Teknik Komputer di Era Digital Itu Jurusan Menyenangkan, Mau tau Kenapa?

0
1297
Teknik Komputer di Era Digital Itu Jurusan Menyenangkan
Teknik Komputer di Era Digital Itu Jurusan Menyenangkan

Bidhuan.id – Teknik komputer merupakan jurusan yang banyak digandrungi oleh muda – mudi di zaman milenials seperti sekarang ini, khususnya para pria. Karena ilmu yang satu ini lebih mengedepankan logika jadi memang sangat cocok untuk para pria sobat. Namun juga tidak sedikit lo perempuan yang menyukai jurusan teknik komputer. Sebelumnya penulis sudah memaparkan migrasi hosting yang itu juga termasuk ke dalam ilmu yang satu ini.

Untuk bisa masuk di jurusan teknik komputer, sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan kok sobat. Yang terpenting nilai akademik yang berhubungan dengan perhitungan dan juga bahasa inggrisnya baik. Itu sudah cukup menjadi modal awal untuk percaya diri masuk ke jurusan teknik komputer.

Tahukah anda jurusan lainnya yang berhubungan dengan teknik komputer sobat, pasti sudah tau bukan? Ya benar teknik informatika, sistem informasi, dan manajemen informatika. Kesemua jurusan tersebut mempelajari sebagian materi yang hampir sama.

Namun kali ini penulis hanya akan berfokus membahas mengenai teknik komputer saja ya sobat. Jangan khawatir, pada kesempatan lainnya Insya Allah penulis akan mencoba untuk membahas jurusan lainnya. Teknik komputer mulai populer dan berkembang pesat di Indonesia kisaran tahun 2000 an, ya di era milenials ini sobat yang kesemuanya serba digital. Apakah anda tidak ingin berada di bagian perkembangan era digital tersebut? Cobalah untuk mengenal lebih dekat jurusan teknik komputer ini.

Keunggulan Jurusan Teknik Komputer

Keunggulan Jurusan Teknik Komputer
Keunggulan Jurusan Teknik Komputer

Anda perlu tau keunggulan apa saja yang dimiliki oleh jurusan yang satu ini sobat. Karena sebelum memutuskan untuk memilih jurusan teknik komputer tidak ada salahnya untuk mengenalnya lebih dalam lagi terlebih dahulu, karena kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Setuju ya sobat?

Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh jurusan teknik komputer, antara lain :

Melatih Kemampuan Logika Anda

Melatih Kemampuan Logika
Melatih Kemampuan Logika

Dalam ilmu komputer, kemampuan logika memang selalu diutamakan dan digunakan. Jika anda bermalas – malasan saja, dijamin ilmu yang anda dapatkan tidak akan maksimal. Selain itu anda juga tidak akan bisa mengembangkan ilmu yang anda dapatkan. Yang ada justru malah hanya numpang lewat saja. Rugi lo sobat sudah bayar mahal – mahal tapi ilmunya tidak anda dapatkan.

Semakin anda bekerja keras untuk melatih logika anda berkembang dan berinovasi, nantinya akan semakin banyak karya aplikasi, sistem atau pun software lainnya yang mempunyai nilai jual. Anda tentunya sudah tau bukan sobat, bahwasannya produk di bidang IT khususnya software mempunyai nilai jual yang cukup menjajikan?

Nah melihat peluang besar seperti ini sudah selayaknya anda bersungguh – sungguh dalam proses belajar jika memang tidak ingin mengalami penyesalan di kemudian hari saat melihat teman anda sukses menekuni bidang komputer.

Melatih Kecepatan dalam Berfikir

Melatih Kemampuan Kecepatan dalam Befikir
Melatih Kemampuan Kecepatan dalam Befikir

Berhubungan dengan poin yang pertama sobat, selain melatih kemampuan berlogika, kecepatan berfikir anda akan menjadi lebih cepat karena sudah terbiasa dengan dunia logika. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bukan bagi anda, banyak manfaat baik yang akan terjadi kepada kesehatan anda jika selalu mengasah kemampuan berfikir.

Coba anda perhatikan seseorang yang pekerjaannya berkecimpung di dunia teknologi dan software, pasti berfikirnya lebih cepat dari kebanyakan orang. Karena memang pekerjaannya yang dituntuk berfikir cepat dalam mengambil keputusan pembuatan program.

Siap Terjun di Dunia Kerja

Siap Terjun di Dunia Kerja
Siap Terjun di Dunia Kerja

Dunia kerja memang sangat keras sobat, penuh dengan kompetisi yang harus anda lalui. Jika anda tidak siap skill dan mental dijamin anda akan kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan. Namun jika anda mempunyai kemampuan yang lebih, maka anda akan mudah menemukan pekerjaan yang anda impikan. Bahkan bisa jadi pekerjaanlah yang akan menghampiri anda.

Jika anda ingin seperti itu persiapkan segalanya dan bersungguh – sungguh mulai dari awal, sehingga nantinya akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Jangan hanya mengikuti teman saja, padahal sebenarnya anda tidak menyukainya. Yang rugi adalah anda sendiri.

