Proses Pembentukan Minyak Bumi dan Gambarnya Setiap Tahapan

209
Proses Pembentukan Minyak Bumi dan Gambarnya Setiap Tahapan
Proses Pembentukan Minyak Bumi dan Gambarnya Setiap Tahapan

Bidhuan.id – Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi lengkap kepada Anda mengenai proses pembentukan minyak bumi. Karena mungkin banyak sekali masyarakat termasuk Anda yang belum mengenal mengenai bagaiamana proses pembentukan dari minyak bumi. Mungkin Anda juga tidak terlalu jelas mengenai minyak bumi dan hanya tahu produk dari hasil minyak bumi seperti bensin, solar, dan produk minyak bumi yang lainnya. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas secara lengkap disertai dengan gambarnya sekalian bagaimana proses pembentukan dari minyak bumi itu sehingga Anda semua bisa mengerti dari awal proses pembentukannya. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda semuanya :

Ringkasan proses pembentukan minyak bumi

proses pembentukan minyak bumi
proses pembentukan minyak bumi

Mungkin di bangku SD kita sudah paham dan sedikit dijelaskan mengenai pembentukan minyak bumi ya. Bagi Anda yang mungkin masih ingin mengetahui bagaimana pembentukan dari minyak bumi maka kami akan memberitahukan kepada Anda informasi mengenai proses pembentukan minyak bumi secara gamblang dan secara jelas sehingga Anda bisa mengetahuinya. Namun sebelum membahas proses pembentukannya kami akan menjelaskan mengenai pengertian dan juga produk apa saja yang bisa dihasilkan oleh minyak bumi sehingga Anda bisa lebih jelas dalam memahami minyak bumi. Tidak usah berlama-lama ya, berikut ini adalah beberapa ulasannya untuk Anda :

1.Pengertian minyak bumi

Sebelum mengetahui secara jelas bagaimana proses dari pembentukan minyak bumi. Maka kali ini kami akan memberitahu Anda informasi mengenai penjelasan atau pengertian secara singkat mengenai minyak bumi. Karena mungkin ada beberapa dari Anda yang tidak memahami mengenai minyak bumi. Kali ini kami akan membahas informasi mengenai pengertian minyak bumi sesuai dengan teori dupleks. Menurut teori itu, minyak bumi yang kita ketahui selama ini ternyata terbentuk dari kumpulan jasad renik. Nah jasad renik ini merupakan sisa-sisa dari hewan ataupun berbagai jenis tumbuhan yang mati. Karena mati akhirnya zat-zat renik itu pergi terbawa arus air laut dan akhirnya tercampur bersama tanah atau lumpur dan mengendap selama ratusan bahkan hingga ribuan tahun. Lumpur yang dicampur dengan jasad renik itu akhirnya membantuk batuan sedimen yang memiliki pori dan terakumulasi pada daerah yang merupakan batuan kedap. Nah setelah membahas pengertian dari minyak bumi maka kali ini kami akan membahas informasi mengenai produk apa yang bisa dihasilkan dari minyak bumi sehigga Anda bisa mengetahuinya.

2. Produk yang dihasilkan minyak bumi

Dalam artikel proses pembentukan minyak bumi kali ini tidak hanya membahas mengenai pengertian dan juga proses pembentukan minyak bumi dan gas alam saja yang akan kita bahas. Kita juga akan membahas informasi mengenai produk apa saja yang dihasilkan minyak bumi. Karena minyak bumi yang baru saja ditambang di dasar laut itu tidak bisa langsung digunakan begitu saja ya, namun harus melewati beberapa proses sehingga bisa menjadi apa yang kita gunakan setiap hari ini. Mungkin Anda penasaran apa saja ya produk yang bisa dihasilkan dari minyak bumi setelah ditambang? Berikut adalah beberapa jenis produk minyak bumi yang bisa kita temui dengan mudah tiap harinya :

  • Gas LPG

Siapa yang tidak kenal dengan LPG? Tentu saja kita semua sudah mengenal dengan baik LPG. LPG adalah kepanjangan dari Liquefied Petroleum Gas yang merupakan hasil penyulingan minyak bumi mentah yang berbentuk gas cair. LPG ini adalah salah satu bahan bakar industri yang kita gunakan untuk rumah tangga. LPG tentu akan sangat berguna bagi kita semua untuk bahan bakar ya.

  • Avtur

Avtur atau yang disebut sebagai Aviation Turbine adalah bahan bakar pesawat. Nah bahan bakar avtur ini juga terbuat dari minyak bumi mentah ya. Biasanya avtur digunakan untuk pesawat yang menggunakan bahan mesin turbin. Lalu apa bedanya avtur dengan bensin atau solar? Kan sama-sama bahan bakarnya. Nah avtur ini adalah salah satu bahan bakar yang memiliki nilai volalitas yang lebih kecil dibandingkan bahan bakar yang lainnya dan memiliki kelebihan sendiri. Nilai volalitas yang kecil itulah yang membuat avtur bisa meminimalkan peluang kehilangan bahan bakarnya akibat penguapan. Karena pesawat berada di udara yang tinggi maka avtur sangat cocok karena tak mudah menguap walau berada di ketinggian sekalipun.

