Hasil dan Cuplikan Video Pertandingan Indonesia vs Filipina Piala AFF 2014

2
2012

Timnas Indonesia layaknya bermain dengan kumpulan pemain eropa, hanya 2 orang pemain asli kelahiran Filipina. Kiper P.Deyto dan striker M.Bahadoran. Filipina berhasil membuat sejarah baru dengan mengalahkan Indonesia untuk pertama kalinya. Tidak tanggung-tanggung 4 gol tanpa balas. Phill Younghusband, Manuel Ott, Martin Steuble dan Robert Gier sebagai pencetak gol untuk Filipina. Perjuangan selanjutnya cukup berat agar bisa lolos ke semifinal harus bisa mencetak banyak gol di pertandingan melawan Laos.

Formasi dan Susunan Pemain

formasi indonesia filipina

Indonesia :

Line up (4-4-2) Attacking
1 K. Hermansyah (Gk)
3 Z. Syukur
16 M. Roby
13 A. Jufriyanto
11 R. Ripora
8 R. Maitimo
15 F. Utina (C)
21 M. Ridwan
24 Zulham Zamrun
20 S. van Dijk
26 S. Arif
Cadangan
4 V. Igbonefo
7 B. Solossa
9 C. Gonzáles
12 M. Wirawan
28 E. Dimas
29 R. Lestaluhu
2 S. Nasir
5 Hariono
25 M. Lestusen
Pergantian pemain
Boas Theofilus Erwin Salossa menggantikan Muhammad Ridwan 46′
C. Gonzáles menggantikan Zulham Zamrun 65′
M. Lestusen menggantikan F. Utina 71′
Kartu Kuning : Z. Syukur 76′, F. Utina 15′, M. Ridwan 29′
Kartu Merah : R. Ripora 73′
Pelatih
A. Riedl

Filipina:

Line up (4-2-3-1)
16 P. Deyto (Gk)
23 S. Rota
5 J. Guirado
12 A. Aguinaldo
11 D. Sato
19 J. Lucena
21 M. Steuble
8 M. Ott
9 M. Bahadoran
29 P. Reichelt
10 P. Younghusband (C)
Cadangan
2 R. Gier
7 J. Younghusband
18 C. Greatwich
22 P. Mulders
24 S. Greatwich
25 M. Hartmann
26 T. Trigo
27 C. Dizon
34 K. Daniels
Pergantian Pemain
R. Gier Menggantikan J. Guirado 16′
C. Greatwich Menggantikan P. Reichelt 72′
Gol : Phill Younghusband 16′, Manuel Ott 52′, Martin Steuble 68′ dan Robert Gier 79′
Kartu Kuning : M. Bahadoran 43′
Pelatih
T. Dooley

Statistik Pertandingan

statistik pertandingan indonesia filipina

Jalannya Pertandingan

Firman Utina bermain dari menit awal menggantikan Lestusen di pertandingan sebelumnya, begitu pula tampilnya Samsul Arif membuat Boaz duduk di bangku cadangan. Formasi 4-4-2 diterapkan Alfred Riedl. Di kubu Filipina hanya Paul Reichelt tampil sejak awal menggantikan M. Hartman di pertandingan sebelumnya dengan formasi 4-2-3-1. Phill Younghusband bermain sebagai second striker, sebelumnya sebagai striker murni.

Indonesia di awal babak pertama bermain lebih menyerang dibanding dengan pertandingan sebelumnya. Akan tetapi diluar dugaan penguasaan bola lebih banyak oleh Filipina. Menit ke-16 Firman mengganjal P. Richet di kotak penalti beruntung Firman masih diganjar kartu kuning. Phillip Younghusband membuat unggul sementara melalui tendangan pinaltinya. Serangan lebih banyak dilakukan oleh Filipina dan sesekali oleh Indonesia.

Riedl di babak kedua memasukan Boaz menggantikan M.Ridwan. Filipina menggandakan keunggulan lewat tendangan dari luar kotak penalti pemain asal Jerman Manuel Ott di awal babak kedua. Indonesia kesulitan untuk menguasai lapangan tengah. Selain itu masih terjadi kesalahan passing dari para pemain Indonesia. Berbeda dengan Filipina yang tampil lebih kompak dan menciptakan beberapa peluang.

Di menit 68 Kurnia Meiga melakukan kesalahan dengan menangkap bola backpass, pelanggaran di kotak penalti dilakukan dengan cepat oleh Phill Younghusband dan diselesaikan sempurna oleh Martin Steuble ketika Kurnia Meiga masih belum siap. Gonzales masuk menggantikan Zamrun di menit 65 dan Lestusen masuk menggantikan Firman Utina di menit 71.

Menit 73 Rizky Ripora dihadiahi kartu merah setelah mentackle keras Phill Younghusband. Filipina semakin menguasai lapangan di sisa waktu babak kedua. Gol keempat Filipina tercipta setelah kemelut terjadi di kotak pinalti dan berhasil dimanfaatkan Robert Gier menit 79. Skor 4-0 untuk FIlipina berakhir hingga peluit akhir dibunyikan.

Cuplikan Video Pertandingan Indonesia vs Filipina

Video Full Highligt Indonesia vs Filipina

Video Full Match Indonesia vs Filipina



Sumber soccerway.com, youtube.com dan affsuzukicup.com

2 COMMENTS