Walau Jenggot Sarang Bakteri, Ternyata Berpeluang Bisa Atasi Resistensi Antibiotik. Resistensi Antibiotik menjadi momok yang menakutkan saat ini dan di masa yang akan datang. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menemukan antibiotik baru.

Siapa sangka, penelitian yang awalnya memiliki hipotesa jenggot sebagai sarang bakteri ternyata dari 100 kultur bakteri yang diambil dari jenggot, sekitar 25 persen menunjukkan aktivitas antibiotik.

Selama studi yang diterbitkan dalam Journal of Hospital Infection, peneliti mengambil sampel 408 dari jenggot atau brewok dan tanpa jenggot di rumah sakit wajah seperti dikutip dari BBC.

Anehnya, peneliti menemukan bahwa orang yang dicukur bersih akan lebih mungkin untuk menjadi penyimpan sejumlah besar kuman. Bahkan, mereka tiga kali lebih mungkin untuk membawa methicillin-resistant Staph aureus (MRSA) di wajah mereka.

Para peneliti beralasan bahwa mencukur dapat menyebabkan lecet di kulit mereka “yang dapat mendukung kolonisasi bakteri dan proliferasi.

Gagasan ini juga mengangkat kemungkinan penjelasan-yang lain bahwa jenggot bisa sebagai menghambat infeksi.

Dr Adam Roberts, seorang ahli mikrobiologi di University College London, menguji hipotesis ini dengan tumbuh lebih dari 100 bakteri yang berbeda di cawan petri yang diekstrak dari jenggot. Dalam beberapa sampel, ia menemukan bahwa mikroba tertentu membunuh bakteri lainnya.

Jadi, apakah itu berarti janggut Anda dapat membawa antibiotik dari beberapa jenis?

“Mungkin,” kata Roberts hati-hati.

Dia mengidentifikasi mikroba sebagai bagian dari spesies yang disebut Staphylococcus epidermidis. Roberts kemudian menguji bakteri ini terhadap bentuk obat-tahan E. coli, yang membunuh mudah.

Meskipun belum ada antibiotik baru yang diperkenalkan dalam tiga dekade terakhir, Anda mungkin tidak akan melihat “Beardicillin” di pasar dalam waktu dekat, sebagai pengujian antibiotik baru sangat mahal dan memiliki tingkat kegagalan yang tinggi.

Sementara itu, Roberts dan timnya baru-baru ini mengisolasi molekul anti-adhesi dari mikroba jenggot, yang menghentikan bakteri mengikat ke permukaan lain. Mereka percaya bahwa ini mungkin menarik untuk kesehatan mulut, karena dapat ditambahkan ke pasta gigi dan obat kumur untuk melindungi enamel dari bakteri.

Berikut video dari BBC