3 Ciri Khusus Tumbuhan dan Gambarnya: Teratai, Kaktus, Eceng Gondok

1866
3 Ciri Khusus Tumbuhan dan Gambarnya: Teratai, Kaktus, Eceng Gondok
3 Ciri Khusus Tumbuhan dan Gambarnya: Teratai, Kaktus, Eceng Gondok

Bidhuan.id – Tumbuhan adalah salah satu mahkluk hidup, tumbuhan seperti yang kita ketahui memiliki banyak jenis. Karena memilk banyak jenis tentu saja ada ciri khusus yang harus Anda ketahui sehinigga bisa membedakan setiap tumbuhan atau tanaman yang Anda temui. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai ciri khusus tumbuhan sehingga Anda bisa membedakan antara tumbuhan yang satu dengan yang lainnya ya.

Karena setiap tumbuhan memiliki ciri khusus yang berbeda dan signifikan. Tak usah menunggu lama ya, berikut ini adalah beberapa informasi yang akan kami sampaikan mengenai apa saja ciri dari tumbuhan sehingga kita dengan mudah bisa membedakannya. Berikut ini adalah infromasinya untuk Anda :

Ciri khusus tumbuhan dan gambarnya

ciri khusus tumbuhan dan gambarnya
ciri khusus tumbuhan dan gambarnya

Untuk lebih mempermudah Anda semuanya memahami apa saja ciri khusus tumbuhan maka kali ini kami akan memberikan secara detail poin-poin mengenai ciri khusus dari beberapa tumbuhan sehingga Anda bisa dengan mudah membedakannya. Supaya lebih memudahkan lagi kami akan memberikan Anda juga gambarnya sehingga Anda bisa membedakannya lebih jeas lagi. Tak usah berlama-lama ya, berikut ini adalah beberapa ciri dari tumbuhan beserta gambarnya untuk Anda :

1. Ciri khusus tumbuhan teratai

ciri khusus tumbuhan teratai
ciri khusus tumbuhan teratai

Yang pertama-tama kita akan membahas mengenai tumbuhan teratai ya. Tentu saja semua dari Anda sudah mengetahui secara pasti dan jelas bagaimana bentuk dari tumbuhan teratai itu ya. Kali ini kami akan memberitahu infromasi mengenai ciri khusus dari tumbuhan teratai sehingga Anda lebih mengetahuinya. Teratai ini adalah salah satu tumbuhan yang hodipnya mengambang di air. Untuk dapat bertahan hidup maka tumbuhan teratai memiliki beberapa ciri khusus. Apa saja ciri khususnya Berikut adalah beberapa ciri khusus dari tumbuhan teratai yang harus Anda ketahui :

  • Daun yang tipis dan lebar

Seperti yang kita semua ketahui, daun teratai memiliki daun berbentuk bulat yang sangat tipis dan lebar. Ia memiliki karakteristrik daun seperti itu agar bisa bertahan hidup dan mengambang di air. Sedangkan karakteristik daun yang seperti itulah yang juga membantunya untuk berfotosintesis guna menyerap sinar matahari sehingga proses penguapannya lebih cepat dan proses fotosintesisnya juga lebih cepat lagi.

  • Batang yang berongga

Ciri dari bunga teratai selanjutnya yang bisa Anda pahami adalah memiliki akar yang berongga. Bunga tertai bisa menyembul ke atas air karena ia memiliki batang yang tegak lurus dan memiliki rongga. Rongga yang ada di dalam batang itu bermanfaat untuk membawa oksigen ke dalam akar supaya bunga teratai tetap bisa berespirasi dengan baik.

2. Ciri khusus tumbuhan kaktus

Yang kedua kami akan membahas mengenai tumbuhan kaktus. Tentu saja Anda semua sudah mengetahui jika kaktus ini adalah salah satu tumbuhan yang kuat karena bisa hidup dan bertahan di padang atau gurun pasir sekalipun. Kaktus memiliki ciri khusus pada tubuh tanamannya karena tempatnya berada. Walau mereka hidup di tanah yang kering dan gersang, dengan suhu yang sangat ekstrim dan hanya sedikit air saja namun mereka tetap bisa bertahan. Mereka adalah tumbuhan yang bisa beradaptasi dengan baik di padang gurun. Oleh karena itu mari kita simak apa saja sih ciri khusus dari tumbuhan yang satu ini. Berikut ini adalah ulasannya :

  • Memiliki daun yang berwujud duri

Banyak sekali dari Anda yang mungkin mengira jika kaktus tidak memiliki daun. Padahal tanaman yang sanggup bertahan di cuaca ekstrim ini memiliki daun yang berwujud duri. Daun ini mengalami modifikasi menjadi spina atau duri karena adaptasi yang ia lakukan agar ia bisa bertahan hidup di padang gurun sekalipun. Mengapa kaktus memiliki daun yang bentuknya seperti duri ketimbang daun yang lebar? Daun yang berbentuk duri itu bermanfaat untuk mengurangi penguapan kadar air di tubuhnya selama bertahan.