Mempunyai Peluang Penghasilan yang Besar

Peluang Besar Berpenghasilan Tinggi
Peluang Besar Berpenghasilan Tinggi

Sebagai seorang programmer yang sudah ahli dan menguasai dunia digital, anda tidak perlu bekerja lagi sebagai karyawan dengan segudang deadline dan tumpukan berkas – berkas yang tak kunjung selesai belum lagi jika bos hobi ngomel – ngomel. Dengan mempelajari ilmu komputer lebih dalam, maka anda akan jadi profesional yang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

Enaknya mempunyai lapangan sendiri atau menjadi seorang freelancer, anda bisa menentukan seberapa besaran penghasilan yang anda inginkan. Jika anda giat dalam bekerja maka penghasilan juga akan semakin besar dan sebaliknya jika anda bermalas – malasan, maka hasilnya pun sudah bisa dipastikan.

Mempunyai Relasi yang Sangat Banyak

Relasi yang anda bangun saat mengerjakan berbagai proyek pemrograman merupakan aset penting yang nantinya akan menjadi sebuah jaringan dimana jaringan tersebut adalah sumber penghasilan anda. Tidak sulit untuk mempunyai uang banyak jika anda sudah mempunyai relasi yang luas.

Karena pada dasarnya mau tidak mau jika anda terjun di bidang pemograman relasi dengan sendirinya akan terbentuk tanpa anda minta sobat. Bagaimana, masih tidak tertarik dengan jurusan keren yang satu ini?

Wawasan Sangat Luas

Dengan mempunyai banyak relasi yang secara tidak sadar anda akan saling share ilmu atau bahkan mencari solusi sama – sama atas permasalahan yang dialami, tentu saja akan menambah wawasan baru baik itu dari segi keilmuan atau pun segi lainnya.

Dunia yang begitu luas ini bahkan akan terasa sempit berkat ilmu komputer yang anda pelajari. Wawasan luas tersebut akan membawa anda melalui berbagai pengalaman berinteraksi dari seluruh penjuru dunia. Terkadang memang banyak programmer yang mengerjakan proyek punya orang asing karena keahlian yang dimiliki. Inilah yang penulis maksud dengan wawasan sangat luas.

Selalu Up to Date dengan Segala Perkembangan Teknologi yang Ada

Anda tidak akan kesulitan mempelajari teknologi – teknologi terbarukan khususnya di bidang software karena anda sudah terbiasa menekuninya setiap saat. Inilah yang menjadi keuntungan terbesar yang anda miliki. Anda tidak akan menjadi pribadi yang ketinggalan jaman meskipun usia sudah tidak muda lagi. Selanjutnya kepikunan juga enggan datang karena kebiasaan anda berfikir sepanjang waktu.

Jika anda tidak percaya silahkan anda perhatikan orang – orang yang senang dengan tantangan dan terbiasa berfikir keras, pasti akan jauh dengan kepikunan di masa tuanya nanti. Contohnya saja Bapak Habibie sobat, meskipun sudah tidak muda lagi, pemikirannya masih sangat produktif hingga saat ini karena logikanya selalu digunakan.

Berpeluang Menciptakan Lapangan Kerja Bagi Orang Banyak

Lihat saja perusahaan raksasa facebook, twitter, microsoft, apple dan lain sebagainya yang bergerak di bidang keilmuan komputer khususnya software, pendirinya yang berkemauan keras untuk belajar, pada akhirnya mampu menyediakan ribuan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Inilah keunggulan yang patut anda pertimbangkan puluhan kali. Karena jurusan lain pun belum tentu bisa mengimbangi ilmu komputer karena kemampuannya menaklukkan dunia hanya dalam hitungan detik melalui jejaring sosial alias dunia maya.

Bagaimana sobat, tertarik ingin menekuni jurusan ilmu komputer? Sudah cepat sana segera daftar, jangan kebanyakan berfikir, peluang anda akan anda ciptakan sendiri melalui jurusan yang satu ini. Usaha keras anda di masa yang akan datang akan membuahkan hasil maksimal.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya memang teknik komputer sudah tidak perlu diragukan lagi ya sobat. Segala keunikan yang bisa anda lihat dan rasakan saat ini dengan adanya berbagai perkembangan teknologi modern merupakan banyak bukti nyata yang tidak bisa dipungkiri. Aktivitas tradisional dan manual sudah mulai dialihkan ke produk digital serba mudah dan cepat.

Jika anda ingin menjadi bagian dari pengembang yang menciptakan banyak produk digital dengan segudang manfaat di zaman modern ini, segeralah untuk mempelajari teknik komputer atau jika tidak anda hanya akan menjadi penikmat belaka yang membiarkan dirinya tidak mempunyai nilai lebih. Ingat bahwa penyesalan datangnya di kemudian hari sobat.

Dalam kesempatan pembahasan kali ini mengenai teknik komputer cukup sampai disini ya sobat semua. Semoga apa yang sudah penulis jelaskan panjang lebar bisa dipahami dengan baik dan membawa manfaat. Mohon maaf atas segala kekurangan yang penulis lakukan dengan sengaja atau tidak sengaja. Sampai jumpa di lain kesempatan dan jangan lupa untuk terus setia membaca artikel – artikel terbaru selanjutnya. Salam hangat dari penulis.

Baca juga teknologi barcode membantu dunia kesehatan

BACA JUGA