Baca : 7 Keselamatan Kerja di Laboratorium yang Harus Dipahami

  • Bensin

Produk lainnya dari minyak bumi adaah bensin, bensin ini dalam bahasa inggris gasoline yang mana merupakan salah satu produk yang paling familiar. Nah bensin ini komponen utamanya adalah okatan dan juga n-heptana. Sebagian bahan bakar motor dan mobil menggunakan bensin. Di Indonesia sendiri bensin sudah dikelompokkan menjadi beberapa yaitu bensin Premoum, pertamax, pertalite, dan juga pertamax plus yang semuanya memiliki nilai oktan. Semakin tinggi nilai oktannya maka kualitasnya makin bagus.

3. Proses pembentukan minyak bumi kimia

Setelah mengetahui apa saja produk yang dihasilkan dari minyak bumi. Kini saatnya kami memberitahu Anda informasi mengenai bagaimana minyak bumi itu dibentuk. Kami akan menginformasikan bagaimana pembentukan minyak bumi beserta dengan gambar atau ilustrasi lengkapnya sehingga Anda lebih jelas lagi mengetahui proses pembentukannya. Berikut adalah langkah-langkah dari proses pembentukan minyak bumi beserta dengan gambarnya :

proses pembentukan minyak bumi kimia
proses pembentukan minyak bumi kimia
  • Tidak hanya berasal dari jasad tumbuhan atau bangkai hewan air saja ya. Minyak bumi yang terbentuk itu juga berasal dari berbagai jenis tumbuhan laut misalnya saja ganggang. Pada gambar yang ada di atas itu, terlihat ganggang yang tumbuh di laut mendapatkan energi dan mengumpulkan energinya melalui matahari dengan proses fotosintesis. Berkat itu ikan-ikan di laut juga bisa makan ganggang. Ganggang itu nantinya akan berperan penting dan menjadi bahan utama untuk pembuatan minyak bumi.
artikel proses pembentukan minyak bumi
artikel proses pembentukan minyak bumi
  • Pada gambar yang kedua ini kami akan menjelaskannya secara jelas ya. Setelah ganggang itu mati maka mereka akan terendapkan di dasar cekungan sediman yang nantinya endapan itu akan membentuk source rock atau batuan induk. Mungkin banyak yang belum mengerti dan paham mengenai batuan induk. Kali ini kami juga akan menjelaskannya secara singkat apa itu batuan induk atau yang disebut sebagai source rock itu. Batuan induk adlah batuan yang mana mengandung karbon atau high total organic carbon. Batuan ini bisa mengendap di dasar laut, dan selain itu jugua bisa mengendap di danau dan delta. Namun sayangnya dalam pembentukan kabon yang ada di source stock ini sangatlah spesifik, sehingga tidak semua cekungan tempat ganggang dan jasad lain mengendap itu mengandung minyak bumi ya. Jadi hanya beberapa saja yang mengandung minyak bumi.
proses pembentukan minyak bumi dan gas alam
proses pembentukan minyak bumi dan gas alam
  • Proses pembentukan yang ketiga seperti yang bisa Anda lihat pada gambar ya. Batuan indk yang terkubur atau terendap di cekungan itu berlangsung selama ratusan bahkan jutaan tahun lamanya. Batuan induk yang sudah kita bahas di atas tadi ternyata di atasnya masih ditimbun oleh jenis batuan lainnya atau yang disebut sebagai batuan sarang. Nah batu sarang itu terdiri dari bati gamping, batu pasir, dan juga batuan vulkanik. Karena ia ditumpuki batu sarang maka tiap tahun jasad renik yang mengandung carbon itu kian mendalam dan jika semakin mendalam maka suhunya akan menjadi bertambah. Minyak bumi itu bisa terbentuk pada suhu 50 hingga 180 derajat celcius. Suhu yang sangat tinggi itulah yang akan mengubah karbon yang terkandung ke dalam endapan menjadi sebuah gas.
ringkasan proses pembentukan minyak bumi
ringkasan proses pembentukan minyak bumi
  • Nah sekarang beranjak ke proses yang terakhir, proses ini adalah proses dimana karbon yang ada di dalam endapaan terkena panas dan bereaksi dengan hidrogen kemudian membentuk hidrokarbon. Minyak yang berasal dari endapan itu berubah menjadi minyak mentah karena terkena suhu. Walau mungkin minyak ini tertahan di dalam air, namun kekentalan minyak bumi ini berbeda dengan kekentalan minyak biasa ya. Jika biasanya minyak lebih kental daripada air, maka minyak bumi memiliki kekentalan yang lebih rendah daripada air. Sehingga minyak bumi akan cenderung pergi ke atas atau mengambang. Kemudian minyak bumi ditahan oleh batuan yang bentuknya hampir mirip dengan mangkuk terbalik. Selanjutnya baru bisa ditambang.

Nah itu dia beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai proses pembentukan minyak bumi. Semoga artikel yang kami berikan kali ini berguna dan bermanfaat bagi Anda ya!

ARTIKEL TERKAIT