Penyebab Maximum Execution Time of 30 Seconds Exceeded dan Cara Ampuh Untuk Mengatasinya

116
Penyebab Maximum Execution Time of 30 Seconds Exceeded dan Cara Ampuh Untuk Mengatasinya
Penyebab Maximum Execution Time of 30 Seconds Exceeded dan Cara Ampuh Untuk Mengatasinya

Bidhuan.id – Maximum execution time of 30 seconds exceeded, apakah anda pernah mendengarnya? Atau sudah pernah mengalaminya sendiri? Bagi seorang programmer, pengalaman semacam ini pasti sering dialami saat sedang mengelola kodingan PHP (nyekrip). Selain itu adanya adware adcash, bisa memicu munculnya pesan error pada laptop atau pun komputer sobat. Jadi disini munculnya error saat sedang belajar itu adalah hal yang lumrah. Jika lancar – lancar saja anda justru tidak mempunyai wawasan baru dalam mengatasi masalah – masalah yang terjadi.

Maximum execution time of 30 seconds exceeded merupakan error / kesalahan yang sering muncul di PHP. Anda yang masih pemula, saat muncul peringatan seperti itu pasti anda akan merasa kebingungan karena memang belum punya pengalaman. Namun yang sudah biasa menanganinya tidak akan diambil pusing karena sudah tahu bagaimana cara mengatasinya.

Permasalahan semacam itu yang dikarenakan adanya fatal error, aka mudah dipahami jika terdapat contoh ya sobat. Untuk itu penulis akan langsung memberikan contoh saja agar anda semua bisa paham lagi.

Contoh Kasus yang Muncul Maximum Execution Time of 30 Seconds Exceeded

Contoh kesalahan fatal error maximum execution time of 30 seconds exceeded
Contoh kesalahan fatal error maximum execution time of 30 seconds exceeded

Sebagai contoh kasus, hal ini bisa anda jadikan pembelajaran. Penulis pernah punya pengalaman melakukan instal wordpress tapi dalam kondisi offline. Kemudian juga melakukan update wordpress pada website serta melakukan penginstalan pluginnya sekalian. Kebetulan koneksi internet yang penulis gunakan sedang mengalami kendala sehingga membuat jaringannya sangat buruk.

Tidak bisa dielak lagi pastinya akan terdapat pesan yang muncul yakni Maximum execution time of 30 seconds exceeded, ditambah lagi proses penginstalan dan juga update dijamin gagal total. Rasanya kesal sekali sobat. Ternyata dibalik itu semua ada baiknya juga bagi penulis. Penulis jadi belajar dan tambah pengalaman bagaimana cara mengatasi permasalahan – permasalahan yang timbul.

Mengatasi Munculnya Maximum Execution Time of 30 Seconds Exceeded dengan Edit max_execution_time

Solusi yang bisa penulis ambil dari permasalahan tersebut sebenarnya diawali dengan kebingunang terlebih dahulu, setelah baca – baca dari berbagai sumber dan sempat bertanya dengan teman yang lebih expert dibidang ilmu komputer, akhirnya penulis mulai mencoba dan memperoleh keberhasilan. Itu yang membuat penulis semakin bersemangat dan percaya diri. Karena dengan kemampuan sendiri pun bisa jika mau terus berusaha. Intisari tersebut yang penulis jadikan pembelajaran di masa yang akan datang. Inilah solusi yang pernah penulis coba :

  • Lakukan pengaturan dengan menambah batasan waktu yang ada, kodenya adalah max_execution_time.
  • Untuk menyettingnya anda hanya perlu mencari folder dimana anda menyimpan skrip PHP nya saja. Anda bisa menemukannya di PHP.ini
  • Sedangkan jika anda juga menggunakan XAMPP untuk menemukan PHP.ini, carilah di folder berikut ini : folder_xampp/php/php.ini.
  • Nama folder bisa saja berbeda sesuai dengan nama yang anda berikan, namun jika otomatis tanpa anda rubah, dipastikan akan sama persis.

Akses Folder PHP dengan cara manual :

Setting Folder PHP
Setting Folder PHP

Akses PHP melalui XAMPP :

Setting PHP Via XAMPP
Setting PHP Via XAMPP

Nah setelah sobat melewati beberapa rangkaian langkah di atas, selanjutnya anda bisa melakukan pencarian kode yang sudah penulis jelaskan sebelumnya yakni max_execution_time. Arti dari kode fatal error maximum execution time of 30 seconds exceeded adalah membutuhkan wakti 30 menit untuk proses eksekusi saat program dijalankan. Untuk bisa lebih lama waktunya tentu saja anda bisa mengedit (max_execution_time) nya.

Edit Waktu Eksekusi
Edit Waktu Eksekusi

Tanda yang ditunjukkan pada angka panah tersebut dicoba untuk diedit menjadi 3000 detik, sehingga waktu eksekusi bisa lama dan resiko error pun menjadi sangat minim. Namun jika hanya 30 detik saja program tidak bisa berjalan dipastikan error pun akan terjadi. Jadi disini bisa diambil kesimpulan, dengan jangka waktu yang lebih lama, peluang untuk berhasilnya pun menjadi semakin besar, meskipun mungkin waktu eksekusinya tidak membutuhkan waktu sampai selama itu.

Perlu anda ketahui bahwasannya waktu default di sistemnya memang di setting hanya 30 detik saja dengan harapan sistem bisa berjalan dengan sangat cepat. Hanya saja pada kenyataannya tidak semuanya seperti demikian, karena salah satunya pengaruh koneksi internet. Satu lagi nih sobat, jika anda ingin aman, anda bisa cantumkan angka 0 (zero) untuk waktu eksekusi yang tidak ada batasan waktunya.

