Gaji Programmer Pengembang Desktop Programming dan Web Programming di Indonesia

90
Gaji Programmer Pengembang Desktop Programming dan Web Programming di Indonesia
Gaji Programmer Pengembang Desktop Programming dan Web Programming di Indonesia

Bidhuan.id – Berapa sih gaji programer di Indonesia? Gaji programmer pada dasarnya tidak bisa diasumsikan tetap sobat. Karena seorang programmer tidak akan bergantung dengan gaji dari tempat ia bekerja. Bisa dibilang pekerjaan sampingannya (freelancer), biasanya menghasilkan pundi – pundi yang lebih besar daripada gaji tetap di tempat ia bekerja. Inilah yang menjadi salah satu kenikmatan menjadi seorang programmer. Meskipun pekerjaannya tidak mudah dan diperlukan keahlian logika, maka wajar saja jika penghasilannya sangat menggiurkan.

Gaji programmer memang tidak bisa dianggap remeh jika jam terbangnya sudah tinggi sobat. Semakin giat untuk mencari dan menciptakan peluang, maka akan semakin banyak pula rupiah yang dihasilkan. Maka tidak jarang para programmer yang bekerja di suatu perusahaan sebenarnya hanya untuk menggali ilmu saja sebagai pengalaman baru, selanjutnya pekerjaan tetapnya tersebut hanya dijadikan sebagai sampingan untuk mengisi waktu luang. Selebihnya mereka fokuskan untuk proyek – proyek di luaran sana yang peluangnya jauh terbuka lebar.

Baca juga mengenai hal penting dalam migrasi hosting wordpress com ke hawkhost untuk pemula

Peluang Penghasilan Programmer Pengembang Desktop dan Web Programming

Desktop and Web Programming Developer
Desktop and Web Programming Developer

Istilahnya peluang yang pertama ini adalah sapu bersih sobat. Sangat besar mempunyai peluang untuk berpenghasilan yang cukup menjanjikan jika anda menguasai pengembangan desktop programming dan juga pengembangan web programming. Penulis yakin jika anda menguasai keduanya, deretan pekerjaan sana yang menunggu sudah sangat banyak sobat. Kebutuhan akan perangkat lunak (software) sekarang ini sudah sangat banyak guna menunjang berbagai macam bisnis dan aktivitas harian.

Lihat saja setiap perusahaan yang ada sekarang ini tidak mungkin mengolah datanya hanya dengan menggunakan sistem manual saja (menggunakan buku atau microsoft excel). Pengolahan data dengan sistem manual mempunyai resiko kesalahan yang cukup tinggi dan berpeluang terjadi manipulasi data oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab karena hanya ingin mencari keuntungan pribadi semata.

Dengan menggunakan perangkat lunak (software), maka pengolahan data serta pelaporan data bisa lebih terkontrol karena tidak akan bisa melakukan penginputan, pengeditan, penghapusan secara sembarangan. Yang hanya bisa melakukannya adalah pihak – pihak yang diberikan wewenang saja sehingga semua pekerjaan bisa lebih terkontrol. Jika terjadi manipulasi pun bisa langsung ketahuan siapa pelakunya karena hak akses sudah ditentukan.

Peluang Penghasilan Programmer Pengembang Desktop Programming Saja

Desktop programming dahulu memang sempat populer sobat. Seiring dengan perkembangan zaman, produk perangkat lunak (software) yang satu ini mulai menurung penggunaannya karena terdapat teknologi baru yang lebih memudahkan. Teknologi penerusnya yang berhasil dikembangkan adalah web programming. Untuk menggunakan desktop programming anda memerlukan proses instalasi terlebih dahulu. Jika tidak maka anda tidak akan bisa menggunakannya. Kemudian membutuhkan server dan juga jaringan sebagai peralatan pendukungnya.

Desktop Programming Developer
Desktop Programming Developer

Hal ini dirasa cukup ribet karena pekerjaan tidak bisa dibawa kemana – mana tanpa adanya kabel jaringan. Sudah bisa dipastikan jika anda bekerja di perusahaan besar pasti pengolahan data dikerjakan oleh banyak orang sesuai dengan posisinya masing – masing, jadi wajib terhubung dengan kabel jaringan untuk update data. Namun jika anda berbisnis secara individu dan tidak membutuhkan server atau pun jaringan, anda bisa meletakkan database di laptop atau PC anda sendiri sehingga desktop programming tetap bisa berjalan.

Dengan adanya fakta demikian, perusahaan besar multi nasional atau pun sudah go internasional, pasti akan lebih memilih menggunakan web programming sebagai sistem utamanya agar lebih memudahkan. Pekerjaan bisa dibawa kemana saja saat bepergian ke luar kota atau pun ke luar negeri, sehingga semuanya tetap berjalan dengan baik. Selanjutnya produk desktop programming biasanya hanya digunakan untuk penunjang saja. Sekarang anda bisa menelaahnya sendiri bagaimana sebenarnya peluang penghasilan seorang programmer yang hanya expert di bidang desktop programming saja di zaman sekarang ini?

Peluang Penghasilan Programmer Pengembang Web Programming Saja

Web Programming Developer
Web Programming Developer

Seorang pengembangan web programming rasa – rasanya kurang lengkap jika tidak paham mengenai pengembangan desktop programming ya sobat. Namun jika tidak paham pun masih bisa mempunyai penghasilan yang cukup fantastis kok sobat. Penawaran pembuatan perangkat lunak (software), mempunyai peluang yang sangat besar. 1 proyek saja ditaksir bisa bernilai jutaan rupiah sesuai dengan kesulitan yang dikerjakan. Misalnya saja 1 proyek sederhana sehari selesai penghasilan sudah berapa sobat. Belum klau proyek – proyek besar lainnya. Tidak usah heran jika pada programmer khususnya web sebagian besar kaya raya.

