Belajar Bahasa C Sebagai Fondasi dan Modal Awal Menjadi Programmer Handal

130
Belajar Bahasa C Sebagai Fondasi dan Modal Awal Menjadi Programmer Handal
Belajar Bahasa C Sebagai Fondasi dan Modal Awal Menjadi Programmer Handal

Bidhuan.id – Kenapa Belajar Bahasa C itu penting? Belajar bahasa Cwajib anda lakukan jika memang ingin menjadi seorang programmer yang ahli atau pun handal. Pengetahuan yang luas mengenai ilmu pemrogramman harus sering diasah dengan ilmu – ilmu baru meskipun itu hanya digunakan sebagai wawasan baru saja. Awalnya bahasa C ini mulai diperkenalkan oleh seorang ilmuwan bernama Dennis Ritchie sekitar tahun 1972.

Beajar Bahasa C
Beajar Bahasa C

Tahukah anda bahwasannya bahasa C merupakan bahasa yang sangat populer hingga saat ini dan masih saja eksis sampai sekarang? Bahasa ini memang sangat berpengaruh dalam perkembangan bahasa pemrogramman sehingga perlu untuk dipelajari seperti halnya C++, C#, Java, PHP atau pun juga Javascript. Belajar bahasa C peminatnya semakin hari semakin banyak saja lo sobat, mengingat perkembangan teknologi yang semakin sukses, jadi peluang untuk menjadi seorang programmer pun tidak disia – siakan.

Baca juga mengenai belajar database mysql postgresql mongodb oracle dan sap hana itu mudah bagi pemula

Pondasi sebuah bangunan itu wajib kuat jika menginginkan hasil yang baik, maka pembelajaran lebih lanjut mengenai bahasa C, C++ dan juga pascal bisa anda pelajari secara berdampingan guna mendapatkan pengetahuan lebih. Terutama untuk mengokohkan pengetahuan tentang dasar – dasar pemrogramman.

Penjelasan Mengenai Compiler, Linker dan IDE

Sebelum membahas mengenai bahasa C lebih jauh lagi, anda wajib memahami fungsi – fungsi ini yang nantinya akan sering anda jumpai saat belajar bahasa C atau pun pemrogramman lainnya. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak penjelasan di bawah ini sobat semua :

  • Compiler

Tampilan Compiler
Tampilan Compiler

Definisi dari compiler sendiri merupakan sebuah perangkat lunak (software) yang mempunyai tujuan untuk membaca dan juga menerjemahkan kode program (bahasa pemogramman yang ada di komputer) sehingga terciptalah sebuah program yang baik. Intinya adalah alat yang penting untuk digunakan dalam rangka membantu proses teks yang ada pada bahasa C, sehingga bisa menjadi program aplikasi.

Ada juga yang menyebutkan bahwasannya compiler fungsinya seperti run. Tapi kenyataannya tidak demikian sobat meskipun sama – sama digunakan untuk melakukan pengecekan. Compiler hanya digunakan untuk memastikan bahwasannya barisan kode yang anda buat sudah benar atau tidak.

Jika terdapat kesalahan, maka akan segera terdekteksi oleh sistem. Bagian salahnya pun terdapat tanda sehingga memudahkan anda sobat. Sedangkan run digunakan untuk melakukan pengecekan sekaligus menjalankan suatu program. Program tidak akan berjalan dengan baik jika masih terdapat kesalahan (error syntax).

  • Linker

Alur Linker
Alur Linker

Bagi yang sudah berkecimpung di dunia pemrogramman pasti sudah tidak asing lagi dengan linker ya sobat. Untuk membangun sebuah website yang lengkap, pasti akan banyak penggunaan link dari laman satu ke laman lainnya yang masih ada keterkaitan antara keduanya.

Misalnya saja halaman dashboard berisi data customer, data supplier, transaksi pembelian, transaksi penjualan dan pembayaran dan lain sebagainya, untuk mengunjungi masing – masing laman tentu saja dibutuhkan pengkodean linker agar bisa saling terhubung sobat. Hal ini bisa anda pelajari setelah memahami dasar – dasar pemrogramman.

Setelah anda mempelajari dan mengetahui informasi mengenai linker, pasti anda paham jika terdapat hubungan yang sangat erat antara compiler dengan linker ya sobat. Keduanya saling melengkapi sehingga bisa membuat kinerja program menjadi lancar.

  • IDE

Tampilan IDE Code Block
Tampilan IDE Code Block

Jangan anggap ide ini adalah hasil pemikiran ya sobat. Ide merupakan singkatan dari sebuah istilah asing yakni Integrated Development Environment. Software jauh lebih memudahkan anda karena sudah dikategorikan sebagai paket komplit dan lengkap. Bagaimana tidak disebut komplit, di dalamnya sudah terdapat 3 komponen penting meliputi teks editor, compiler sekaligus linkernya sobat. Menarik bukan untuk dipelajari lebih lanjut?

Adanya software ide ini, proses rancang bangun sebuah program menjadi jauh lebih mudah berkali – kali lipat jika dibandingkan dengan pembuatan program manual tanpa bantuan software ide ini. Keunggulan yang wajib anda ketahui dari ide ini antara lain terdapat fungsi pemberitahuan saat terdapat error pada program (real-time debugging) yang anda buat.

Kemudian bisa membantu anda mengganti warna pada kode – kode tertentu yang anda buat sehingga bisa memudakah anda saat membacanya. Selain itu juga bisa digunakan untuk memberikan tanda pada kode – kode penting. Ditambah lagi terdapat fungsi saran yang nantinya akan mengarahkan anda bagaimana membuat program yang benar (code completion).

