Manfaat Kolagen Bagi Tubuh Manusia

0
347
Manfaat Kolagen Bagi Tubuh Manusia
Manfaat Kolagen Bagi Tubuh Manusia

Bidhuan.id – Apa benar Manfaat Kolagen Bagi Tubuh Manusia itu sangat beragam mulai dari kecantikan, tulang sampai kesehatan mata? Memangnya apa sih Kolagen itu? Mungkin anda pernah mendengar namun masih belum tahu lebih jelasnya. Kolagen merupakan jenis protein penyusun tubuh manusia. Mari baca selengkapnya.

Untuk kata kolagen sendiri asalnya dari bahasa Yunani, yang memiliki arti menghasilkan perekat atau bersifat lekat. Adapun keberadaan kolagen pada tubuh manusia itu kurang lebih 30%, dihitung dari keseluruhan protein di tubuh yang ada. Zat ini merupakan struktur organik yang membangun gigi, tulang, kulit, otot, dan sendi. Serat kolagen mempunyai daya tahan kuat pada tekanan.

Kolagen Pada Produk kecantikan

Jika Anda teliti, maka Anda mungkin sudah mengetahui kalau Kolagen merupakan salah satu kandungan yang seringkali ada di beberapa ragam produk kecantikan. Contohnya saja pada produk:

  • Sabun
  • Kosmetik
  • Body lotion
  • Shampoo

Banyak yang menyatakan kalau kandungan kolagen dalam produk kecantikan tersebut bisa menyelesaikan berbagai masalah yang sering terjadi di kulit.

Dan perlu anda ketahui kalau ternyata Kolagen yang terdapat dalam kandungan kosmetik itu biasanya dari kolagen binatang atau hewan, bukan kolagen manusia.

Manfaat Kolagen

Manfaat kolagen untuk kuku,rambut,gigi,tulang dan kesehatan mata
Manfaat kolagen untuk kuku,rambut,gigi,tulang dan kesehatan mata

Lalu apa sih sebenarnya manfaat atau khasiat dari kolagen ini? Jika berbicara tentang itu, khasiatnya benar-benar beragam. Khasiat yang didapatkan baik oleh pria maupun wanita sama saja. Usia seseorang yang semakin tua, akan merasakan manfaat kolagen yang lebih bagus, khususnya untuk perawatan tubuh.

Tidak sedikit produk perawatan kulit yang menampilkan secara jelas mengenai kandungan kolagen dalam produk mereka. Selain untuk produk kecantikan, kolagen ternyata masih menyimpan manfaat lainnya.

Manfaat lain dari kolagen ini adalah untuk membantu proses dari pertumbuhan badan manusia. Berdasarkan pendapat ahli medis, disebutkan jika tubuh bayi yang baru lahir benar-benar kaya akan kolagen, seiring usia bayi yang terus bertambah, maka produksi kolagen pun akan terus berkurang. Ketika usia 35 tahun tubuh pun akan berhenti dalam memproduksi kolagen. Kala inilah masa penuaan terus berjalan.

Kolagen untuk menjaga kesehatan kuku dan rambut. Kolagen berfungsi dalam merangsang pertumbuhan rambut serta memperkuat kuku.

Kolagen untuk kekuatan gigi dan tulang. Berdasarkan penelitian medis yang pernah dilakukan oleh Food & Drug Administration, atau biasa dikenal dengan FDA. Disebutkan bahwa kolagen ternyata juga mempunyai peran positif untuk mendukung proses regenerasi dari tulang rawan dengan kandungan kolagen jaringan ikat 70% dalam bagian meniscus dan artikular kartilago.

Kolagen untuk kesehatan mata. Selain itu pernah juga dilakukan riset mengenai kaitan antara kolagen dengan mata. Otot mata haruslah tetap lentur supaya dapat bekerja sempurna sesuai fungsinya. Pada usia muda, kornea mata seseorang melimpah akan kandungan kolagen. Tetapi usia seseorang yang bertambah, kolagen pun semakin berkurang, kornea mulai mengeras karenanya. Hal tersebut yang menjadi faktor penyebab gangguan di penglihatan manusia. Tes kesehatan yang dilakukan sebelumnya juga menunjukkan apabila banyak perbaikan untuk kesehatan manusia setelah konsumsi suplemen kolagen.

[Baca juga:Cara Memakai Serum agar Serum Bekerja Maksimal]

Konsumsi suplemen kolagen

Suplemen Kolagen untuk kecantikan wajah
Suplemen Kolagen untuk kecantikan wajah

Suplemen bisa membantu, tetapi jika hendak mengkonsumsi suplemen kolagen ini Anda harus berhati-hati. Jangan sembarangan memilih. Pilihlah suplemen yang memang kandungannya bisa dipercaya, dengan begitu Anda bisa mendapatkan manfaat positifnya. Sebab, saat ini sudah cukup banyak yang menjual suplemen kolagen palsu. Oleh karena itu anda harus ekstra hati-hati dalam membelinya. Jika masih bingung untuk memilih produk Suplemen Kolagen yang terjamin kualitasnya serta Aman dan Halal untuk dipakai, anda bisa melihat rekomendasi dibawah ini:

  • Meiji Amino Collagen (Terbaik di Japan)
  • El Marino Collagen Elken (Prancis) dengan No.Registrasi BPOM – ML 867072001033
  • SOVEREIGN Platinum Junpaku Collagen (Buatan Japan)

Selain mengkonsumsi Suplemen kolagen Anda juga harus menjaga asupan makanan, agarĀ  sumber nutrisi terpenuhi, untuk kesehatan kulit dan lain-lain. Sebab hanya mengkonsumsi suplemen kolagen saja itu tidaklah cukup, tanpa bersamaan dengan sumber nutrisi yang lain.



[Baca juga:Kisah Lengkap dan Fakta Gadis Korea Mualaf yang Hebohkan Media Sosial]