Manfaat Telur Asin, Proses Pembuatan, Kandungan Nutrisi dan Bahayanya

0
858
Manfaaat Telur Asin, Proses Pembuatan, Kandungan Nutrisi dan Bahayanya
Manfaaat Telur Asin, Proses Pembuatan, Kandungan Nutrisi dan Bahayanya

Bidhuan.id – Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Telur Asin. Salah satu lauk yang cukup digemari oleh sebagian orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa sekalipun. Kombinasi masakan dengan menggunakan telur asin pun sudah semakin bervariasi saat ini. Namun, sudah tahukah kamu bagaimana proses pembuatan telur asin? Selain itu juga berbagai Manfaat Telur Asin? Dan yang tak kalah penting ialah Bahaya Telur Asin? Biar tidak penasaran, langsung saja dibaca ulasannya dibawah ini.

Proses Pembuatan Telur Asin

Mungkin sudah banyak dari kita, yang telah tahu bagaimana proses pembuatan telur asin ini. Ya, karena memang proses pembuatannya pun terbilang sangat mudah dan sederhana tanpa diperlukan alat-alat yang terbilang canggih.

Telur asin biasanya berasal dari telur bebek yang telah diasinkan. Proses pengasinan pada telur bebek ini diawali dengan terlebih dahulu membersihkan telur-telur bebek yang ada. Setelah Telur-telur tersebut dibersihkan, kemudian telur akan direndam pada larutan air yang asin (garam). Proses perendaman biasanya memakan waktu yang cukup lama karena perlu hingga beberapa hari,minggu sampai bulan. Semakin lama proses perendaman yang dilakukan akan membuat telur menjadi lebih asin.

Kalau telur bebek sudah menjadi telur asin, maka telur tersebut tentu lah akan mempunyai kandungan sodium yang tinggi. Untuk sebutir telur bebek dapat mempunyai kandungan sodium hingga 397mg loh.

Berapa Kandungan nutrisi pada telur asin?

Pada umumnya sebuah telur asin mempunyai kandungan nutrisi yang beraneka ragam, yakni terdiri dari:

  • 1,05gr Karbohidrat
  • 165mg Potasium
  • 9,55gr Protein
  • 655mg Kolesterol
  • 10,25gr Lemak

Tak hanya mengandung berbagai nutrisi saja, telur bebek yang telah menjadi telur asin akan mengandung beragam mineral serta vitamin mulai dari vitamin C, A, Zat Besi, Fosfor dan Kalsium. Sedangkan untuk kalori dalam telur asin ialah 137 Kalori dalam sebutir telur.

Memang sih kita tahu, kalau telur juga mengandung nutrisi-nutrisi tersebut. Lalu apa bedanya dengan telur asin kalau Begitu?

Perlu diketahui bahwa telur asin ternyata dapat membuat unsur-unsur yang ada sebelumnya tersebut, jadi lebih mudah untuk diserap oleh tubuh bila dibandingan pada telur bebek sebelum mengalami proses pengasinan. Selain itu, Protein yang sebelumnya ada pada telur bebek akan diubah jadi asam amino setelah menjadi telur asin.

Hal lain yang tak kalah menarik untuk diketahui ialah, pada telur mentah, protein serta kandungan lemak yang ada pada telur biasanya masih dalam keadaan menyatu bersama kuning telur. Tetapi setelah melalui proses pengasinan, maka lemak dan protein yang semula menyatu tersebut akan jadi terpisah. Dan tak hanya itu saja, lemak yang ada pun akan diubah jadi minyak dalam kuning telur asin.

Telur asing yang baik ditandai dengan warna dari kuning telur asin yang telah mengalami perubahan warna menjadi orange kemerahan. Warna pada kuning telur yang demikian tersebut menandakan bahwa karoten serta lututrin telah ada dan terkandung pada kuning telur.

Baca juga: 3 Penyebab Munculnya Bisul Ternyata Cuma Mitos, Salah Satunya Banyak Makan Telur

Berbagai Macam Manfaat Telur Asin

Manfaat telur asin bagi ibu hamil, Bahaya dan Efek Buruknya
Manfaat telur asin bagi ibu hamil, Bahaya dan Efek Buruknya

Setelah berbicara mengenai proses dan fakta-fakta seputar telur asin, kini sampailah pada pembahasan mengenai Berbagai macam manfaat telur asin. Selain enak dimakan, ternyata telur asin mempunyai berbagai manfaat. Hal ini tentu saja menjadi Kelebihan telur asin dibanding telur ayam atau telur bebek biasa.