Cara Menulis Kode Program Bahasa Pemrograman C

Untuk memudahkan semua proses pembuatan program anda tidak perlu ribet lagi, manfaatkan saja sofware bernama Code Block. Namun anda tidak perlu merasa pusing karena tampilan yang ada pada Code Block. Karena tidak semua menu yang ditampilkan anda perlu memahaminya. Anda hanya perlu memahami beberapa menu saja kok sobat. Tapi jika ingin menambah wawasan juga boleh dipelajari.

  • Cara Membuat Lembar Kerja Baru di Code Block

Untuk memulai membuat lembar kerja baru anda bisa lihat gambar di bawah ini sobat agar lebih jelas. Pilih Menu File yang berada di deretan menu paling atas, kemudian pilih Empty File.

Tampilan Cara Membuat Lembar Kerja Baru di Code Block
Tampilan Cara Membuat Lembar Kerja Baru di Code Block

Setelah muncul lembar kerja barunya yang kosong anda sudah bisa memulai untuk mengetikkan pengkodeannya. Namun dimanakah sebenarnya anda bisa menuliskan pengkodeannya? Terkadang masih banyak yang ragu dan bingung jika memang tergolong masih pemula.

Tampilan Lembar Kerja Kosong Code Block
Tampilan Lembar Kerja Kosong Code Block

Jika anda langsung ingin mempraktekkannya, penulis mempunyai kode sederhana yang bisa langsung anda lihat hasilnya. Tidak banyak kok sobat, hanya beberapa baris, jadi anda hanya perlu mengcopy paste saja. Inilah pengkodean sederhananya :

#include <stdio.h>
int main(void)
{
printf(“Good, Morning!\n”);
return 0;
}

Sebagai pemula anda tidak udah pusing dengan arti dari pengkodean tersebut. Yang terpenting anda tahu dulu tujuan menuliskan pengkodean tersebut. Tujuannya yakni hanya ingin memunculkan kata “Good Morning”. Ingat ya sobat jika tidak ingin terjadi kesalahan (error), maka anda wajib memastikan bahwasannya penulisan pengkodean tersebut tidak ada yang ketinggalan sedikit pun.

Kurang tanda baca seperti halnya titik, koma, spasi, slice, kurung kurawal, tanda petik, tanda seru dan lain sebagainya saja sudah bisa dipastikan akan error sobat. Bisa anda ambik kesimpulan sendiri bahwasannya untuk belajar bahasa C, anda harus melatih ketelitian yang anda miliki.

  • Cara Menyimpan Lembar Kerja di Code Block

Nah setelah semua pekerjaan dianggap selesai, maka anda wajib tahu bagaimana cara penyimpanannya. Jika tidak, maka pekerjaan yang sudah capek – capek anda buat, bisa saja hilang begitu saja. Yuk perhatikan penjelasan di bawah ini agar anda tahu bagaimana cara menyimpan di Code Block.

Pertama anda wajib menyiapkan folder khusus yang nantinya akan digunakan untuk meletakkan lembar kerja kode C yang anda buat sobat. Disarankan untuk menyimpannya di drive D untuk memudahkan anda mengingatnya. Karena tidak jarang programmer lupa menyimpan foldernya karena sembarangan saat menyimpan lembar kerja program yang sudah dibuat.

Kedua anda bisa langsung mencari menu file atau pun menggunakan keyboard dengan menekan kedua tombol secara bersamaan yakni CTRL+ S. Langsung anda pilih saja Save File ya sobat. Tampilannya seperti di bawah ini :

Tampilan Save File di Code Block
Tampilan Save File di Code Block

Pehatikan nama folder yang anda buat, kalau bisa membuat nama folder yang mudah diingat, kemudian nama file kode programnya juga jangan terlalu rumit, untuk mempermudah proses pencarian. Ketika anda memasukkan nama file di jendela Save File, perhatikan juga Save as Type, jangan sampai salah ya sobat. Anda bisa memilih Save as Typenya yakni C/C++ files.

  • Cara Membuka Lembar Kerja di Code Block

Setelah menyimpannya dengan baik dan rapu, pasti anda suatu saat akan membutuhkannya kembali untuk dikembangkan. Jika demikian anda pasti akan membuka file tersebut kan sobat. Nah untuk membukanya sangat mudah kok sobat, anda bisa ikuti cara yang akan penulis bagikan.

Tampilan Open File di Code Block
Tampilan Open File di Code Block

Pertama anda bisa memilih menu file yang berada di deretan atas menu code block, atau bisa juga memanfaatkan keyboard dengan menekan secara bersamaan tombol CTRL+O. Selanjutnya anda bisa mencari dimana anda menyimpan foldernya dan pilih file .c yang akan anda kembangkan. Mudah kan sobat?

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya pembelajaran dengan tema apapun bisa dipelajari dan diikuti dengan mudah jika anda sungguh – sungguh dalam proses belajar sobat.  Demikian sedikit banyak informasi dan ulasan mengenai belajar bahasa c yang bisa penulis berikan kepada anda semua sobat.

Harapan besar dari penulis, meskipun hanya dengan kemampuan yang pas – pasan atau bahkan terbatas, semoga bisa membantu anda semua dan juga membawa banyak manfaat dalam mendukung proses anda belajar. Sampai jumpa di kesempatan – kesempatan berharga berikutnya. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

Baca juga mengenai migrasi hosting dari wordpress com ke vps untuk pemula

ARTIKEL TERKAIT