Mengatasi Munculnya Maximum Execution Time of 30 Seconds Exceeded dengan Edit file .htaccess Secara Manual

Edit File htaccess
Edit File htaccess

Selanjutnya anda bisa menggunakan cara kedua ini yakni melakukan pengeditan pada file .htaccess secara manual. Cara yang kedua ini tidak sulit kok sobat dan tidak jauh berbeda dengan cara kedua. Anda hanya perlu melakukan akses pada file tersebut saja. Selanjutnya tinggal tambahkan php_value max_execution_time 60 (angka bisa anda ganti sesuai dengan keinginan yang anda butuhkan).

Sebenarnya waktu 60 detik atau 1 menit itu sudah sangat cukup untuk proses eksekusi, namun jika masih saja muncul peringatan error, maka anda bisa mengubahnya dengan angka yang lebih tinggi lagi, disarankan kelipatannya saja ya sobat, untuk memudahkan saja.

Mengatasi Munculnya Maximum Execution Time of 30 Seconds Exceeded dengan Mengubahnya Melalui CPanel

Untuk melakukan pengubahan max_execution_time melalui CPanel lebih mudah dibandingkan menggunakan cara – cara sebelumnya. Anda cukup akses saja bagian Select PHP Version, kemudian anda klik link yang biasanya terdapat pada bagian kanan atas dari tampilan PHP Version yakni link Switch To PHP Options.

Switch To PHP Options
Switch To PHP Options

Nah setelah anda bisa mengakses link tersebut, nanti akan muncul tampilan yang berisi beberapa pilihan yang bisa dengan leluasa anda edit – edit. Ingat yang perlu di edit hanya max_execution_time nya saja ya sobat. Perhatikan gambar di bawah ini, isilah waktu yang anda inginkan kemudian klik button Apply. Proses editing selesai dan anda bisa mencoba untuk eksekusi lagi. Limit waktu sudah berhasil dinaikkan sesuai dengan kebutuhan anda. Sangat mudah bukan?

Edit Max Execution Time
Edit Max Execution Time

Melakukan Penginstalan Pada Plugin WordPress Khususnya Maximum Execution Time Exceeded

Tahukan anda sobat bahwa WordPress disebut sebagai platform CMS yang paling besar di dunia yang menyediakan berbagai macam fungsi, fitur dan juga tool. Kebutuhan yang anda inginkan sudah pasti bisa dipenuhi oleh WordPress apalagi sudah update ke produk berbayar. Perlu anda ketahui dengan anda melakukan penginstalan plugin yang satu ini, maka akan sangat membantu anda dalam upaya pengeditan di file .htaccess.

Setelah proses penginstalan berhasil anda sudah tidak perlu melakukan apa – apa lagi. Karena plugin ini merupakan alat yang sifatnya hanya mendukung pekerjaan file – file lainnya dan tidak terdapat fungsi pengaturan (setting). Dengan demikian anda juga bebas melakukan penghapusan jika memang sudah tidak membutuhkan plugin yang satu ini atau pun untuk membatalkan perubahan pada file .htaccess.

Mengatasi Maximum Execution Time of 30 Seconds Exceeded dengan Cara Menambahkan Koding di WP Config

Tahukah anda jika WP config ini merupakan salah satu file yang cukup penting keberadaanya di WordPress? Keberadaan begitu penting karena di dalamnya terdapat banyak konfigurasi yang lebih fungsional untuk membangun sebuah website. Jadi tanpa adanya WP config ini, kinerja WordPress secara keseluruhan bisa lumpuh total sobat. Wah hebat ya WP config ini.

WP config ternyata bisa digunakan sebagai solusi yang cukup ampuh untuk mengatasi max_execution_time. Cara cukup mudah kok sobat, langsung saja anda mengakses file managernya (File – File Manager – WP Config). Buka saja wpconfig.php yang ada di dalam editor, kemudian anda bisa menambahkan koding set_time_limit (60);. Jangan lupa untuk menyimpanya ya sobat dengan mengklik button Save. Kebanyakan orang justru lalai dan tidak menyimpannya sehingga error pun masih saja terjadi.

Sudah cukup banyak ya sobat cara – cara yang penulis berikan kepada anda semua untuk mengatasi masalah yang terjadi karena error tersebut. Pada akhirnya bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk mengatasi masalah error, bisa anda pilh sesuai dengan kenyamanan anda. Namun jika anda ingin menambah wawasan dan mencobanya satu persatu, justru itu akan sangat bermanfaat bagi anda. Siapa tahu salah satu dari cara tersebut ada yang tidak berhasil dan anda menemukan ilmu baru untuk mengatasinya. Semangat terus ya sobat!

Setelah sedikit pembahasan yang penulis sampaikan di atas mengenai maximum execution time of 30 seconds exceeded, penulis kira cukup sampai disini dulu ya sobat semua. Rasa ingin terus berbagi ilmu yang tidak banyak ini, masih saja mengalir. Di lain kesempatan kita akan berjumpa lagi dengan pembahasan – pembahasan yang tidak kalah menariknya dari pembahasan kali ini. Semoga membawa banyak manfaat bagi anda semua. Jangan lupa untuk mengikuti perkembangan – perkembangan artikel terbaru selanjutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Baca juga ini dia gejala dan cara mencegah sindrom penglihatan komputer

ARTIKEL TERKAIT