Hasil dan Cuplikan Video Pertandingan Indonesia vs Laos AFF Suzuki Cup 2014

0
1304

Indonesia berhasil mengalahkan Laos dengan skor telak 5-1 walau bermain dengan 10 pemain sejak menit 28 setelah keluarnya Supardi Nasir. Namun hasil ini tidak cukup bagi Indonesia untuk maju ke semifinal, setelah di pertandingan lainnya Vietnam berhasil menjadi juara grup dengan mengalahkan Filipina. Evan Dimas tampil impresif setelah mencetak 1 gol dan 1 assist, begitupula Ramdani Lestaluhu mencetak 2 gol, dan Zulham 1 gol. Gol terakhir berasal dari bunuh diri pemain Laos.

Formasi dan Susunan Pemain

line up indonesia vs laos

Indonesia

Line up (4-4-2)
12 M. Wirawan
4 V. Igbonefo
3 Z. Syukur
13 A. Jufriyanto
22 S. Nasir
24 Hariono
7 B. Solossa
5 R. Lestaluhu
25 M. Lestusen
6 E. Dimas
9 C. Gonzáles
Cadangan
1 K. Hermansyah
8 R. Maitimo
15 F. Utina
16 M. Roby
17 Zulham Zamrun
18 S. Arif
23 M. Ridwan
26 F. Aryanto
Pergantian pemain
M. Ridwan menggantikan R. Lestaluhu 56′
Zulham Zamrun menggantikan B. Solossa 66′
F. Utina menggantikan Hariono 84′
Gol : Evan Dimas 9′, Ramdani Lestaluhu 20′ 50′, Zulham Zamrun 82′, K. Souksavanh (OG) 88′
Kartu Merah : Supardi 28′
Pelatih
A. Riedl

Laos

Line up (4-4-1-1) 
18 S. Somvang
2 S. Phommapanya
4 K. Souksavanh
5 S. Khounsamnan
13 B. Sipasong
8 K. Liththideth
10 S. Vongchiengkham
7 K. Sihavong
17 V. Sayyabounsou
6 P. Phommasane
25 K. Sayavutthi
Cadangan
9 S. Khanthavong
12 P. Syvilay
16 T. Phongsettha
19 S. Inthilath
20 P. Souliyavong
21 T. Bounmalay
26 O. Singlatsomboun
35 S. Soundala
Pergantian Pemain
P. Khochalern menggantikan V. Sayyabounsou 46′
P. Souliyavong Menggantikan P. Phommasane 61′
S. Khanthavong Menggantikan S. Phommapanya 68′
Gol :  Sayavutthi 29′
Kartu Kuning :  K. Souksavanh 32, S. Vongchiengkham 87′
Pelatih
D. Booth

Statistik Pertandingan

penguasaan bola indonesia laosStatistik sampai menit ke 71

statistik pertandinganstatistik indonesia laos

Jalannya Pertandingan

Di Indonesia 9 pemain menjadi pemain inti setelah sebelumnya di bangku cadangan kecuali menyisakan Zulkifli dan Jufriyanto. Sedangkan di kubu Laos tetap sama dengan pertandingan melawan Vietnam. Formasi  dari kedua tim juga tidak mengalami perubahan.

Berbeda dengan 2 pertandingan sebelumnya, nampak kerjasama tim dan passing yang baik antar lini. Evan Dimas behasil membawa indonesia unggul dengan mencetak gol hasil asis dari Gonzalez pada menit 9. Menit 13 Laos memiliki peluang dari tendangan bebas Khampheng Sayavuth namun melebar.

Indonesia berhasil menggandakan keunggulan di menit 20 melalui Ramdani Lestaluhu melalui tendangan menyusur tanah di dalam kotak penalti ke pojok kiri gawang Laos. Indonesia bermain 10 orang setelah Supardi diusir wasit. Wasit menganggap Supardi  melakukan pelanggaran berat di kotak penalti dan membuahkan tendangan penalti. Sayavutthi sebagai algojonya dengan sempurna membawa Laos memperkecil keunggulan Indonesia 2-1 di menit 29.

Menit 38 serangan dari sayap kanan berhasil di selamatkan Made Irawan. Evan Dimas kembali mengancam Laos di menit 40 tapi tendangannya terlalu lemah dan berhasil dikuasai kiper Laos. Menit 42 giliran Laos mengancam gawang Made melalui serangan dari sayap kiri namun tendangan Sayavuthi melebar. Kedudukan di babak pertama bertahan 2-1 untuk Indonesia.

Awal babak kedua, kembali Evan Dimas tampil impresif dengan memberikan assist kepada Ramdani Lestaluhu dari sisi kiri pertahanan Laos, 3-1 untuk Indonesia. 2 gol telah dicetak Lestaluhu pada pertandingan ini. Sayangnya menit 56′ Ramdani Lestaluhu mengalami cedera dan digantikan Muhammad Ridwan. Selain Evan Dimas, kiper I Made beberapa kali tampil gemilang dengan menggagalkan tendangan dari para pemain laos.

Walau bermain dengan 10 pemain, kali ini Indonesia bermain spartan, umpan lambung dari Ridwan diselesaikan dengan sempurna oleh Zulham Zamrun. 4-1 untuk Indonesia. Zulham kembali membuat pertahanan Laos kelabakan, tusukan dari sayap kiri dan umpannya membentur kapten tim Laos sehingga membuat Indonesia unggul 5-1. Sampai peluit akhir dibunyikan kedudukan bertahan 5-1.

Cuplikan Video Pertandingan Indonesia vs Laos

Video Full Highligt Indonesia vs Laos



sumber affsuzukicup.com, soccerway.com, goal.com, dan youtube.com