Lihat saja pendiri facebook, microsoft, twitter, instagram dan lain sebagainya. Basic pendirinya adalah orang – orang yang berkecimpung di dunia programmer sobat.

Kelebihan Menjadi Programmer

Berikut ini merupakan ulasan mengenai kelebihan yang ada pada seorang programmer, antara lain sebagai berikut :

  • Penghasilan Tidak Ada Batasannya

Rasa – rasanya tidak hanya menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) saja yang bisa hidup nyaman berkecukupan. Pekerjaan – pekerjaan lain seperti menjadi seorang programmer digadang – gadang merupakan pekerjaan yang berada di deretan atas dengan penghasilan yang fantastis. Mereka seorang programmer yang bekerja kantoran, sebagian besar hanya untuk mengisi waktu luang saja.

  • Waktu Kerja Sangat Flexibel

Bekerja dengan waktu yang bebas dan flexibel tentu saja menjadi dambaan setiap orang ya sobat. Seorang programmer salah satunya yang mempunyai kebebasan waktu bekerja, bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja ia mau. Semakin rajin ia bekerja maka penghasilan akan semakin banyak. Tidak stagnan seperti halnya pekerja kantoran dan hanya mendapatkan gaji di awal bulan saja.

  • Gajian Setiap Saat

Inilah istilah paling tepat buat para programmer. Sebagai seorang programmer yang sudah handal, biasanya dalam menangani suatu proyek tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakan. Jadi setiap ada proyek baru disepakati saja, anda dipastikan sudah terima uang muka, selanjutnya jika pekerjaan cepat diselesaikan sisa pembayaran pun sudah bisa dinikmati. Alhasil peluang besar mempunyai uang setiap hari pun akan anda alami sobat. Bagaimana, masih tidak tertarik dengan profesi sebagai seorang programmer?

Untuk bisa menikmati kesempatan seperti ini diperlukan skil dan pengetahuan yang mumpuni. Makanya sobat yang masih proses belajar, penulis sarankan untuk lebih semangat lagi dan sungguh – sungguh. Jangan sia – siakan kesempatan yang anda dapatkan ya sobat.

Kekurangan Menjadi Programmer

Kekurangan Menjadi Programmer
Kekurangan Menjadi Programmer

Berikut ini merupakan ulasan mengenai kekurangan yang ada pada seorang programmer, antara lain sebagai berikut :

  • Tingkat Stres Tinggi

Menjadi seorang programmer memang sangat menjanjikan penghasilannya, namun perlu anda ketahui dibalik itu semua ternyata terdapat resiko stres yang cukup tinggi. Bagi mereka yang sudah expert memang dalam proses pengerjaan suatu proyek terjadi suatu masalah sudah biasa, tapi bagi yang masih pemula kendala yang terjadi seperti error dalam proses mengerjakan sebuah proyek dan tak kunjung menemukan jalan keluar akan membuat mereka menjadi stres. Karena pada dasarnya programmer dihadapkan dengan logika dan rumus – rumus yang wajib dipahami masing – masing fungsinya.

  • Menghabiskan Banyak Waktu

Jika anda seorang programmer yang handal, tentu saja akan bisa memanajeman waktu dengan sangat baik karena pemahaman memang sudah tidak diragukan lagi. Namun bagi anda yang masih pemula, penulis yakin jika anda mendapatkan proyek yang besar akan pusing dalam membagi waktu. Pada akhirnya tidak jarang seharian anda bisa duduk di depan laptop anda. Hal ini disebabkan karena adanya masalah – masalah yang belum terpercahkan seperti halnya error.

Uji coba sangat dibutuhkan berulang kali saat hal ini terjadi. Penulis bisa menjelaskan seperti bukan tanpa alasan. Karena penulis sendiri pernah merasakan hal yang demikian. Waktu akan cepat berlalu dari pagi sampai pagi lagi. Nikmati saja prosesnya, dengan jam terbang dan pengalaman yang ada, anda akan semakin matang. Masalah – masalah yang muncul dan berhasil terpecahkan merupakan bekal yang sangat penting bagi anda untuk berkembang ke depannya sobat.

Kesimpulan Soal Gaji / Penghasilan Programer

Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan kali ini adalah untuk mendapatkan peluang dan penghasilan yang besar sebagai programmer, maka anda wajib latihan dan terus berusaha. Terkadang modal nekat pun dibutuhkan untuk memupuk semangat atau pun sebagai tantangan agar tahu seberapa jauh kemampuan yang kita punya.

Cukup sampai disini dulu ya sobat semua penjelasan pada kesempatan kali ini mengenai gaji programmer. Saya sebagai penulis mempunyai harapan besar dengan sedikit ilmu yang penulis punya bisa membawa manfaat besar bagi anda. Sampai jumpa di lain kesempatan dengan pembahasan yang tidak kalah menariknya. Terima kasih dan salam hangat selalu dari penulis. Tetap semangat dalam mengejar ilmu ya sobat!

Baca juga mengenai mengatasi vps suspen karena load average melebihi batas maksimum

ARTIKEL TERKAIT