Belajar Pascal: Sejarah, Cara Menjalankan Bahasa Pascal dan Contohnya

98
Belajar Pascal - Sejarah Cara Menjalankan Bahasa Pascal dan Contohnya
Belajar Pascal - Sejarah Cara Menjalankan Bahasa Pascal dan Contohnya

Bidhuan.id – Belajar pascal merupakan dasar dari pemrogramman sobat. Jika anda ingin mendalami bagaimana sesungguhnya pemrogramman itu ada, sebaiknya anda mencoba untuk mempelajarinya. Terciptanya barcode juga tidak lepas dari ilmu yang namanya pascal ini sobat.

Belajar Pascal
Belajar Pascal

Belajar pascal memang harus diperhatikan dengan baik mulai dari awal, jika anda tidak paham dari awal, pembelajaran selanjutnya akan mengalami kesulitan. Karena ilmu yang mengandalkan logika ini sebenarnya mudah jika anda tahu dasar – dasarnya dengan baik.

Baca juga migrasi hosting dari wordpress com ke vps untuk pemula

Dahulu pertama kali penulis masuk di bangku perkualihan tepatnya pada semester 1, penulis mulai tertarik dan merasa yakin tidak salah jurusan saat bertemu dengan mata kuliah pascal. Mata kuliah ini sayangnya hanya ada seminggu sekali dengan durasi waktu satu setengah jam saja sehingga materi yang diberikan pun tidak maksimal.

Meskipun demikian penulis mencari referensi – referensi tambahan dari buku hasil pinjam perpustakaan kampus untuk belajar lebih dalam lagi. Hasilnya pun tidak sia – sia sobat, pembelajaran yang berawal dengan membuat alat hitung kalkulator menggunakan pascal, sistem hitung gaji karyawan dan lain sebagainya, penulis pun bisa mengikuti dengan baik. Singkat cerita dari penulis ya sobat, jika anda ingin mempelajari pascal lebih banyak lagi, anda bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah Munculnya Pascal

Tahukah anda Pascal itu di ambil dari nama orang lo? Ya betul sobat, seorang ilmuwan matematika yang sangat pandai berlogika berkebangsaan Prancis bernama Blaise Pascal. Namun sayangnya kepopulerannya sendiri tidak diperkenalkan oleh Blaise Pascal, justru dikembangkan oleh ilmuwan bernama Niklaus Wirth.

Pascal pertama kali di perkenalkan pada era tahun 1970 an sobat dan kepopulerannya semakin menanjak di era 1990 an. Para penggemar ilmu komputer bisa menikmati Compiler Turbo Pascal pada era tersebut. Pengertian secara umum, Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan sebagai bahan pembelajaran khususnya algoritma dan juga untuk pembelajaran bagi calon programmer seperti halnya di ruang lingkup akademis.

Dalam proses perkembangannya yang semakin populer, ternyata pascal sempat dijadikan sebagai bahasa utama dalam pengembangan software yang sampai saat ini masih exis yakni Apple, lebih tepatnya Apple Lisa, generasi terdahulu dari Apple. Apple Lisa sendiri merupakan cikal bakal dari suatu operating system bernama Apple Macintosh (banyak juga yang menyebut Apple Pascal). Apple Macintosh di dalamnya terdapat software yang mengadopsi bahasa pascal pada Photoshop generasi pertama.

Selain itu penggunaan bahasa Pascal ini masih populer digunakan untuk ajang Nasional seperti lomba olimpiade sains sobat. Keren ya sobat? Kemudian untuk mahasiswa baru yang mengambil jurusan ilmu komputer, pasti akan bertemu dengan materi Pascal di semester – semester awal sebagai bahan ajar pengantar.

Persiapkan Terlebih Dahulu Software Pascalnya

Untuk mempunyai sebuah perangkat lunak bernama Pascal di laptop ada, maka anda harus menginstal file .exe nya terlebih dahulu. Caranya mudah kok sobat seperti halnya menginstal software – software pada umumnya. Tidak membutuhkan waktu lama anda akan bisa segera menggunakannya.

Cara Instal Pascal
Cara Instal Pascal

Cara Membuat Penghitungan Gaji Otomatis Menggunakan Pascal

Penghitungan gaji karyawan dalam proses pembelajaran pascal pasti akan anda dapatkan saat belajar di bangku perkualihan. Karena pembuatannya dirasa cukup mudah untuk dilakukan sebagai praktek uji coba kemampuan setiap mahasiswa sobat. Untuk membuatnya anda tidak perlu takut bingung, di bawah ini akan penulis berikan kodingannya.

Contoh 1 :

Contoh pertama ini merupakan contoh paling sederhana yang bisa anda coba sobat. Biasanya untuk pemula, error terjadi karena anda melakukan penulisannya kurang teliti. Jadi sesuai pengalaman yang penulis alami, maka bisa anda jadikan sebagai perhatian. Perhatikan tanda titik, koma, titik dua, titik koma, spasi dan tanda lainnya yang tentu saja sangat berpengaruh untuk koding secara keseluruhan sehingga bisa berjalan dengan baik.

