Fakta terbaru : Beberapa Sunscreen, Shampo dan Pelembab Bisa Membuat Kemandulan Bagi Pria

0
1234
Fakta terbaru Beberapa Sunscreen, Shampo dan Pelembab Bisa Membuat Kemandulan Bagi Pria
Fakta terbaru Beberapa Sunscreen, Shampo dan Pelembab Bisa Membuat Kemandulan Bagi Pria

Bidhuan.id – Penelitian terbaru yang telah di publikasikan di the American Journal of Epidemiology, menemukan fakta terbaru bahwa 2 senyawa kimia golongan benzophenone, BP-2 dan 4OH-BP, yang sering terdapat pada sediaan tabir surya (sunscreen) bisa menurunkan kesuburan sebesar 30% pada pria. Kedua senyawa ini selain di tabir surya juga bisa terdapat di produk shampo dan pelembab (moisturizer).

Penelitian yang dilakukan kolaborasi dari the National Institutes of Health dan the New York state Department of Health’s Wadsworth Center, melibatkan 501 pasangan yang berusaha untuk mendapatkan keturunan. Seluruh pasangan ini merupakan bagian dari penelitian khusus yang menginvestigasi hubungan antara faktor gaya hidup, kimia lingkungan dan kesuburan (the Longitudinal Investigation of Fertility and the Environment (LIFE)).

Penelitian dilakukan diantara tahun 2005 sampai 2009 di 16 daerah setingkat kabupaten di Michigan dan Texas. Umur pasangan berada di rentang 18 sampai 44 tahun. Dari semua pasangan diketahui tidak ada masalah dalam hal kesuburan.

Para peneliti mengamati pasangan sampai dinyatakan hamil dalam rentang waktu setahun. Sampel urin dari masing-masing pasangan diteliti dan ditentukan kadar dari 5 senyawa kimia anti-UV yang memiliki efek samping terhadap sistem hormon endokrin. Selain itu, di analisis pula dari sisi umur, berat badan, dan faktor merokok.

Hasil penelitian membuktikan bahwa 2 senyawa anti-UV memiliki aktivitas yang bisa menurunkan kesuburan sampai 30% pada pria, yaitu BP-2 dan 4OH-BP dari golongan benzophenone.

Seperti yang dilansir di website resmi the National Institutes of Health. Germaine Louis, Ph.D., direktur dari the Division of Intramural Population Health Research, ‘Di penelitian kami, pria lebih reaktif terhadap senyawa BP-2 dan 4OH-BP dibanding perempuan, walau wanita lebih besar dalam penggunaan anti UV, akan tetapi tidak memiliki pengaruh yang berarti dalam penundaan kehamilannya. Langkah kami selanjutnya, akan meneliti pengaruh dari bahan kimia tersebut terhadap kualitas sperma atau penghambatan reproduksinya’.

Opini :

Berdasarkan penelitian ini patut dilihat terlebih dahulu apakah tabir surya, shampo ataupun pelembabnya mengandung benzophenone-2 (BP2) atau 4-hydroxybenzophenone (4OH-BP) dalam komposisinya. Jika ada, bagaimanapun juga lebih baik menghindarinya daripada memiliki efek yang tidak kita diinginkan.



Baca: Teh Celup Bisa Jadi Racun Akibat Diseduh Lama? Ini Klarifikasi BPOM