  • Memiliki batang yang berlapis lilin

Ciri dari tumbuhan kaktus yang kedua adalah mereka memiliki batang yang berlapis lilin. Mengapa kaktus memiliki lapisan lilin di tubuhnya? Ini berfungsi untuk menyerap kadar air sehingga kaktus tetap hidup walau cuaca di gurun sangat panas sekali. Lapisan lilin yang melapisi batang kaktus ini bermanfaat juga untuk mengurangi penguapan air yang ada di dalam batang. Jadi lapisan lilin yang ada pada kaktus ini sangat berguna bagi mereka ya.

  • Punya batang yang tersusun atas spons

Informasi ketiga yang harus Anda ketahui mengenai kaktus adalah tumbuhan ini memiliki batang yang tersusun atas jaringan spons. Yang membuat kaktus bisa menyimpan air dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga saat nanti hujan turun, tumbuhan kaktus ini punya tempat untuk menyimpan air.

  • Akar yang panjang

Ciri khusus dari kaktus adalah ia memiliki akar yang cukup panjang. Akar yang cukup panjang inilah yang membuat kaktus bisa bertahan dari tempat yang gersang dan sangat minim air. Akar yang panjang ini berfungsi untuk mencari zat hara dan juga air di dalam tanah.

3. Ciri khusus tumbuhan eceng gondok

ciri khusus tumbuhan eceng gondok
ciri khusus tumbuhan eceng gondok

Yang ketiga kami akan membantu Anda untuk membahas informasi mengenai ciri khusus dari tumbuhan yang selama ini sering kita temui di sawah yaitu tumbuhan eceng gondok. Seperti yang sudah Anda semua ketahui, eceng gondok ini adalah tumbuhan yang tumbuh di air dan ia mengapung. Populasi eceng gondok ini bisa terbilang sangat banyak dan mudah ditemui di perairan seperti sungai atau danau sehingga terkadang membuat permukaan air tertutup olehnya dan matahari tak bisa menembus hingga ke dalam air. Kali ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai ciri ciri khusus dari eceng gondok, berikut adalah informasinya :

  • Tangkai daun eceng gondok yang berongga

Umumnya tanaman yang hidup di air itu memiliki daun yang berongga, tangkai daun atau batang eceng gondok ini berongga sama seperti eceng gondok. Eceng gondok memiliki tangkai batang yang berongga sehingga bisa menopang tubuh tanaman supaya tetap berada mengapung di atas air. Tangkainya yang berongga ini adalah salah satu modifikasi agar Ia tetap bisa bertahan hidup walau tumbuh di air sekalipun.

  • Akarnya mengapung

Walau eceng gondok merupakan salah satu jenis tanaman air, namun nyatanya ia memiliki karakteristik yang berbeda dari tanaman lainnya. Lalu dimana letak perbedaan tersebut? Akar eceng gondok ini terletak bukan di bawah air seperti tanaman air kebanyakan. Sebagai contoh yang telah kita bahas, tanaman teratai memiliki akar yang berada di bawah atau dasar air. Sedangkan tanaman eceng gondok ini memiliki akar yang juga mengapung di atas air. Sehingga akarnya bisa langsung menyerap oksigen, tidak seperti teratai yang membutuhkan bantuan batang untuk membawa oksigen. Coba amatilah dan perhatikan eceng gondok di sungai atau danau, lihatlah apakah akarnya menjulang di bawah air atau tidak.

  • Mudah berkembang biak

Ciri yang selanjutnya dan sangat mudah untuk kita pahami adalah tumbuhan eceng gondok ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mudah sekali berkembang biak. Seperti yang bisa kita amati, tumbuhan ini sekali tumbuh di sungai maupun danau akan sangat mudah untuk berkembang biak. Sekali berkembang biak mereka bisa sangat banyak sekali sehingga bisa menutupi dasar permukaan air. Saking banyaknya, masyarakat kerap membuang karena terkadang eceng gondok ini mengganggu perairan misalnya saja sampah di sungai bisa tersangkut. Namun sekarang ini banyak sekali orang yang telah memanfaatkan eceng gondok sebagai kerajinan misalnya saja tikar dan juga kerajinan lainnnya. Hal itu bagus mengingat sekali tumbuh di suatu ekosistem, tanaman eceng gondok ini bisa berkembang dengan sangat banyak.

  • Karakteristik daun

Yang terakhir, tumbuhan eceng gondok ini bisa kita kenaliĀ  melalui bentuk daunnya ya. Eceng gondok adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki daun berwarna hijau serta memiliki daun berbentuk bulat telur dan terkadang memiliki bentuk daun yang berbentuk oval. Selain itu ujung daun rata dan tidak bergerigi, yang bisa membantu Anda untuk membedakan daun eceng gondok dengan daun genjer adalah daun eceng gondook ini mengkilat ya.

Nah itu dia beberapa infromasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua mengenai ciri khusus tumbuhan. Beberapa ciri khusus di atas semoga bisa menambah wawasan Anda ya. Semoga artikel yang kami kali ini bagikan berguna bagi Anda semua!

ARTIKEL TERKAIT