Adanya kandungan mulai dari zat besi, garam organik, kalsium yang tinggi membuat manfaat telur asin jadi beragam, seperti:

  • Kalsium yang ada pada telur asin dapat membantu untuk menstabilkan tekanan darah. Yang tentu saja, dengan stabilnya tekanan darah pergerakan otot jantung pun akan jadi lebih terkontrol. Selain itu
  • Kalsium yang ada cocok bagi orang-orang yang sedang melakukan diet sehat (manfaat telur asin untuk diet) menggunakan bahan alami. Hal ini karena Kalsium mempunyai sifat sebagai penunda lapar.
  • Kandungan Kalsium yang ada, mampu mempercepat proses terjadinya pembekuan darah.
  • Memperkuat serta mampu membentuk kekuatan tulang (mencegah osteoporosis) dan gigi kita.

Manfaat telur asin bagi ibu hamil

Selain manfaat-manfaat telur asin yang telah disebutkan diatas secara umum. Adapula manfaat telur asin bagi ibu hamil. Apa itu?

Untuk ibu yang sedang hamil maupun wanita yang tengah mengalami datang bulan, mengkonsumsi telur asin sangatlah dianjurkan. Sebab, kalsium yang ada pada telur asin tersebut mampu membantu untuk meminimalisir terjadinya kram di perut. Hal ini lantaran asupan potasium dan fosfor yang semula dibutuhkan tersebut akan terpenuhi oleh telur asin.

Tak hanya itu saja, Kalsium yang terkandung pada telur asin ini juga mampu untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Dengan catatan bahwa kalsium yang ada tersebut tidak memiliki kandungan air yang terlalu banyak.

Selain kandungan kalsiumnya yang mempunyai berbagai manfaat, Zat besi yang terkandung dalam telur asin pun demikian. Dengan adanya kandungan Zat besi pada telur asin dapat bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya anemia, Menguatkan fungsi Otak dan otot tubuh serta membantu proses pembentukan hemoglobin.

Selain itu, kehadiran Zat besi ini juga bermanfaat dalam mendongkrak metabolisme energi yag ada, meningkatkan kinerja sistem enzim dan menjaga suhu badan agar lebih stabil.

Apa BAHAYA Telur Asin?

Jika telur asin punya segudang manfaat, berarti telur asing sangat baik untuk dikonsumsi. Namun, apakah hal itu benar? Ya benar, namun tidak bisa dibilang sepenuhnya benar. Sebab ada pula Bahaya Telur Asin yang perlu untuk kita perhatikan.

Konsumsi telur asin yang terlalu sering dan secara berlebihan, bukanlah hal baik meskipun tadi telah disebutkan berbagai macam manfaatnya untuk tubuh. Ini dikarenakan dengan mengkonsumsi sebuah telur asin saja, ternyata mampu untuk membuat kadar kolesterol dalam tubuh jadi meningkat jauh melebihi jumlah peningkatan yang diperbolehkan yakni 300mg. Sebagaimana disebutkan diawal tadi, kandungan kolesterol yang ada pada telur asin bisa mencapai lebih dari 600mg Kolesterol untuk sebutir telur saja.

Selain tingginya jumlah kolesterol yang ada, telur asin juga mengandung jumlah sodium yang sangat tinggi. Sebutir telur asin diperkirakan mengandung sekitar 30% jumlah yang disarankan dipenuhi dalam tubuh. Batasan Sodium yang disarankan ini ialah maksimal 2000mg. Oleh karena itu, penting untuk bisa membatasi jumlah penggunaan garam di makanan lain jika ingin mengkonsumsi telur asin.

Sodium yang terlalu banyak, mampu untuk meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Tak hanya itu saja, berbagai masalah medis lain pun seperti ginjal, kanker, asma, penyakit lambung pun dapat muncul.

Ini baru 1 butir, bagaimana kalau konsumsi telur asin lebih dari 1 butir? Tentulah kandungan kolesterol dan sodium yang akan masuk ke dalam tubuh pun akan semakin tinggi yang tentu saja bisa sangat membahayakan bagi sebagian orang. Maka dari itu, konsumsilah telur asin dengan jumlah yang terbatas, jangan sampai berlebihan dan terlalu sering. Terutama bagi orang-orang yang mempunyai riiwayat penyakit seperti tekanan darah tinggi hingga kolesterol.

Baca juga: Ramuan Herbal: Cara Alami Turunkan Kolesterol dengan Daun Salam



Nah, itu dia artikel mengenai Manfaat Telur Asin, Proses Pembuatan, Kandungan Nutrisi dan Bahayanya . Semoga dapat menambah pengetahuan anda, terutama untuk anda yang gemar mengkonsumsi Telur Asin ini.