa bahan yang bisa dijadikan untuk menghilangkan ketombe adalah :

1. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN JERUK NIPIS
CARA MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN JERUK NIPIS

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C, B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, asam sitrat, magnesium, kalium, seng dan gula. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat mendorong pertumbuhan akar rambut, menebalkan rambut dan mengatasi kebotakan. Selain itu vitamin C juga dapat membantu menebalkan rambut dan membasmi ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan jeruk nipis sangat mudah dan simple yaitu peraslah jeruk nipis, kemudian campurkan dengan sedikit air dan oleskan merata pada rambut. Kemudian diamkan sebentar agar meresap di kulit kepala dan setelah itu bilaslah dengan menggunakan air bersih.

2. Cara menghilangkan ketombe dengan garam

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN GARAM
CARA MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN GARAM

Garam dapur selain dipergunakan sebagai bumbu dapur ternyata dapat dipergunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat dasar dari garam sendiri mampu mengangkat kulit mati yang ada pada kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan bahan dapur garam sangat sederhana sekali yaitu cukup dengan menyediakan garam secukupnya saja, kemudian gosok gosokkan garam pada kulit kepala dan diamkan sebentar. Setelah itu bilaslah kepala dengan menggunakan air bersih.

3. Cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN MINYAK ZAITUN
CARA MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN MINYAK ZAITUN

Minyak zaitun mempunyai kandungan vitamin E yang mampu menutrisi rambut kulit kepala. Selain itu minyak zaitun juga efektif untuk mengangkat ketombe yang menempel di kulit kepala. Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan minyak zaitun sangatlah mudah yaitu dengan mengambil secukupnya minyak zaitun dan menaruhnya pada wadah bersih. Kemudian tambahkan sedikit air hangat dengan perbandingan 2 : 1 yaitu minyak zaitun 2 dan air 1. Setelah itu kocok hingga air hangat dan minyak zaitun tercampur rata.

Untuk mengaplikasikan minyak zaitun yang telah siap tadi dengan cara mengoleskannya sedikit demi sedikit pada kulit kepala, setelah sebelumnya kepala dalam keadaan bersih dan sudah dicuci/keramas. Pada saat rambut setengah mengering, sisirlah rambut dan bagi menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan sedikit demi sedikit minyak zaitun di kulit kepala. Agar hasil lebih maksimal, pergunakan minyak tersebut sama seperti pada saat mempergunakan creambath rambut.

4. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN LIDAH BUAYA
CARA MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN LIDAH BUAYA

Lidah buaya memiliki banyak sekali khasiat alami untuk tubuh termasuk untuk menghilangkan ketombe yaitu dengan cara memotong lidah buaya menjadi dua bagian tepat di tengah, kemudian peras daging lidah buaya sampai mengeluarkan air dan tempatkan pada wadah. Usapkan air hasil perasan gel pada kulit kepala dan diamkan selama 1 jam, agar nutrisi dalam ekstrak aloe vera terserap dalam kulit kepala. Jangan lupa untuk memijat lembut dalam beberapa menit sekali dan lanjutkan dengan keramas menggunakan air dingin. Usahakan untuk tidak menggunakan shampoo ringan atau herbal. Lakukan perawatan ini minimal seminggu 2 kali.

5. Cara menghilangkan ketombe dengan cuka

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN CUKA
CARA MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN CUKA

 

Biasanya cuka dipergunakan untuk memasak, namun ternyata cuka bisa efektif untuk menghilangkan ketombe. Dalam pemakaian cuka untuk menghilangkan ketombe sebaiknya jangan terlalu banyak agar tidak menimbulkan ketombe kembali lagi. Penggunaan cuka untuk menghilangkan ketombe dengan cara mengoleskan secara merata ke kulit kepala sebanyak 1 sendok makan cuka dan diamkan beberapa saat, kemudian lanjutkan dengan membilasnya sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya lakukan 2 kali dalam seminggu.

6. Cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE SECARA ALAMI DAN PERMANEN
CARA MENGHILANGKAN KETOMBE SECARA ALAMI DAN PERMANEN

Daun sirsak mempunyai kandungan acetogenin yang merupakan kumpulan dari senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik/membunuh racun yang ada didalam tubuh. Daun sirsak sendiri bagi serangga atau parasit sangat beracun sehingga sangat cocok dipergunakan untuk menghilangkan ketombe dan membasmi kutu. Cara pembuatannya juga sangat mudah yaitu dengan menumbuknya sampai halus dan menambahkan sedikit air, kemudian pergunakan sebagai masker rambut dan oleskan sampai merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan lanjutkan dengan membilasnya sampai bersih.

ARTIKEL TERKAIT