Uses CRT
var
nik,nama,gpl :string;
gapok,pajak,gaber :real;
Begin
Clrscr;
Writeln(‘Menghitung Gaji Pegawai’);
Writeln(‘———————————‘);
Write(‘NIK Pegawai :’);Readln(nik);
If nik=’1′ then
Begin
nama:-‘Hendry’;
End
Else if nik=’2′ then
Begin
nama:-‘Dian;
End
Else if nik=’3′ then
Begin
nama:-‘Jhoni;
End;


 

Contoh 2 :

Contoh yang kedua ini merupakan salah satu soal yang diberikan oleh dosen kepada penulis saat tengah menjalani ujian tengah semester. Sebenarnya tidak sulit, hanya diperlukan pemahaman dari langkah demi langkah yang dimaksudkan. Karena koding pascal ini sifatnya sudah ditentukan dan anda hanya perlu mengembangkannya saja.

uses crt;
var nama:string;
var ja:integer;
Gapok,pajak,jst,tunj_anak,rumah,Tunj,bonus,Gator,Gaber:real;
Begin
clrscr;
write(‘Nama Karyawan:’);readln(nama);
write(‘Gaji Pokok :’);readln(gapok);
write(‘Jumlah Anak :’);readln(ja);
tunj :=0.10*gapok;
bonus:=0.02*gapok;
rumah:=200000;
Gator:=gapok+tunj+bonus+rumah;
pajak:=0.05*gator;
jst :=0.10*gator;
gaber:=Gator-(pajak+jst);

if ja = 1 then
Begin
gaber:=gaber+200000;
end

Else if ja =2 then
begin
gaber:=gaber+250000;
end

Else if ja =2 then
begin
gaber:=gaber+400000;
end

Else if ja>3 then
begin
Gaber:=0
end;

Write(‘Gaji Bersih :’,Gaber:10:2);
readln;
end.


Contoh Pascal UTS
Contoh Pascal UTS

Uji Coba Bahasa Pascal yang Sudah Dibuat

Jika koding sudah anda selesaikan dengan baik, anda bisa melakukan pengecekan dengan memilih menu Compile yang berada di deretan atas. Hal ini fungsinya untuk melakukan pengecekan apakah koding yang anda tuliskan tersebut sudah benar atau belum. Jika sudah benar maka akan muncul peringatan sebagai berikut :

Main file : UTS-01.PAS (menunjukkan nama file yang anda simpan)
Done

Destination: Memory       Line number: 0
Free Memory: 292K        Total lines: 40

Compile successful: Press any key

Compiling
Compiling

Cara Menjalankan Bahasa Pascal yang Sudah Dibuat

Setelah anda memastikan bahwasannya dalam proses pembuatan koding bahasa pascal sukses dan tidak ada yang error maka anda bisa langsung menjalankan program yang anda buat tersebut. Hal ini untuk menguji coba apakah program yang anda buat tampilannya sudah sesuai dengan struktur yang anda inginkan atau belum. Untuk itu proses compiler pada pembahasan di atas sangat perlu dilakukan sebelum menjalankan (merunning) sebuah program.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Anda hanya perlu memilih menu Run yang ada di deretan atas tampilan Turbo Pascal
  • Klik Run dan Pilih Run lagi (CTRL+F9)
Cara Running Program Pascal
Cara Running Program Pascal
  • Selanjutnya setelah anda pilih run akan muncul tampilan seperti di bawah ini
Tampilan Pascal Penggajian Setelah di Running
Tampilan Pascal Penggajian Setelah di Running

Nah setelah tampilan di atas muncul, berarti menandakan bahwa program yang anda buat sudah bisa berjalan dengan baik. Anda sudah bisa mengolah data yang diinginkan sesuai dengan struktur yang sudah direncanakan. Cobalah menginput semua data yang dibutuhkan, nanti jika rumus perhitungan ada yang kurang tepat anda bisa langsung memperbaikinya.

Tampilan inputan yang sudah penulis lakukan akan muncul seperti di bawah ini. Jika tidak ada kendala prosesnya pun akan lancara sobat.

Contoh Sistem Perhitungan Gaji Karyawan dengan Pascal
Contoh Sistem Perhitungan Gaji Karyawan dengan Pascal

Jenis Jenis Tipe Data yang Digunakan Dalam Bahasa Pascal

Nah untuk mendalami bahasa pascal anda wajib mengetahui jenis tipe data yang digunakan dalam bahasa pascal sehingga nantinya anda paham mengenai masing – masing fungsi dari jenis tipe data tersebut.

Inilah daftar tipe data yang paling utama wajib anda pahami dan hafalkan bagaimana fungsinya serta penggunaannya agar bisa mahir mengolah bahasa pascal sehingga proses pembelajaran anda menjadi lebih mudah, antara lain sebagai berikut :

  • Integer: tipe data yang bisa digunakan untuk angka bulat saja.
  • Real: tipe data yang bisa digunakan untuk angka desimal saja (angka pecahan)
  • Char: tipe data yang bisa digunakan untuk khusus huruf saja (huruf kapital atau pun huruf kecil
  • Boolean: tipe data yang bisa digunakan pada 2 nilai saja (true dan juga false)
  • String: tipe data yang bisa digunakan untuk sekumpulan karakter saja (“kita”, “mereka”, “kami”, “dia”, “kamu”, “saya”, “bidhuanid” dan lain sebagainya.

Bisa diambil kesimpulan pada pembahasan kali ini mengenai belajar Pascal bahwasannya kode – kode yang digunakan dan proses pengoperasian pascal tidak seribet program – program sekarang seperti VB 6.0, VB Net, Java atau pun program – program lainnya. Karena wajar saja cikal bakal sistem aplikasi sekarang ini memang hasil perkembangan dari Pascal sobat. Untuk itu jika anda mempelajari dengan baik, penulis yakin anda akan bisa mampu menguasainya seperti halnya penulis.

Inilah sedikit penjelasan yang bisa penulis paparkan untuk sobat semua pecinta dunia ilmu komputer mengenai belajar pascal. Mohon maaf jika ilmu yang dimiliki penulis masih terbatas dan dalam proses penyampaian banyak kekurangan. Sampai jumpa di lain kesempatan. Terima kasih atas perhatian anda dan salam hangat dari penulis.

Baca juga  cara menghilangkan adware adcash di laptop dan macbook

ARTIKEL TERKAIT